3+ Kelebihan dan Kekurangan Genset Bensin

Ada rencana untuk membeli genset bensin? Udah tahu belum apa saja kelebihan dan kekurangannya? Nah, mimin telah menjelaskannya secara lengkap di sini, yuk disimak.

Gimana kabarnya? Semoga kita semua selalu sehat, di artikel kali ini mimin akan membahas seputar kelebihan dan kekurangan dari genset bensin sebagai generator penghasil listrik.

Genset berbahan bakar bensin adalah satu dari sekian jenis genset yang banyak beredar di pasaran, penggunaannya sama populer dengan genset berbahan bakar solar.

Jika genset solar kebanyakan untuk spesifikasi daya high, maka genset bensin lebih diperuntukkan pada penggunaan daya low-medium.

Misalnya, pada genset 1000 watt s.d. 3000 watt, kebanyakan genset berbahan bakar bensin, barulah pada daya 5000 watt ke atas, BBM solar lebih banyak diaplikasikan.

Dalam beberapa hal, genset bensin memiliki kelebihan tersendiri sehingga orang-orang lebih memilih untuk menggunakan genset berbahan bakar bensin.

Namun, disamping kelebihannya, genset bensin juga memiliki beberapa kekurangan sehingga tidak cocok untuk penggunaan tertentu.

Lantas, apa saja kelebihan dan kekurangan dari genset bensin? Baiklah, berikut ini mimin berikan penjelasan lengkapnya...

Kelebihan dan Kekurangan Genset Bensin

Untuk diketahui, genset bensin memiliki beberapa kelebihan, antara lain; lebih ramah lingkungan, bahan bakarnya mudah didapat, serta ukuran atau bentuknya yang lebih ringkas.

Sementara itu, kekurangannya adalah tidak cocok untuk penggunaan daya listrik tinggi, harga bahan bakarnya lebih mahal, dan kurang bisa diandalkan untuk pengoperasian lama.

Baiklah, di bawah ini mimin uraikan lebih jauh lagi kelebihan dan kekurangan dari genset bensin...

Kelebihan Genset Bensin

Beberapa kelebihan dari genset bensin dibandingkan dengan genset BBM lainnya, antara lain:

1. Ramah Lingkungan

Salah satu kelebihan genset bensin adalah emisi yang dihasilkan dari gas buang berada pada tingkat yang lebih rendah daripada genset solar, olehnya itu genset bensin dapat dianggap lebih ramah lingkungan.

Inilah sebabnya mengapa sehingga genset bensin sangat cocok dipakai di perumahan, bahkan di lingkungan padat sekalipun karena emisi genset bensin tidak memberikan gangguan yang berarti.

Apalagi, jika genset yang dipakai adalah tipe 4 tak, maka kadar emisinya akan jauh lebih rendah lagi.

2. Bahan Bakarnya Mudah Didapat

Genset bensin juga unggul dalam hal kemudahan untuk mendapatkan bahan bakarnya jika dibandingkan dengan solar yang keberadaannya sering langka di SPBU.

Kepastian bahan bakar ini sangat penting untuk menjamin pengoperasian genset saat dibutuhkan, bahkan kita bisa menemukan bensin banyak dijual secara eceran di masyarakat.

Ini juga yang sering dipertimbangkan banyak orang sehingga lebih memilih menggunakan genset bensin daripada genset solar.

3. Bentuk/Ukuran Lebih Ringkas

Kelebihan lainnya dari genset bensin adalah bentuk atau ukurannya lebih ringkas (portable) dibandingkan dengan genset solar.

Sehingga, untuk penempatan, genset bensin tidak terlalu menghabiskan ruang dibandingkan dengan genset berbahan bakar solar.

Kekurangan Genset Bensin

Kemudian, berikut ini adalah beberapa kekurangan dari genset bensin:

1. Kemampuan Dayanya Terbatas

Genset bensin dikenal tidak semampu genset solar dalam hal menangani kebutuhan daya listrik tinggi, hanya efisien digunakan pada rentang daya 1000 watt s.d. 5000 watt.

Di atas 5000 watt, penggunaan genset solar lebih disarankan karena akan menghasilkan lebih banyak tenaga daripada genset bensin.

Hal ini tidak terlepas dari adanya perbedaan karakteristik antara bahan bakar bensin dan solar.

2. Harga Bahan Bakarnya Lebih Mahal

Di SPBU, bahan bakar bensin memiliki harga lebih mahal daripada bahan bakar solar, di mana harga terendah dari bensin (pertalite) adalah Rp. 10.000.

Sementara itu, solar memiliki harga yang lebih murah, yakni Rp. 6.800, sehingga dengan jumlah uang yang sama, kita bisa mendapatkan bahan bakar solar lebih banyak daripada bensin.

3. Kurang Tahan Dipakai Berjam-jam

Genset bensin juga tidak cocok untuk pengoperasian lama hingga berjam-jam karena performanya cenderung turun saat terjadi peningkatan suhu.

Baca Juga:

Beda halnya dengan genset solar, jenis genset ini memiliki efisiensi panas yang lebih besar sehingga performanya tidak jauh berubah meski terjadi peningkatan suhu.

Kesimpulan

Jadi, kelebihan dan kekurangan genset bensin adalah:

  • (+) Ramah lingkungan
  • (+) Bahan bakarnya mudah didapat
  • (+) Bentuk atau ukurannya lebih ringkas (portable)
  • (-) Kemampuan dayanya terbatas
  • (-) Harga bahan bakarnya lebih mahal
  • (-) Kurang tahan dipakai berjam-jam

Demikianlah informasi tentang kelebihan dan kekurangan dari genset bensin, bagikan jika dirasa bermanfaat, terima kasih.

Posting Komentar untuk "3+ Kelebihan dan Kekurangan Genset Bensin"