Meteran Listrik Tidak Berputar, Begini Cara Mengatasinya

Mengapa meteran listrik di rumah tidak berputar? Nah, di artikel kali ini mimin akan menjelaskan cara mengatasinya.

Seperti yang kita tahu, meteran listrik adalah alat pengukuran listrik di rumah yang berfungsi untuk mengetahui seberapa banyak daya yang telah terpakai, sehingga sering dinamakan juga dengan Kwh meter.

Dalam perkembangannya, terdapat bermacam-macam jenis Kwh meter, salah satunya adalah meteran listrik dengan cakram berputar di dalamnya.

Jenis ini merupakan meteran listrik model lama, fungsinya sekarang sudah banyak digantikan oleh Kwh meter digital dan smart meter (meteran pulsa).

Salah satu masalah yang kadang terjadi pada meteran listrik model cakram adalah cakram tersebut tidak berputar meskipun listrik sedang terpakai.

Akibatnya, pencatatan pemakaian daya listrik ikut berhenti karena fungsi pengukuran tidak berjalan.

Lantas, bagaimana cara mengatasinya? Baiklah, berikut ini mimin berikan penjelasan lengkapnya...

Penyebab Meteran Listrik Tidak Berputar

Untuk diketahui, meteran listrik yang tidak berputar seringkali disebabkan oleh kerusakan pada komponen mekanis Kwh meter (roda gigi) sehingga mengakibatkan cakram macet atau gagal berputar.

Dalam pemakaiannya, komponen-komponen bergerak itu bisa aus karena telah sekian lama bergerak atau bisa juga terjadi korosi karena pengaruh lingkungan, seperti kelembaban, debu, dan kotoran.

Akibatnya, putaran cakram jadi terhambat bahkan ada juga yang berhenti berputar.

Cara Mengatasi Meteran Listrik Tidak Berputar

Solusinya cuma satu, yakni memanggil petugas PLN agar datang untuk memeriksa meteran karena kalau sudah berhubungan dengan meteran listrik hanya petugas PLN yang berwenang.

Biasanya, petugas akan langsung melakukan penggantian meteran dengan meteran listrik terbaru yang sudah dilengkapi dengan pembacaan digital.

Hal ini lebih baik karena meteran listrik digital lebih akurat dalam melakukan pengukuran daya listrik.

Baca Juga:

Sekian dulu penjelasan kali ini, bagikan jika dirasa bermanfaat, terima kasih.

Posting Komentar untuk "Meteran Listrik Tidak Berputar, Begini Cara Mengatasinya"