Genset Caterpillar 400 kVA: Harga dan Spesifikasi

Ada rencana untuk membeli genset Caterpillar 400 kVA? Udah tahu belum berapa harganya? Nah, mimin telah menginformasikannya di sini lengkap dengan spesifikasinya, yuk disimak.

Gimana kabarnya? Semoga kita semua selalu sehat, di artikel kali ini mimin akan membahas harga dan spesifikasi sebuah genset dari Caterpillar dengan spesifikasi daya 400 kVA.

Siapa yang tidak kenal Caterpillar (CAT), produsen peralatan konstruksi dan pertambangan asal Amerika Serikat dengan beragam produk unggulan yang cukup diminati di Indonesia.

Spesialisasinya memang pada alat-alat bermesin diesel, maka tidak heran jika perusahaan ini juga dikenal ahli dalam memproduksi genset.

Contohnya, genset yang sedang mimin bahas sekarang ini, yaitu genset Caterpillar kapasitas daya 400 kVA yang tersedia dalam beberapa tipe atau model.

Jika dilihat dari kapasitasnya, maka genset Caterpillar 400 kVA merupakan genset tipe industri yang banyak dipakai di pabrik-pabrik berkebutuhan listrik tinggi.

Tetapi, tidak jarang juga genset ini dipakai di gedung hotel atau perkantoran, misalnya yang terpasang di kantor balai kota DKI Jakarta, genset Caterpillar model C13 400 kVA.

Oleh karena genset di kelas ini terdiri dari beberapa model, maka mimin akan membahas satu model saja sebagai referensi, yaitu genset Caterpillar (CAT) 400 kVA model C13 (60 Hz).

Alasannya, karena model inilah yang tersedia untuk pasar dalam negeri melalui distributor resminya di Indonesia.

Baiklah, berikut ini uraian lengkapnya...

Genset Caterpillar C13 Kapasitas 400 kVA

Jika Anda sedang mencari genset dengan kapasitas daya 400 kVA, maka genset merk Caterpillar ini layak untuk dipertimbangkan.

Mimin secara yakin merekomendasikan genset ini setelah mempelajari secara seksama Product Detail dari genset Caterpillar C13 di situs resminya.

Ditenagai oleh mesin C13 ATAAC, sebuah mesin 6 silinder 4 langkah berbahan bakar diesel yang diklaim lebih hemat bahan bakar dibandingkan genset-genset lain di kelasnya.

Dengan mesin tersebut, genset ini mampu menyediakan pasokan listrik hingga 400 kVA atau 320 kW (320.000 watt) dengan tegangan sekitar 380 s.d. 415 volt, 60 Hz di kecepatan 1800 RPM.

Tidak hanya sebagai genset siaga yang dioperasikan sewaktu-waktu saja, melainkan genset ini juga bisa dijadikan sebagai genset utama yang sanggup beroperasi lama untuk menyediakan tenaga listrik.

Kemampuan tersebut bisa dicapai karena ditunjang oleh desain sistem pendingin mesin dengan mekanisme penyerapan panas yang efektif dalam menjaga suhu mesin tetap stabil.

Karena itu, genset ini sangat cocok dipasang di tempat-tempat yang tidak tersedia jaringan listrik utama atau pada proyek-proyek yang tidak memungkinkan memakai jaringan listrik umum.

Soal kualitas, tentu saja tidak perlu diragukan lagi, genset Caterpillar C13 ini telah lulus uji dan memenuhi persyaratan NFPA 110, suatu Standar untuk Sistem Tenaga Darurat dan Siaga.

Selain itu, genset ini juga telah bersertifikasi ISO 8528-5, yaitu standar internasional tentang kinerja perangkat pembangkit arus bolak-balik yang digerakkan oleh mesin dengan pembakaran dalam atau genset.

Konsumsi BBM Genset Caterpillar C13 400 kVA

Berdasarkan keterangan yang termuat di dalam Produk Detail, konsumsi BBM dari genset Caterpillar C13 400 kVA dipengaruhi oleh kondisi beban listriknya.

Berdasarkan pengukuran, konsumsi bahan bakar tertinggi adalah 83,5 liter per jam yang terjadi ketika genset dibebani 100% dan terendah 26,1 liter per jam ketika bebannya hanya 25%.

Berikut ini secara lengkap data konsumsi BBM dari genset Caterpillar C13 400 kVA:

  • 100% beban + kipas, 83.5 liter/jam
  • 75% beban + kipas, 61.9 liter/jam
  • 50% beban + kipas, 43.7 liter/jam
  • 25% beban + kipas, 26.1 liter/jam

Dengan kapasitas tangki BBM sebanyak 888 liter, maka genset Caterpillar C13 400 kVA ini sanggup beroperasi selama 10 - 11 jam pada kondisi beban maksimal (100%).

Mimin rasa, penggunaan BBM-nya termasuk hemat untuk sebuah genset yang bisa menghasilkan tenaga listrik sebanyak 320 kW.

Penghematan BBM ini bisa tercapai berkat canggihnya sistem penyaluran bahan bakar genset yang telah menggunakan teknologi MEUI.

MEUI (Mechanical actuated Electronic Unit injector) adalah sebuah mekanisme injeksi bahan bakar berbasis kontrol elektronik yang dilakukan melalui modul ECM (Electronic Control Modul).

Dengan teknologi tersebut, jumlah bahan bakar yang diinjeksikan ke dalam piston sangat terukur dan disesuaikan dengan kebutuhan mesin.

Hasilnya, penggunaan BBM menjadi lebih efektif dan tidak akan pernah terjadi pemborosan karena takaran penggunannya selalu pas.

Spesifikasi Lengkap Genset Caterpillar C13 400 kVA

Berikut ini adalah spesifikasi lengkap dari genset Caterpillar C13 400 kVA:

1. Spesifikasi Genset

  • Peringkat Minimum: 320 ekW
  • Peringkat Maksimum: 400 ekW
  • Strategi Emisi/Bahan Bakar: Konsumsi Bahan Bakar Rendah
  • Tegangan: 380 hingga 415 Volt
  • Frekuensi: 60 Hz
  • Kecepatan: 1800 rpm
  • Siklus Kerja: Siaga, Utama
  • Dimensi (P x L x T): 4743 mm x 2014 mm x 2133 mm

2. Spesifikasi Mesin

  • Model Mesin: Diesel Berpendingin Air C13 ATAAC, I-6, 4 Langkah
  • Bore: 130 mm
  • Stroke: 157 mm
  • Kapasitas Silinder: 12.5 liter
  • Rasio Kompresi: 16,3:1
  • Aspirasi: Aftercooler Udara ke Udara:
  • Sistem Bahan Bakar: MEUI
  • Tipe Pengatur: Adem™A4

Harga Genset Caterpillar C13 400 kVA

Berapa harga dari genset Caterpillar C13 400 kVA ini? Jujur, mimin belum mendapatkan informasi terbaru mengenai harganya di tahun 2024 ini.

Apalagi, biasanya memang untuk alat-alat berat seperti ini, kita harus berkomunikasi langsung dengan distributor resmi untuk mendapatkan penawaran harga.

Namun, untuk genset-genset kapasitas daya seperti ini, secara umum harganya berada pada rentang Rp. 800 juta - Rp. 950 juta.

Jadi, bagi Anda yang ingin mengetahui harga terbaru dari genset Caterpillar C13 400 kVA, silahkan kontak distributor resminya.

Baca Juga:

Demikianlah informasi tentang spesifikasi dan harga genset Caterpillar C13 400 kVA, bagikan jika dirasa bermanfaat, terima kasih.

Posting Komentar untuk "Genset Caterpillar 400 kVA: Harga dan Spesifikasi"