Penyebab Lampu LED Berkedip saat Dinyalakan

Gimana kabarnya? Semoga kita semua selalu dalam keadaan sehat, di artikel kali ini mimin akan berbagi pengalaman memperbaiki lampu LED yang berkedip saat dinyalakan.

Seperti yang kita tahu, lampu LED sekarang ini semakin populer penggunaannya di masyarakat dibandingkan lampu biasa karena konsumsi listriknya yang sangat hemat.

Bayangkan, hanya dengan watt rendah, lampu ini bisa menghasilkan cahaya terang yang sebanding dengan watt tinggi dari lampu biasa.

Perbandingan ini sudah pernah mimin bahas, baca artikelnya di sini: Perbandingan Watt Lampu LED dengan Lampu Biasa.

Meskipun begitu, terdapat satu masalah yang kerap dikeluhkan oleh pengguna lampu LED, yaitu kadang-kadang lampu ini berkedip saat dinyalakan.

Mengapa demikian dan bagaimana cara mengatasinya? Baiklah, berikut ini mimin jelaskan...

Penyebab Lampu LED Berkedip saat Dinyalakan

Untuk diketahui, lampu LED yang berkedip saat dinyalakan disebabkan oleh adanya satu atau lebih LED pada rangkaian PCB lampu yang sudah lemah atau hampir putus.

Kerusakan tersebut mengakibatkan keseluruhan rangkaian LED yang terhubung secara seri tidak teraliri listrik dengan baik, ditandai dengan nyala-nya yang kedap-kedip.

Selain itu, berkedipnya lampu LED bisa juga disebabkan oleh dropnya tegangan listrik pada rangkaian sehingga lampu tidak mendapat suplai tegangan yang dibutuhkan.

Terganggunya tegangan listrik tersebut umumnya disebabkan oleh kerusakan pada komponen kapasitor.

Cara Memperbaiki Lampu LED yang Berkedip

Jika lampu LED Anda di rumah mengalami masalah serupa, jangan terburu-buru memutuskan untuk mengganti lampu karena kerusakan ini cukup mudah kok diperbaiki.

Kita hanya perlu membongkarnya dan mengidentifikasi jenis kerusakannnya.

Namun, seperti yang disebutkan di atas, lampu LED yang kedap-kedip itu penyebabnya ada dua, yaitu kerusakan salah satu LED dan kerusakan kapasitor.

Berikut ini langkah-langkahnya:

  • Bongkar penutup mika lampu LED, olesi sambungannya dengan minyak kayu putih agar lem-nya terlepas, kemudian cungkil dengan cutter.
  • Setelah terbuka, beri aliran listrik, kemudian perhatikan kondisi nyala masing-masing LED pada rangkaian, cari yang menyala redup.
  • Setelah ketemu, ganti LED redup tersebut dengan LED yang baru, gunakan solder untuk membukanya.
  • Rangkai kembali lampu seperti semula, kemudian tes nyalakan.

Biasanya, setelah melakukan langkah-langkah di atas, maka nyala lampu LED tidak berkedip lagi alias sudah normal.

Tetapi, jika ternyata kerusakannya adalah kapasitor, maka yang harus Anda ganti adalah kapasitornya.

Cara mengetahuinya cukup mudah, perhatikan body kapasitor lampu, jika tampilannya menggembung, maka artinya sudah lemah atau rusak, segera ganti dengan kapasitor berukuran sama.

Demikianlah ulasan tentang Penyebab Lampu LED Berkedip saat Dinyalakan, bagikan jika dirasa bermanfaat, terima kasih.

Posting Komentar untuk "Penyebab Lampu LED Berkedip saat Dinyalakan"