Listrik 900 Watt Bisa Pasang AC, Tapi Segini Batasnya

Cukup banyak pertanyaan dari pembaca yang masuk ke inbox mimin: apakah bisa listrik 900 watt pasang AC?

Secara singkat, mimin jawab aja "bisa", sambil menunjukkan artikel sebelumnya tentang AC untuk listrik 450 watt.

Logikanya sederhana, jika pada listrik 450 watt aja bisa pasang AC, apalagi 900 watt?

Kalau mau gampang, pakai saja AC yang mimin rekomendasikan untuk listrik 450 watt dan pasang di listrik 900 watt Anda di rumah.

Ternyata, pertanyaannya belum berhenti sampai di situ, ia bertanya lagi: sampai berapa PK min dan merk AC apa saja yang bagus?

Wah, bisa panjang lebar nih jawabannya, jadi mimin pikir daripada harus berlama-lama di inbox, lebih baik mimin uraikan saja penjelasannya di sini biar yang lain juga bisa membacanya.

Memang, di artikel tersebut mimin menyebutkan batasan AC yang bisa digunakan pada listrik 450 watt, yaitu hanya 1/2 PK, lebih dari itu listrik pasti jeglek.

Itu pun tetap harus mengikut syarat-syarat lainnya karena tidak semua AC 1/2 PK cocok.

Jadi, meskipun sama-sama 1/2 PK, tetapi ada faktor pembeda, yaitu teknologi yang digunakan untuk mengatasi tingginya daya AC pada tarikan awal.

Di spesifikasi memang tertulis AC setengah PK berdaya listrik 380 - 410 watt, tetapi ada merk AC yang tarikan awalnya bisa lebih dari 500 watt.

Oleh karena itulah, pengguna listrik 450 watt harus mencari merk AC dengan kelengkapan teknologi yang mampu mengatasi masalah tarikan awal ini dan kebetulan sudah mimin berikan rekomendasi merk-nya di artikel tersebut.

Lantas, bagaimana dengan listrik 900 watt?

Kalau mau tidak capek-capek mikir sih langsung saja pakai AC 1/2 PK, semua merk pasti bisa, dengan atau tanpa inverter.

Namun, sebagaimana pertanyaan lanjutan di atas, terkadang ada orang yang menginginkan lebih karena AC 1/2 PK dirasa belum cukup.

Yah, tentu saja tetap ada batasannya dan inilah yang akan mimin uraikan lebih lanjut....

Pasang AC pada Listrik 900 Watt



Idealnya, rumah dengan listrik 900 watt hanya bisa memasang 1 unit AC ukuran 1/2 PK atau maksimal 3/4 PK yang masing-masing membutuhkan daya listrik sebesar 350 watt dan 600 watt.

Mimin rasa ukuran AC 1/2 dan 3/4 PK ini sudah yang paling cocok dipasang pada listrik 900 watt dengan pertimbangan agar tidak mengganggu kinerja peralatan rumah tangga lainnya yang juga membutuhkan listrik, seperti TV, kulkas, lampu dll.

Dengan begitu, listrik di rumah tetap aman dan tidak menyebabkan kWh meter jeglek meskipun AC dan alat kelistrikan lainnya menyala bersamaan.

Bagaimana dengan AC 1 PK?

Sangat tidak disarankan untuk menggunakan AC 1 PK pada listrik 900 wattt, yang rata-rata membutuhkan daya sebesar 840 watt karena sudah pasti peralatan lain akan jadi korban.

Meskipun ada yang berhasil mengakalinya dengan teknik "menyala berurutan", namun alat-alat itu tetap tidak akan berfungsi normal karena mengalami kekurangan pasokan daya selama beroperasi.

Kondisi inilah yang membuat peralatan listrik cepat rusak.

Tips Memilih AC untuk Listrik 900 Watt


Kalau begitu, merk AC apa dong yang cocok untuk listrik 900 watt? Kalau mendapat pertanyaan seperti ini, mimin selalu sarankan pilihlah AC hemat energi, low watt, dan WAJIB INVERTER.

Tiga kriteria ini harus dimiliki oleh AC yang ingin Anda beli, apa pun merk-nya.

Meskipun harganya sedikit lebih mahal, tetapi dalam jangka panjang lebih menguntungkan dibandingkan dengan AC murah tetapi tidak memiliki kriteria yang mimin sebutkan di atas.

Khususnya teknologi INVERTER (saking pentingnya, mimin tulis kapital), terbukti sangat efektif menekan konsumsi energi listrik ketika AC beroperasi.

Jangan lupa, tarif listrik tiap tahun terus meningkat sehingga Anda harus cermat memilih peralatan listrik berdaya besar seperti AC.

AC inverter memiliki mekanisme kerja kompressor dengan kecepatan motor yang dinamis sehingga memungkinkan terjadinya efisiensi penggunaan listrik.

Setelah suhu setting tercapai, konsumsi listrik menurun karena kompressor secara otomatis memperlambat motornya hanya sebesar yang diperlukan untuk mempertahankan suhu.

Misalnya, daya AC yang awalnya 600-700 watt akan turun menjadi 150-200 watt ketika suhu setting atau remote tercapai.

Sangat hemat bukan?

Tidak sulit untuk mencari AC dengan kriteria seperti itu di tahun 2022 ini, para produsen berlomba untuk membuat AC paling hemat listrik.

Ketik saja kata "AC Inverter" di kolom pencarian google, maka akan keluar deretan AC inverter dari berbagai macam merk, atau kalau memang ingin langsung beli, langsung saja ketik di toko online.

Bagaimana dengan mimin? AC merk apa menurut mimin yang paling bagus digunakan pada listrik 900 watt?

Yah, sambil mengetik ini, mimin juga melakukan survei atau penelitian kecil-kecilan terhadap berbagai macam merk AC yang sekiranya aman di pasang pada listrik 900 watt.

Ada banyak sih yang bisa, namun seperti biasa selalu ada merk dan tipe AC yang menjadi pilihan terbaik mimin.

Merk apakah itu? Baiklah, berikut ini mimin informasikan...

Merk AC Terbaik untuk Listrik 900 Watt


Sekali lagi, ini hanya berdasarkan survei pribadi mimin, jadi kata "terbaik" di sini sifatnya sangat subjektif.

Anda bebas untuk setuju atau tidak setuju dengan pilihan ini, mimin juga tidak dibayar sepeser pun karena memilih merk ini.

Mimin hanya tergerak untuk membantu Anda yang sedang mencari rekomendasi merk AC yang cocok dan bagus untuk daya listrik 900 watt.

Nah, merk AC pilihan mimin adalah AC Daikin FTKC15TVM4 untuk kelas 1/2 PK (330 watt) dan AC Daikin FTKQ20SVM4 untuk kelas 3/4 PK (550 watt), keduanya telah memakai teknologi inverter.

Merk ini mimin pilih karena tertarik dengan teknologi inverter yang cara kerjanya sedikit berbeda dengan merk AC inverter lainnya.

Perbedaan itu terletak pada kemampuannya dalam meredam penggunaan daya start awal atau tarikan pertama ketika AC dinyalakan.

Konsumsi daya listrik pada start awal AC Daikin ini tidak langsung tinggi, tetapi naik perlahan sehingga tidak menimbulkan efek kejut pada instalasi kelistrikan.

Hal ini dibuktikan dengan serangkaian pengukuran yang menunjukkan nilai ampere (arus) dari AC ini yang naik bertahap, mulai dari 0,2, 0,3, 0,4 A, dan seterusnya sampai ke arus kerja maksimal.

Jadi, berdasarkan data pengukuran tersebut, AC ini start awal dengan daya 0,2 A x 220 volt = 44 watt.

Berbeda dengan merk AC lainnya, meskipun sama-sama inverter, tetapi ketika start awal penggunaan dayanya langsung tinggi.

Yah, cuma ini aja sih alasannya mengapa sehingga mimin memilih merk AC Daikin, namun pada dasarnya semua AC inverter itu bagus kok, apa pun merk-nya.

Anda bebas memilih sesuai selera.

Demikianlah informasi seputar penggunaan AC pada listrik 900 watt. Terima kasih, semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Listrik 900 Watt Bisa Pasang AC, Tapi Segini Batasnya"