Inilah Genset yang Cocok untuk Hajatan

Apakah Anda sedang mencari genset untuk keperluan hajatan? Udah tahu belum berapa kapasitas genset yang cocok? Nah, di sini mimin telah menjelaskannya untuk Anda, yuk disimak.

Gimana kabarnya? Semoga kita semua selalu sehat, di artikel kali ini mimin akan berbagi informasi seputar pemilihan kapasitas genset yang cocok untuk hajatan.

Kiranya, kita semua sepakat bahwa dalam sebuah hajatan, entah itu resepsi perkawinan atau selamatan, ketersediaan supply listrik menjadi salah satu unsur penentu lancarnya acara.

Apa jadinya sebuah hajatan bila supply listrik tidak memadai, jalannya acara pasti terganggu, alat-alat pendukung tidak beroperasi maksimal karena kekurangan listrik.

Tidak mungkin juga mengandalkan daya listrik rumah yang besarannya tidak seberapa, karena pada sebuah hajatan, kebutuhan untuk sound system saja akan memakai listrik ribuan watt.

Itu baru dari sound system, belum termasuk peralatan lainnya, seperti lampu penerangan, kipas angin, dan lain-lain.

Nah, untuk memenuhi semua kebutuhan listrik hajatan, penggunaan genset bisa menjadi pilihan terbaik, hanya saja kapasitasnya harus benar-benar sesuai.

Lantas, genset seperti apa yang cocok untuk acara hajatan? Baiklah, langsung saja simak penjelasan berikut ini...

Genset untuk Hajatan

Idealnya, genset yang cocok untuk acara hajatan adalah genset diesel dengan kapasitas daya 2 kali lebih besar dari total kebutuhan listrik yang telah dihitung.

Mengapa harus genset diesel? Alasannya, karena genset diesel terkenal kuat dan tahan dipakai berjam-jam sehingga cocok untuk keperluan hajatan yang memang pada umumnya selalu berlangsung lama.

Contohnya, untuk hajatan perkawinan, acaranya bisa berlangsung dari pagi sampai malam.

Genset diesel memiliki toleransi panas yang lebih baik daripada genset bensin sehingga meminimalkan resiko terjadinya overheat.

Baca: Kelebihan dan Kekurangan Genset Bensin

Mengenai kapasitas genset yang akan dipakai, tentu saja harus dihitung terlebih dahulu total kebutuhan listrik di hajatan tersebut.

Bisa dilakukan dengan mengidentifikasi semua peralatan listrik yang akan dipakai selama acara berlangsung, kemudian ketahui masing-masing kebutuhan dayanya, setelah itu jumlahkan semuanya.

Sebagai acuan, berikut ini mimin rincikan peralatan apa saja yang umum dipakai di acara hajatan:

1. Sound System

Peralatan sound system pasti ada di setiap acara hajatan, terdiri dari beberapa perangkat pendukung seperti; amplifier, audio mixer, equalizer, crossover, dan speaker.

Total kebutuhan listriknya bisa sampai ribuan watt dan menjadi pemakai listrik terbesar di acara hajatan.

Sebagai gambaran, sound system kelas standar dengan 4-5 buah speaker, total kebutuhan listriknya sebesar 2500 watt.

Ini juga menjadi alasan beberapa penyelenggara hajatan memakai 2 genset untuk memisahkan kebutuhan listrik sound system dengan peralatan-peralatan lainnya.

Bagus juga sih meski cenderung boros, tetapi jika Anda tertarik menggunakan cara ini, bisa Anda baca pilihan gensetnya di sini: Genset Sound System.

2. Lampu Penerangan

Jika hajatannya di luar ruangan, maka lampu penerangan mungkin akan terpakai pada malam hari saja, tetapi tidak jika acaranya di dalam ruangan, siang hari pun lampu pasti dinyalakan.

Umumnya, penerangan untuk keperluan hajatan memakai lampu dengan watt tinggi, rata-rata di atas 50 watt tiap lampunya untuk mendapatkan terang yang maksimal.

Jika total lampu yang menyala di acara sebanyak 10 buah, maka jumlah kebutuhan listrik untuk penerangan adalah 500 watt.

Daya tersebut bisa saja bertambah, karena hanya perkiraan standar saja yakni penerangan di sekitar tenda hajatan, belum termasuk penerangan panggung hiburan yang biasanya memakai jenis lampu sorot.

3. Penyejuk Udara

Kebanyakan hajatan berlangsung di luar ruangan, sehingga jenis penyejuk udara yang umum dipakai adalah kipas angin.

Sejumlah kipas angin akan disebar di sekitar tenda undangan, jumlahnya bisa beberapa, misalnya 5 s.d. 7 buah kipas angin.

Jika masing-masing kipas angin daya listriknya sebesar 100 watt, maka total kebutuhan daya untuk penyejuk udara adalah 500 s.d. 700 watt.

Jadi, total kebutuhan listrik hajatan berdasarkan ketiga item di atas, adalah:

  • Sound system = 2500 watt
  • Lampu penerangan = 500 watt
  • Penyejuk udara = 700 watt
  • Total = 3700 watt

Kapasitas Genset yang Cocok

Setelah dihitung, ternyata total kebutuhan listrik hajatan berdasarkan simulasi di atas adalah 3700 watt, jadi kapasitas genset yang cocok adalah 7000 s.d. 8000 watt.

Mengapa sebaiknya 2 kali lipat? Alasannya, untuk menjaga kestabilan output tegangan listrik genset sehingga aman dipakai oleh semua peralatan listrik hajatan.

Jika beban listriknya terlalu mepet dengan kapasitas maksimal genset (80-90%), maka tegangan listrik rawan drop dan genset tidak akan tahan dipakai berjam-jam.

Dengan kapasitas genset 2 kali lipat, berarti genset hanya akan dibebani 50% dari kapasitas maksimalnya, masih aman bagi genset pada kondisi harus menyala lama.

Kesimpulan

Jadi, genset yang cocok untuk acara hajatan adalah genset diesel dengan kapasitas daya 2 kali lebih besar dari total kebutuhan listrik hasil perhitungan, contoh: genset 7000 watt untuk beban daya 3500 watt.

Baca Juga:

Demikianlah informasi tentang genset yang cocok untuk keperluan hajatan, bagikan jika dirasa bermanfaat, terima kasih.

Posting Komentar untuk "Inilah Genset yang Cocok untuk Hajatan"