Genset yang Cocok untuk Mesin Las 900 Watt

Apakah Anda berencana membeli genset untuk mesin las listrik 900 watt? Udah tahu belum spesifikasi genset yang cocok? Nah, mimin telah menjelaskannya di sini, yuk disimak.

Gimana kabarnya? Semoga kita semua selalu sehat, di artikel kali ini mimin akan berbagi informasi seputar jenis genset yang cocok dipakai untuk mesin las listrik 900 watt.

Seperti yang kita tahu, mesin las merupakan salah satu peralatan yang membutuhkan daya listrik tinggi saat digunakan bekerja menyambungkan besi.

Jika kebutuhan listriknya tidak cukup, maka mesin las tidak berfungsi sebagaimana mestinya, hasil las tidak matang sehingga besi sulit menempel satu sama lain.

Inilah sebabnya ketika daya listrik rumah dirasa tidak mencukupi, banyak tukang las yang mengakalinya dengan cara memakai genset.

Oleh karena genset juga memiliki kapasitas daya yang bertingkat-tingkat, maka harus dicari tipe genset yang sekiranya mampu dibebani mesin las 900 watt.

Lantas, genset apa yang cocok untuk mesin las 900 watt? Baiklah, langsung saja simak penjelasan berikut ini...

Genset untuk Mesin Las 900 Watt

Idealnya, genset untuk mesin las 900 watt harus memiliki kapasitas daya 4 kali lebih besar dari daya mesin lasnya, sehingga cocoknya menggunakan genset 4000 watt atau lebih bagus lagi genset 5000 watt.

Jika kapasitas gensetnya di bawah nilai tersebut, maka bisa dipastikan mesin las 900 watt tidak akan berfungsi dengan baik, bahkan rawan merusak trafo.

Mimin pernah mencoba menyalakan mesin las 900 watt dengan genset 2000 watt, ternyata gensetnya tidak mampu, mesin genset seperti akan mati ketika dilakukan pengelasan.

Padahal, waktu itu settingan mesin lasnya sudah di amper terendah, inilah alasannya sehingga mimin berkesimpulan bahwa untuk mesin las 900 watt cocoknya menggunakan genset 4000 atau 5000 watt.

Bagaimana dengan genset 3000 watt? Mimin belum pernah mencobanya, tetapi sepertinya juga kurang kuat karena mimin pernah melihat di youtube ada orang yang mengetes las 900 watt + genset 3000 watt.

Di amper terendah, genset masih bisa mengcover meski tetap terlihat kewalahan, ditandai dengan suara genset yang terdengar berat.

Namun, tentu saja seorang tukang las tidak mungkin bekerja hanya dengan mengandalkan amper terendah, pasti ia perlu untuk menaikkan settingan ampernya.

Jadi, mimin rasa genset 3000 watt kurang bisa memenuhi kebutuhan listrik mesin las 900 watt.

Kesimpulan

Jadi, pilihan ideal genset untuk mesin las 900 watt adalah genset dengan kapasitas daya 4 kali lebih besar dari daya mesin lasnya, sehingga cocoknya menggunakan genset 4000 watt atau lebih bagus lagi genset 5000 watt.

Baca Juga:

Demikianlah informasi tentang genset yang cocok untuk mesin las 900 watt, bagikan jika dirasa bermanfaat, terima kasih.

Posting Komentar untuk "Genset yang Cocok untuk Mesin Las 900 Watt"