Penyebab Listrik Mati saat Menyalakan Kulkas

Apakah listrik di rumah Anda langsung mati/jeglek saat menyalakan kulkas? Gak usah panik, yuk cari tahu penyebab dan cara mengatasinya di sini.

Gimana kabarnya? Semoga kita semua selalu sehat, di artikel kali ini mimin akan berbagi pengalaman dalam mengatasi listrik yang mati ketika kulkas dinyalakan.

Jadi, ceritanya sekitar seminggu yang lalu, seorang tetangga meminta mimin untuk mengecek keadaan listrik di rumahnya.

Menurut penuturannya, sudah beberapa hari ini ia tidak bisa menyalakan kulkas karena saat kulkas dinyalakan, mcb meteran pasti langsung jeglek.

Akhirnya, ia memilih untuk tidak menyalakan kulkas, padahal sebelumnya tidak pernah terjadi, kulkas bisa menyala normal bersama peralatan listrik lainnya.

Mimin pun segera meluncur ke rumahnya dan mengecek langsung masalah kelistrikan yang dimaksud.

Benar saja, pada saat mimin coba menyalakan kulkas, listrik langsung padam dan ketika mimin cek di mcb, kondisinya trip/jeglek.

Mimin kemudian melakukan pemeriksaan dan ketemulah masalahnya, setelah melakukan perbaikan, akhirnya kulkas bisa menyala normal kembali tanpa membuat listrik mati.

Nah, hal inilah yang akan mimin bagikan kepada pembaca, kali aja ada yang mengalami masalah serupa.

Penyebab Listrik Mati saat Menyalakan Kulkas

Untuk diketahui, listrik yang mati saat menyalakan kulkas kebanyakan disebabkan oleh terjadinya hubungan singkat (korsleting) pada komponen tertentu di dalam kulkas.

Komponen itu bisa kompressor, relay, overload, thermostat, heater, sekring, atau bisa juga jalur kabel, sehingga untuk memastikannya, maka kita harus mengeceknya satu per satu.

Pada kasus kulkas tetangga mimin di atas, kebetulan komponen yang kena adalah relay.

Selain menggunakan alat ukur, terdapat cara sederhana untuk mengetahui komponen mana yang korslet, yaitu dengan menyalakan satu per satu komponen tersebut.

Berikut ini langkah-langkahnya:

  • Lepas atau pisahkan terlebih dahulu bagian relay dan overload dari kompressor.

  • Setelah terlepas, coba nyalakan atau colokkan kulkas.
  • Pada saat kulkas dicolokkan dan listrik tidak mati, berarti komponen yang korslet adalah kompressor.
  • Tetapi, jika listrik tetap mati, maka komponen yang korslet bisa relay, overload, atau bisa juga thermostat (pengatur suhu).

Cara Mengatasinya

Untuk mengatasinya, tentu saja dengan cara mencari komponen yang korslet dan menggantinya dengan komponen yang baru.

Anda bisa melakukan terlebih dahulu langkah-langkah pemeriksaan seperti yang mimin jelaskan di atas, kemudian setelah diketahui komponen yang korslet, segera cari komponen pengganti.

Sekarang tidak sulit lagi untuk mencari komponen-komponen tersebut karena sudah banyak dijual toko online, mulai dari kompressor, relay, overload, dan lain-lain.

Namun, satu hal yang mesti diperhatikan adalah carilah komponen pengganti yang ukuran atau spesifikasinya persis sama dengan yang terpasang pada kulkas Anda.

Penutup

Jadi, penyebab matinya listrik saat kulkas dinyalakan adalah terjadinya hubungan singkat (korsleting) pada komponen-komponen tertentu kulkas, seperti kompressor, relay, overload, thermostat, dan lain-lain.

Untuk mengatasinya, maka kita harus mencari komponen yang korslet tersebut, kemudian menggantinya dengan komponen yang baru.

Baca Juga:

Demikianlah penjelasan tentang penyebab dan cara mengatasi listrik yang mati saat menyalakan kulkas, bagikan jika dirasa bermanfaat, terima kasih.

Posting Komentar untuk "Penyebab Listrik Mati saat Menyalakan Kulkas"