Lakukan Ini Agar Kulkas Tidak Rusak saat Mati Lampu

Rumah Anda sering mati lampu? Hati-hati, kondisi tersebut rawan merusak perangkat elektronik seperti kulkas. Nah, cari tahu cara mencegahnya di sini.

Gimana kabarnya? Semoga kita semua selalu sehat, di artikel kali ini mimin akan berbagi informasi seputar cara melindungi kulkas agar tidak rusak saat mati lampu.

Seperti yang kita tahu, mati lampu bisa terjadi kapan saja, tidak ada yang bisa mengetahui selain pemilik perusahaan listrik itu sendiri, dalam hal ini PLN.

Jika keseringan terjadi, maka kondisi ini bisa berdampak negatif terhadap seluruh perangkat elektronik di dalam rumah.

Misalnya saja kulkas, pengalaman membuktikan bahwa alat elektronik ini menjadi salah satu yang sangat rentan mengalami kerusakan ketika listrik padam secara berulang-ulang.

Kerusakan itu biasanya berupa kulkas tiba-tiba tidak dingin lagi ketika listrik telah menyala.

Nah, oleh karena itulah mimin akan membagikan tips yang bisa Anda lakukan untuk melindungi kulkas Anda di rumah dari kerusakan akibat mati lampu.

Namun, sebelum itu, mungkin ada baiknya mimin menjelaskan terlebih dahulu penyebab kulkas sering rusak saat terjadi mati lampu.

Baiklah, berikut ini uraiannya...

Penyebab Kerusakan Kulkas saat Mati Lampu

Untuk diketahui, kebanyakan rusak kulkas ini disebabkan karena kondisi mati lampu yang terjadi secara singkat, biasanya hanya 3 atau 5 menit, listrik sudah menyala kembali.

Komponen yang sering rusak adalah overload, biasanya putus akibat "dipaksa" bekerja pada tegangan listrik yang belum stabil pada saat listrik telah menyala kembali.

Berikut ini penampakan dari komponen overload kulkas:

Jika overload putus, maka kompressor tidak bisa menyala, kondisi inilah yang menyebabkan kulkas tidak dingin.

Cara Mencegah Kerusakan Kulkas saat Mati Lampu

Nah, untuk mencegah terjadinya kerusakan kulkas saat mati lampu, maka lakukan beberapa tips berikut ini:

  • Segera cabut colokan kulkas dari stop kontak sesaat setelah mati lampu.
  • Tunggu hingga listrik menyala kembali.
  • Ketika listrik telah menyala, kulkas jangan langsung dicolokkan, tetapi tunggu hingga 7 sampai 10 menit, kemudian colokkan.

Tips di atas sebenarnya bertujuan untuk melindungi komponen-komponen kulkas dari tegangan listrik yang belum stabil saat listrik baru saja menyala.

Lakukan tips di atas, maka kulkas Anda dijamin aman dari kerusakan akibat terjadinya mati lampu.

Penutup

Jadi, cara agar kulkas tidak rusak saat mati lampu, antara lain:

  • Segera cabut colokan kulkas dari stop kontak sesaat setelah mati lampu.
  • Tunggu hingga listrik menyala kembali.
  • Ketika listrik telah menyala, kulkas jangan langsung dicolokkan, tetapi tunggu hingga 7 sampai 10 menit, kemudian colokkan.

Demikianlah informasi tentang mencegah kerusakan kulkas saat terjadinya mati lampu, bagikan jika dirasa bermanfaat, terima kasih.

Posting Komentar untuk "Lakukan Ini Agar Kulkas Tidak Rusak saat Mati Lampu"