Nomor Token Listrik Hilang? Ini Cara Mengetahuinya!

Sudah beli token listrik, eh nomornya malah hilang? Gak usah panik, di sini mimin akan tunjukkan cara mengetahui nomor token tersebut. Yuk, silahkan disimak.

Gimana kabarnya? Semoga kita semua selalu sehat, di artikel kali ini mimin akan berbagi panduan seputar cara melihat kembali nomor token listrik yang sudah dibeli tetapi struknya hilang.

Mimin rasa, kejadian ini bisa saja menimpa setiap orang, misalnya di perjalanan pulang sehabis membeli token listrik di konter, struknya tercecer dan hilang entah di mana.

Padahal, struk tersebut sangat penting karena di dalamnya tertulis nomor token listrik yang akan dimasukkan ke meteran prabayar.

Bagi Anda yang tidak mau ambil pusing, mungkin Anda akan melakukan pembelian token listrik baru lagi untuk menggantikan nomor token listrik yang hilang tadi.

Tidak salah sih, toh uangnya uang Anda sendiri, cuma terkesan rugi aja karena token listrik yang telah dianggap hilang itu, masih bisa kok dilihat kembali nomornya.

Jadi, sebenarnya tidak perlu membeli token listrik yang baru, apalagi jika tokennya nominal tinggi, wow bisa rugi banyak deh.

Lagipula, PLN sebagai penyedia listrik pasti telah memperhitungkan kejadian ini sehingga menyediakan sistem bagi pelanggan yang ingin mengetahui kembali nomor token listriknya.

Lantas, bagaimana cara mengetahui nomor token listrik yang hilang itu? Baiklah, langsung saja simak uraian berikut ini...

Cara Mengetahui Nomor Token Listrik

Sebenarnya, ada 5 cara yang bisa dilakukan untuk mengetahui atau melihat kembali nomor token listrik yang baru saja dibeli, antara lain:

Baiklah, supaya lebih jelas, mimin akan bahas satu per satu cara di atas:

1. Melihat Kembali di Konter Pembelian

Jika Anda membelinya via konter, entah itu konter pulsa atau konter minimarket (Indomaret/alfamaret), maka Anda bisa kembali ke konter tersebut untuk mengetahui nomor token listrik yang sudah dibeli.

Langsung saja bilang ke pegawainya: "Mas/mba, tolong cetak kembali struk token listrik yang saya beli, soalnya yang tadi hilang di jalan".

Tidak usah sungkan, karena itu hak Anda sebagai pembeli, pegawai konternya pasti akan mengerti kok dan segera melakukan cetak ulang struk token untuk Anda.

Nah, struk ini jangan sampai hilang lagi, bisa jengkel pegawai konternya dimintai struk terus...😁😁😁.

2. Cek Melalui Aplikasi PLN Mobile

Sistem PLN memang sudah canggih, meskipun Anda membelinya di konter, tetapi nomor token listrik itu bisa diketahui tanpa harus kembali ke konter.

Caranya dengan menggunakan aplikasi PLN Mobile, jadi misalnya Anda males ke konter karena tempatnya jauh, Anda bisa memakai aplikasi ini untuk mengetahui nomor token listrik yang hilang itu.

Aplikasi ini bisa didapatkan di Playstore, ketik saja "PLN Mobile" di pencarian, kemudian download + instal aplikasinya di smartphone Anda.

Sebagai pengguna baru, biasanya Anda akan diminta data-data pendaftaran aplikasi, lengkapi semua data yang diminta agar akun Anda terverifikasi (centang biru).

Setelah pendaftaran beres, sekarang kita sudah bisa menggunakan aplikasi ini untuk mengetahui nomor token listrik yang hilang, berikut ini langkah-langkahnya:

  • Klik menu Tambah IDPel/No Meter.
  • Klik lagi Tambah IDPel/No Meter di bagian bawah.
  • Selanjutnya, masukkan ID pelanggan Anda di kolom yang disediakan.
  • Kemudian, klik Periksa.
  • Selanjutnya, akan keluar data-data Anda, scroll ke bawah, kemudian klik Tambah.
  • Akan tampil ID pelanggan yang telah ditambahkan tadi, klik ID tersebut.
  • Akan terbuka menu baru, selanjutnya klik Histori Pembelian Token.
  • Maka, akan tampil seluruh riwayat pembelian token Anda.
  • Pilih tanggal terbaru untuk melihat nomor token listrik yang hilang.
  • Selesai.

Gimana, gampang kan? Dengan aplikasi ini, kita tidak perlu lagi kembali ke konter.

3. Bertanya ke PLN via Call Center

Kalau Anda tipe orang yang gak suka ribet instal dan daftar aplikasi, maka cara selanjutnya ini mimin rasa cocok untuk Anda, yaitu bertanya langsung ke petugas PLN via call center.

Pusat layanan PLN bisa dihubungi di nomor: (kode area) 123, misalnya Anda berlokasi di Jakarta, tekan nomor: (123) 123.

Setelah tersambung, langsung ceritakan masalah kehilangan nomor token listrik tersebut, maka PLN akan meminta nomor ID pelanggan Anda untuk melakukan pengecekan.

Kemudian, petugas akan segera memberitahukan transaksi pembelian token terakhir Anda, termasuk nomor token listriknya.

4. Menghubungi PLN via Email

PLN juga membuka layanan pelanggan via email di alamat [email protected] untuk menerima semua keluhan dari pelanggan.

Nah, melalui email ini, pelanggan bisa menceritakan keluhan yang dialami seputar token listrik, termasuk mengetahui nomor token listrik yang hilang.

Cara melakukannya sama saja kok dengan mengirim email seperti biasa:

  • Bagian Subjek isi "Cek Histori Pembelian Token".
  • Bagian isi email ketik "Tolong kirimkan nomor token listrik terakhir untuk ID pelanggan 1234567 (isi sesuai ID pelanggan Anda).
  • Kirim dan tunggu balasan email dari PLN.

Atau, Anda juga bisa melakukannya melalui WA resmi PLN di nomor: 0812-2123-123.

5. Berkomentar di Medsos PLN

Admin medsos PLN termasuk aktif membalas pertanyaan-pertanyaan pelanggan yang masuk melalui kolom komentar di akun resmi PLN.

Berikut ini adalah akun-akun resmi media sosial milik PLN:

Klik aja tulisannya maka akan langsung menuju ke akun medsos yang dimaksud.

Kemudian, langsung ketikkan keluhan Anda di kolom komentar mengenai nomor token listrik Anda yang hilang, jangan lupa sertakan juga ID pelanggan Anda.

Nah, Admin PLN akan segera membalasnya disertai dengan nomor token listrik dari transaksi terakhir pembelian Anda.

Penutup

Jadi, tidak perlu panik di saat nomor token listrik yang baru saja dibeli hilang atau tercecer, karena kita bisa mengetahuinya kembali melalui salah satu cara di bawah ini:

  1. Melihat kembali di konter pembelian
  2. Cek melalui aplikasi PLN Mobile
  3. Bertanya ke PLN via Call Center
  4. Menghubungi PLN via email atau WA
  5. Berkomentar di medsos PLN

Demikianlah penjelasan tentang cara mengetahui nomor token listrik yang hilang, bagikan jika dirasa bermanfaat, terima kasih.

Baca Juga:

Posting Komentar untuk "Nomor Token Listrik Hilang? Ini Cara Mengetahuinya!"