3+ Cara Setting Alarm Token Listrik Merk Itron (Mudah)

Belum tahu cara mensetting suara alarm token listrik merk Itron? Gak usah bingung, baca panduan lengkapnya di sini.

Gimana kabarnya? Semoga kita semua selalu dalam keadaan sehat, di artikel kali ini mimin akan berbagi pengetahuan seputar pengaturan fitur alarm pada meteran listrik token merk Itron.

Seperti yang kita tahu, meteran listrik jenis token (prabayar) dilengkapi dengan fitur alarm yang berfungsi untuk memberitahu pengguna bahwa persediaan listriknya sudah mau habis.

Biasanya, alarm ini akan berbunyi pada saat LCD meteran listrik telah menunjukkan limit atau batas terendah kWh dan secara default PLN atau produsen meteran mengaturnya di angka 20-an kWh.

Angka tersebut sekaligus menunjukkan jumlah persediaan listrik kita saat itu dan harus segera diisi sebelum benar-benar habis agar listrik tidak padam.

Hanya saja keberadaan alarm ini kadang dirasa cukup mengganggu, suaranya sendiri lumayan nyaring, bahkan bisa terdengar hingga ke dalam rumah.

Namun, tahukah Anda alarm token listrik ini bisa di setting lho?

Sepertinya masih banyak yang belum tahu, karena sepengetahuan mimin PLN memang tidak pernah menjelaskan ini kepada pelanggan pada saat memasang meteran.

Mau tahu bagaimana caranya? Baiklah, langsung saja simak uraian berikut ini...

Cara Setting Alarm Token Listrik Merk Itron

Untuk diketahui, suara alarm (buzzer) meteran listrik token merk Itron bisa disetting dengan cara menekan kode berupa angka tertentu pada keypad meteran.

Beberapa fungsi yang bisa kita setting, antara lain: batas terendah berbunyinya alarm, mematikan alarm, dan mengatur interval bunyi alarm selanjutnya setelah dimatikan.

Baiklah, mari kita bahas satu per satu cara melakukan perubahan fungsi-fungsi di atas:

1. Setting Limit kWh Bunyi Alarm

Pada meteran listrik Itron, kita bisa mensetting limit atau batas terendah berbunyinya alarm, misalnya kita menginginkan alarm itu berbunyi di 10 kWh, maka kode angka yang ditekan adalah 45610 kemudian Enter, dua angka terakhir (10) inilah yang menandakan batas terendah kWh.

Artinya, jika kita menginginkan alarm berbunyi di 15 kWh, maka kode yang harus ditekan adalah 45615 kemudian Enter.

Atau, jika kita mau alarm berbunyi di bawah 10 kWh (misalnya 5 kWh), maka kode yang ditekan adalah 45605 kemudian Enter.

2. Mematikan Alarm Itron

Lantas, apakah bunyi alarm meteran listrik Itron bisa dimatikan? Untuk diketahui, bunyi alarm itu hanya bisa dimatikan sementara atau tidak permanen.

Pada meteran listrik merk Itron, kita bisa mematikan bunyi alarm tersebut dengan cara memencet sembarang tombol pada keypad.

Namun, beberapa menit kemudian alarm itu akan berbunyi kembali.

3. Setting Interval Bunyi Alarm Itron

Meskipun alarm tidak bisa dimatikan secara permanen, tetapi kita bisa mengatur jarak atau interval waktu bunyi alarm selanjutnya setelah dimatikan.

Tujuannya agar alarm tersebut tidak terlalu cepat berbunyi kembali setelah kita matikan.

Misalnya, setelah dimatikan, kita mau alarm ini berbunyi 60 menit kemudian (1 jam), maka tombol yang ditekan adalah 123060, 3 digit angkat terakhir (060) inilah yang menandakan waktu kembalinya bunyi alarm di 60 menit kemudian.

Artinya, kalau kita mau bunyi alarm itu kembali 2 jam kemudian atau 120 menit, maka tombol yang ditekan adalah 123120.

Interval waktu tertinggi yang diizinkan oleh meteran listrik ini adalah sebesar 999 menit atau sekitar 16 jam lebih dikit.

Penutup

Jadi, setting bunyi alarm meteran token listrik merk Itron, bisa dilakukan dengan cara:

  • Tekan tombol 45610 kemudian Enter, untuk mengatur batas terendah bunyi alarm di 10 kWh.
  • Tekan tombol sembarang, untuk mematikan sementara bunyi alarm.
  • Token tombol 123060 kemudian Enter, untuk mengatur bunyi alarm kembali 60 menit kemudian setelah dimatikan.

Demikianlah penjelasan tentang cara setting alarm token listrik merk Itron, bagikan jika dirasa bermanfaat, terima kasih.

Posting Komentar untuk "3+ Cara Setting Alarm Token Listrik Merk Itron (Mudah)"