Cara Mengetahui Pemakaian Listrik Token Merk Itron

Mau tahu berapa pemakaian token listrik Anda dalam sehari? Gak usah bingung, yuk cari tahu caranya di artikel ini.

Gimana kabarnya? Semoga kita semua selalu dalam keadaan sehat, di artikel kali ini mimin akan berbagi pengetahuan seputar cara mengetahui jumlah kWh listrik yang kita habiskan dalam sehari.

Sebenarnya, pemakaian listrik sehari bisa saja kita ketahui dengan cara menghitung penggunaan daya dari masing-masing peralatan listrik yang ada di rumah, kemudian menjumlahkan total semuanya.

Ada rumusnya memang, namun tentu saja cara ini sangat ribet dan lama, belum lagi tidak semua orang memiliki kemampuan berhitung yang baik.

Untungnya saja, meteran listrik jenis token atau prabayar, telah dilengkapi fitur yang memungkinkan pengguna untuk mengetahui berapa kWh listrik yang ia habiskan dalam sehari.

Semua aktivitas pemakaian listrik telah terekam secara otomatis di meteran, sehingga kita tidak perlu repot lagi menghitungnya secara manual.

Lantas, bagaimana caranya? Baiklah, untuk mengetahuinya langsung saja simak uraian berikut ini...

Cara Mengetahui Pemakaian Listrik Token dalam Sehari

Sekedar informasi, pemakaian kWh listrik token kita dalam sehari bisa diketahui jumlahnya dengan cara menekan kode berupa angka tertentu pada meteran listrik.

Misalnya, pada meteran listrik merk Itron, kode yang ditekan adalah angka 09 kemudian Enter, maka di panel display akan muncul jumlah pemakaian daya listrik kita saat itu juga.

Supaya pengukurannya lebih menyeluruh, sebelum menekan kode di atas, coba aktifkan semua perangkat listrik yang ada di dalam rumah agar bisa ketahuan jumlah total pemakaian listrik kita.

Setelah beban watt pada panel display muncul, kalikan angka tersebut dengan 24 untuk mewakili jumlah pemakaian listrik dalam sehari-semalam (24 jam).

Misalnya, pada panel display muncul angka 200 watt, maka jumlah pemakaian listrik kita sehari-semalam adalah:

200 watt x 24 jam = 4800 watt.jam atau 4,8 kWh.

Jadi, jumlah pemakaian listrik token dalam sehari-semalam adalah 4,8 kWh.

Dari hasil perhitungan di atas, kita selanjutnya bisa menghitung berapa total pemakaian listrik kita dalam sebulan.

Melanjutkan hasil di atas, maka total pemakaian listrik kita dalam sebulan (30 hari) adalah:

4,8 kWh x 30 = 144 kWh.

Penutup

Gimana, sangat mudah bukan cara mengetahui pemakaian listrik token kita dalam sehari-semalam? Bahkan, kita juga bisa mengetahui jumlah pemakaian kita dalam sebulan.

Baca Juga:

Demikianlah informasi tentang cara mengetahui pemakaian listrik token merk Itron, bagikan jika dirasa bermanfaat, terima kasih.

Posting Komentar untuk "Cara Mengetahui Pemakaian Listrik Token Merk Itron"