Genset 20 kVA Berapa Watt? Begini Cara Menghitungnya!

Ada rencana untuk menggunakan genset 20 kVA? Udah tahu belum berapa watt output daya yang dihasilkan? Nah, di sini mimin telah menjelaskannya untuk Anda, yuk disimak.

Gimana kabarnya? Semoga kita semua selalu sehat, di artikel kali ini mimin akan membahas seputar daya listrik yang dihasilkan oleh genset dengan spesifikasi daya 20 kVA.

Mungkin selama ini Anda termasuk orang yang mengira bahwa genset 20 kVA itu adalah genset yang menghasilkan daya listrik sebesar 20.000 watt.

Wajar, karena dalam teori kelistrikan memang diketahui bahwa 1 VA = 1 watt, jadi 20 kVA pasti sama dengan 20 kW (20.000 watt), banyak yang menjadikan nilai kesetaraan ini sebagai patokan.

Namun, perhitungan keluaran listrik genset tidak sesederhana itu, ada angka lain yang harus dimasukkan ke dalam perhitungan untuk mendapatkan nilai output daya genset yang sebenarnya.

Dengan kata lain, memang ada rumus khusus untuk menghitung keluaran listrik genset di mana dengan rumus ini kita bisa mengetahui daya (dalam satuan watt) dari genset 20 kVA.

Lantas, genset 20 kVA itu sama dengan berapa watt? Baiklah, berikut ini penjelasan lengkapnya...

Rumus Menghitung Output Daya Genset

Untuk menghitung ouput daya listrik sebenarnya dari sebuah genset bisa dilakukan dengan menggunakan rumus:

Daya Genset = Daya spesifikasi x 0,8

Keterangan:

  • Daya genset = daya listrik yang dihasilkan genset (watt)
  • Daya spesifikasi = daya yang tertulis pada body genset (kVA)

Mungkin, di antara Anda ada yang bertanya; darimana nilai 0,8 itu? Jadi, 0,8 adalah nilai faktor daya yang selalu ada dalam setiap jaringan kelistrikan.

Genset 20 kVA Berapa Watt?

Berdasarkan perhitungan menggunakan rumus ouput daya genset, bisa ditentukan bahwa daya listrik yang dihasilkan oleh genset 20 kVA adalah 16 kW (16000 watt).

Berikut ini bentuk perhitungannya:

  • Daya genset = daya spesifikasi x 0,8
  • = 20 kVA x 0,8
  • = 16 kVA atau 16 kW (16.000 watt)

Sehingga, jika Anda membeli genset 20 kVA, maka besar daya listrik yang mampu disupply oleh genset tersebut adalah maksimal 16 kW atau 16000 watt.

Genset 20 kVA bisa untuk Apa Saja?

Meskipun, dari perhitungan diketahui bahwa daya maksimal genset 20 kVA adalah 16 kW, tetapi para ahli menyarankan bahwa sebaiknya genset dibebani hanya sampai 70% dari batas kemampuannya.

Artinya, jika output daya genset 20 kVA sebesar 16.000 watt, maka sesuai saran tersebut, sebaiknya dipakai sampai 11.000 watt saja.

Tujuannya adalah untuk menjaga kestabilan output tegangan listrik genset yang memang rawan naik turun ketika dibebani secara berlebihan.

Mimin rasa, daya 11.000 watt itu sudah bisa digunakan di perkantoran untuk memenuhi kebutuhan listrik banyak peralatan, seperti; komputer, printer, AC, dan lampu penerangan.

Kesimpulan

Jadi, berdasarkan perhitungan dengan rumus output daya genset, besar daya listrik yang dihasilkan oleh genset 20 kVA adalah 16 kW (16000 watt).

Baca Juga:

Demikianlah informasi tentang perhitungan daya listrik yang dihasilkan oleh genset 20 kVA, bagikan jika dirasa bermanfaat, terima kasih.

Posting Komentar untuk "Genset 20 kVA Berapa Watt? Begini Cara Menghitungnya!"