Apakah Kulkas 2 Pintu Boros Listrik? Ini Penjelasannya

Gimana kabarnya? Semoga kita semua selalu dalam keadaan sehat, di artikel kali ini mimin akan menginformasikan seputar boros atau tidaknya penggunaan listrik dari kulkas 2 pintu.

Sebagaimana yang dipahami, kulkas telah menjelma sebagai salah satu peralatan yang hampir wajib ada di dalam rumah tangga.

Fungsinya yang cukup penting sebagai tempat penyimpanan makanan agar lebih tahan lama membuat banyak orang ingin menggunakan kulkas.

Para produsen produk pun berlomba-lomba menjawab kebutuhan ini dengan menghadirkan berbagai variasi jenis/model kulkas dilengkapi sederet fitur-fitur unggulan.

Kulkas 2 pintu menjadi salah satu model yang cukup populer di masyarakat karena mampu menyediakan tempat penyimpanan makanan yang lebih banyak dibandingkan kulkas 1 pintu.

Namun, satu hal yang sering dipertanyakan oleh pengguna adalah mengenai konsumsi listriknya, apakah boros atau tidak, mengingat dimensinya yang lumayan besar meskipun tidak sebesar kulkas 3 pintu.

Untuk menjawab pertanyaan ini, maka kita perlu mengulasnya lebih jauh.

Baiklah, langsung saja simak pemaparan berikut ini...

Konsumsi Listrik Kulkas 2 Pintu

Untuk diketahui, konsumsi listrik pada kebanyakan kulkas 2 pintu berada pada kisaran 115 watt sampai 150 watt dan peningkatan watt ini mengikuti besarnya kapasitas penyimpanan kulkas (dalam satuan liter), semakin besar maka semakin besar pula daya listrik yang dibutuhkan.

Dalam penggunaannya, boros atau tidak pemakaian listrik kulkas 2 pintu bergantung pada settingan suhu dan pola pemakaian kita.

Semakin dingin suhu yang disetting maka kulkas akan memakai daya listrik sampai ke batas maksimalnya, tentu saja hal bisa dikategorikan sebagai boros listrik.

Pemborosan daya juga akan bertambah jika kita seringkali melakukan buka tutup pintu kulkas, karena akan berpengaruh pada kondisi dingin di ruangan kulkas.

Setiap kita membuka pintu, maka suhu dingin akan berkurang karena bercampur dengan suhu panas diluar kulkas.

Akibatnya, kompressor akan bekerja lagi untuk mengembalikan kekurangan dingin tersebut.

Oleh karena itu, agar kulkas 2 pintu bisa lebih hemat listrik, janganlah menggunakan settingan suhu maksimal di pengaturan thermostat.

Selain itu, kurangi aktivitas membuka/menutup pintu kulkas agar lingkungan dingin di dalam kulkas bisa terjaga.

Baca Juga:

Demikianlah ulasan tentang boros atau tidaknya pemakaian listrik kulkas 2 pintu, bagikan jika dirasa bermanfaat, terima kasih.

Posting Komentar untuk "Apakah Kulkas 2 Pintu Boros Listrik? Ini Penjelasannya"