Inilah Genset Besar yang Cocok untuk Kantor

Apakah Anda sedang mencari genset besar yang cocok digunakan di kantor? Udah tahu belum berapa spesifikasi daya yang dibutuhkan? Nah, mimin telah membahasnya secara lengkap di sini.

Gimana kabarnya? Semoga kita semua selalu sehat, di artikel kali ini mimin akan membantu Anda dalam memilih spesifikasi genset yang cocok untuk kantor.

Seperti yang kita tahu, listrik PLN sebagai sumber utama tidak selamanya tersedia, sewaktu-waktu terjadi pemadaman listrik, bahkan frekuensinya bisa sering ketika PLN mengalami kerusakan jaringan.

Kalau sudah begini, semua aktivitas pasti akan terganggu dan bisa dikatakan yang paling merasakan dampak terjadinya pemadaman listrik ini adalah perkantoran.

Di kantor, hampir semua urusan menggunakan listrik, sebut saja misalnya bikin laporan atau surat di komputer, kemudian mencetaknya dengan printer di mana kesemuanya itu membutuhkan listrik.

Nah, pada situasi inilah dibutuhkan supply listrik cadangan agar semua aktivitas tersebut dapat berjalan kembali dan solusi yang paling tepat adalah penggunaan generator listrik atau genset.

Genset mampu menyediakan daya listrik yang besar sehingga sangat cocok digunakan di perkantoran yang kebanyakan penggunaan listriknya memang ribuan watt.

Tipe genset itu sendiri ada bermacam-macam dengan kemampuan daya yang bertingkat-tingkat, tetapi biasanya semakin besar kantornya, maka semakin besar pula daya genset yang dibutuhkan.

Lantas, spesifikasi genset seperti apa yang cocok untuk kantor? Baiklah, berikut ini penjelasan lengkapnya...

Spesifikasi Genset untuk Kantor

Untuk diketahui, pemilihan genset untuk kantor harus disesuaikan dengan total kebutuhan listrik dari kantor tersebut, olehnya itu diperlukan perhitungan yang cermat.

Misalnya, pada kantor-kantor bank, spesifikasi genset yang sering digunakan adalah genset dengan output daya sebesar 30 kVA (24.000 watt) s.d. 60 kVA (48.000 watt).

Genset ini sudah lumayan cukup memenuhi kebutuhan daya listrik bagi seluruh peralatan penting di dalam bank, seperti komputer, printer, penyejuk ruangan (AC), dan lampu penerangan.

Nah, berikut ini beberapa hal yang bisa menjadi bahan pertimbangan sebelum melakukan pemilihan genset untuk kantor:

1. Hitung Jumlah Peralatan Listrik Kantor

Apa saja peralatan listrik yang ada di dalam kantor? Berapa unit jumlahnya dan berapa kebutuhan daya dari masing-masing alat tersebut? Semua ini wajib diketahui sebelum memilih genset.

Biasanya, peralatan listrik yang ada di sebuah kantor adalah komputer, printer, mesin fotocopy, penyejuk ruangan (AC), lampu penerangan.

Setiap unit komputer rata-rata konsumsi listriknya sebesar 150 s.d. 250 watt, misalnya ada 10 unit komputer di dalam kantor, maka total kebutuhan listriknya adalah 2500 watt.

Penyejuk ruangan (AC), kebutuhan listriknya tergantung nilai PK, rata-rata AC 1 PK mengonsumsi listrik sebesar 850 watt, selanjutnya hitung berapa unit AC di dalam kantor.

Alat lainnya yang memakai listrik besar adalah mesin fotocopy, rata-rata membutuhkan daya antara 500 s.d. 1000 watt, hanya saja jumlahnya mungkin tidak banyak, rata-rata 1 atau 2 unit saja setiap kantor.

Sementara itu, unit printer bisa mimin katakan daya listriknya tidak seberapa, rata-rata di bawah 100 watt.

Kemudian, lampu penerangan, semakin besar kantornya, semakin banyak jumlah lampu yang digunakan, hitung berapa kebutuhan watt dari keseluruhan lampu tersebut.

Setelah kebutuhan masing-masing alat telah dihitung, kemudian jumlahkan semuanya, maka akan ketahuan berapa spesifikasi daya genset yang dibutuhkan.

2. Perkirakan Lama Pemakaian yang Dibutuhkan

Lama pemakaian yang dimaksud di sini adalah ketahanan operasi genset berapa jam saat terjadi pemadaman listrik.

Nah, hal ini sangat bergantung pada seberapa besar kapasitas tangki bahan bakar dari unit gensetnya, tentu saja semakin besar, maka akan semakin lama waktu operasinya.

Berdasarkan pengalaman, pemadaman rutin PLN tidak berlangsung lama, rata-rata hanya sekitar 10 s.d. 20 menit saja, tetapi saat terjadi kerusakan jaringan, pemadaman listrik bisa sampai 8 jam.

Menurut mimin, ambil saja kemungkinan terburuk sebagai patokan, olehnya itu kantor sebaiknya memilih genset yang sanggup bertahan hingga 8 jam lamanya.

3. Pilih Genset Berbahan Bakar Diesel

Untuk kebutuhan listrik besar, maka genset dengan bahan bakar diesel yang paling cocok karena memiliki ketahanan dan efisiensi yang lebih baik daripada genset bensin.

Kelebihan genset berbahan bakar diesel adalah semakin lama menyala, maka semakin irit penggunaan bahan bakarnya, sehingga sangat cocok dioperasikan berjam-jam.

Tidak sulit untuk menemukan genset berbahan bakar diesel di pasaran dengan beragam tipe dan spesifikasi daya, mulai dari kebutuhan rumahan sampai perkantoran.

4. Pilih Genset Tipe Silent

Sekarang ini, genset tidak lagi identik dengan suara bising karena beberapa tipe genset telah dilengkapi dengan teknologi silent yang dapat mengurangi tingkat kebisingan.

Kantor merupakan tempat dengan urusan-urusan formal sehingga sangat penting untuk menekan polusi suara agar tidak mengganggu aktivitas orang-orang yang berkantor.

Penggunaan genset tipe silent sangat tepat karena suara mesinnya tidak menyiksa telinga sehingga orang-orang tetap nyaman berkantor meskipun genset sedang menyala.

Merk Genset Besar untuk Kantor

Ada banyak merk genset yang populer digunakan di perkantoran, seperti CUMMINS, HARGEN, TRAKNUS, YANMAR, LOVOL, dan lain-lain.

Namun, apa pun merknya, mimin sarankan pilihlah genset berdasarkan 4 kriteria di atas agar tidak terjadi masalah pada proses penggunaannya nanti.

Khususnya, kriteria pertama karena akan menentukan seberapa besar daya genset yang akan dipakai.

Biasanya, semakin besar spesifikasi dayanya, semakin besar pula ukuran gensetnya, inilah alasannya kebanyakan genset untuk kantor itu berukuran besar.

Penutup

Jadi, pemilihan genset untuk kantor harus disesuaikan dengan total kebutuhan listrik dari kantor tersebut, olehnya itu diperlukan perhitungan yang cermat.

Misalnya, pada kantor-kantor bank, spesifikasi genset yang sering digunakan adalah genset dengan output daya sebesar 30 kVA (24.000 watt) s.d. 60 kVA (48.000 watt).

Baca Juga:

Demikianlah penjelasan tentang genset besar untuk kantor, bagikan jika dirasa bermanfaat, terima kasih.

Posting Komentar untuk "Inilah Genset Besar yang Cocok untuk Kantor"