Bolehkah Suhu AC 27 Derajat? Boleh Banget, Malah Bagus!

Setelah menulis beberapa artikel tentang AC, seorang pembaca bertanya via inbox: "Min, bolehkah suhu AC 27 derajat celsius? Yuk, simak jawaban mimin di sini.

Gimana kabarnya? Semoga kita semua selalu sehat, di artikel kali ini mimin akan membahas sebuah topik tentang AC, di mana bahasan ini terinspirasi dari pertanyaan seorang kawan, pembaca setia blog ini.

Jadi, si kawan ini bertanya tentang boleh atau tidaknya AC disetting pada suhu 27 derajat celsius, karena kebanyakan yang ia lihat suhu AC itu diatur di 24 derajat celsius atau di bawahnya.

Mimin gak langsung jawab, tapi bertanya balik "Emang belum pernah nyoba di suhu segitu?". Ia pun menjawab "Belum pernah min, takut AC-nya rusak".

Sedikit ngakak membaca jawaban si kawan ini, tapi mimin bisa maklumi karena sepertinya ia memang awam tentang AC.

Terkait pertanyaan itu, Mimin pun menjanjikan akan menjawabnya melalui artikel di blog, yah supaya bisa dibaca juga oleh pembaca lainnya, kali aja ada yang punya pertanyaan serupa.

Lantas, bolehkah suhu AC diatur di 27 derajat celsius? Baiklah, langsung saja simak penjelasan mimin berikut ini...

Mengatur Suhu AC 27 Derajat Celsius

Untuk diketahui, terkait pertanyaan boleh atau tidaknya mengatur AC pada suhu 27 derajat celsius, maka jawabannya sangat boleh, malah bagus karena dapat mengurangi pemakaian listrik AC, sehingga hitungannya justru lebih hemat.

Rentang pengaturan suhu pada perangkat AC yang beredar di Indonesia adalah 16 s/d 30 derajat celsius, pengguna bebas memilih suhu berapa saja di dalam rentang pengaturan suhu.

Setiap derajat pada rentang tersebut, ada kaitannya dengan konsumsi listrik, di mana semakin jauh suhunya di bawah 30 derajat celsius, maka semakin besar konsumsi listrik yang terjadi.

Sebagian besar dari listrik itu digunakan oleh kompressor untuk mencapai suhu yang disetting, semakin jauh berada di bawah 30 derajat, maka semakin lama proses mencapainya.

Berdasarkan pengalaman, AC inverter 1/2 PK di ruangan 3 x 3 meter, apabila start di suhu ruangan 29 derajat celsius, maka butuh waktu 2 - 3 jam untuk mencapai suhu 24 derajat celsius.

Jadi, terkait pertanyaan di atas, maka justru bagus bila AC disetting pada suhu 27 derajat celsius karena AC bisa mencapainya dalam waktu singkat, mungkin hanya butuh waktu 30 menit saja.

Apalagi, jika AC yang digunakan adalah AC inverter, maka pemakaian listriknya jadi lebih hemat, karena pada AC inverter, setelah suhu setting tercapai, konsumsi listriknya langsung turun drastis.

Lantas, bagaimana Min kalau suhu ruangannya ternyata sama dengan 27 derajat celsius atau di bawahnya?

Lah, tidak perlu nyalakan AC kalau begitu, percuma saja karena sudah dingin suhunya, bener kan? 😁😁😁.

Kesimpulan

Jadi, boleh-boleh saja mengatur AC pada suhu 27 derajat celsius, malah justru bagus karena dapat menghemat pemakaian listrik AC, khususnya pada AC jenis inverter.

Baca Juga:

Demikianlah penjelasan tentang boleh atau tidaknya mengatur AC di suhu 27 derajat celsius, bagikan jika dirasa bermanfaat, terima kasih.

Posting Komentar untuk "Bolehkah Suhu AC 27 Derajat? Boleh Banget, Malah Bagus!"