Genset 10 kVA Berapa Watt? Begini Cara Menghitungnya!

Ada rencana untuk membeli genset 10 kVA? Udah tahu belum berapa watt output daya yang dihasilkan? Nah, di sini mimin telah menjelaskan cara menghitungnya, yuk disimak.

Gimana kabarnya? Semoga kita semua selalu sehat, di artikel kali ini mimin akan membahas seputar daya listrik yang dihasilkan oleh genset dengan spesifikasi 10 kVA.

Mungkin selama ini Anda termasuk orang yang mengira bahwa genset 10 kVA itu adalah genset yang menghasilkan daya listrik sebesar 10.000 watt.

Wajar, karena dalam teori kelistrikan memang dijelaskan bahwa 1 VA = 1 watt, jadi 10 kVA pasti sama dengan 10 kW (10.000 watt), banyak yang menjadikan nilai kesetaraan ini sebagai patokan.

Namun, perhitungan keluaran listrik tidak bisa langsung disetarakan seperti itu, ada angka lain yang harus dimasukkan ke dalam perhitungan untuk mendapatkan nilai output daya sebenarnya sebuah genset.

Dengan kata lain, memang ada rumus khusus untuk menghitung keluaran listrik genset di mana dengan rumus ini kita bisa mengetahui daya (dalam satuan watt) dari genset 10 kVA.

Lantas, genset 10 kVA itu sama dengan berapa watt? Baiklah, berikut ini penjelasan lengkapnya...

Rumus Menghitung Output Daya Genset

Untuk menghitung ouput daya listrik sebenarnya dari sebuah genset bisa dilakukan dengan menggunakan rumus:

Daya Genset = Daya spesifikasi x 0,8

Keterangan:

  • Daya genset = daya listrik yang dihasilkan genset (watt)
  • Daya spesifikasi = daya yang tertulis pada body genset (kVA)

Mungkin, di antara Anda ada yang bertanya; darimana nilai 0,8 itu? Jadi, 0,8 adalah nilai faktor daya yang selalu ada dalam setiap jaringan kelistrikan.

Genset 10 kVA Berapa Watt?

Berdasarkan perhitungan menggunakan rumus ouput daya genset, bisa ditentukan bahwa daya listrik yang dihasilkan oleh genset 10 kVA adalah 8 kW (8000 watt).

Berikut ini bentuk perhitungannya:

  • Daya genset = daya spesifikasi x 0,8
  • = 10 kVA x 0,8
  • = 8 kVA atau 8 kW (8000 watt)

Sehingga, ketika Anda membeli genset 10 kVA, maka besar daya listrik yang mampu disupply oleh genset tersebut adalah maksimal 8000 watt.

Kesimpulan

Jadi, berdasarkan perhitungan dengan rumus output daya genset, besar daya listrik yang dihasilkan oleh genset 10 kVA adalah 8 kW (8000 watt).

Baca Juga:

Demikianlah informasi tentang perhitungan daya listrik yang dihasilkan oleh genset 10 kVA, bagikan jika dirasa bermanfaat, terima kasih.

Posting Komentar untuk "Genset 10 kVA Berapa Watt? Begini Cara Menghitungnya!"