Mau Pakai Genset 1000 Watt? Segini Konsumsi BBM-nya

Apakah Anda berencana untuk memakai genset 1000 watt? Udah tahu belum berapa konsumsi BBM-nya? Nah, mimin telah menjelaskannya secara lengkap di sini, yuk disimak.

Gimana kabarnya? Semoga kita semua selalu sehat, di artikel kali ini mimin akan berbagi informasi seputar konsumsi BBM genset 1000 watt setiap jamnya.

Seperti yang kita tahu, genset merupakan mesin penghasil listrik yang sering menjadi pilihan utama ketika listrik PLN tidak tersedia.

Agar dapat bekerja menghasilkan listrik, genset akan mengonsumsi bahan bakar minyak, seperti bensin dan solar, selain itu tersedia juga tipe lainnya, yaitu genset berbahan bakar gas.

Besar daya listrik yang dihasilkan bergantung pada spesifikasi genset yang digunakan, misalnya untuk keperluan rumah tangga, kebanyakan memakai genset 1000 watt.

Pada skala rumah tangga, genset 1000 watt lumayan cukuplah sebagai sumber listrik cadangan ketika pasokan listrik utama dari PLN sedang terputus atau padam.

Lantas, berapa liter BBM yang dikonsumsi oleh genset 1000 watt setiap jamnya? Baiklah, berikut ini penjelasan lengkapnya...

Konsumsi BBM Genset 1000 Watt

Untuk diketahui, kebanyakan genset 1000 Watt akan mengonsumsi BBM sebanyak 0,80 s.d. 0,95 liter per jam, sehingga dengan kapasitas tangki sebesar 5 liter, genset sanggup bertahan selama 5-6 jam.

Dalam pemakaiannya, konsumsi BBM genset sangat dipengaruhi oleh beban listrik yang dipakai, semakin besar bebannya, semakin banyak pula bahan bakar yang dihabiskan genset.

Berikut ini penjelasannya:

Frekuensi listrik yang dibutuhkan untuk menyalakan berbagai peralatan listrik adalah 50 Hz, nilai ini setara dengan frekuensi yang dimiliki oleh listrik PLN.

Untuk mencapai frekuensi segitu, dibutuhkan putaran mesin sebesar 1500 rpm, genset dalam kondisi IDLE atau tanpa beban memiliki putaran mesin sebesar ini.

Ketika beban listrik mulai dinyalakan, putaran mesin genset akan menurun, sehingga harus dikembalikan ke putaran stabil yaitu 1500 rpm dengan cara memperbesar bukaan gas.

Semakin besar beban listrik yang dinyalakan, maka semakin jauh juga penurunan rpm genset, sehingga untuk mengimbanginya, maka bukaan gas harus dibuka lebih lebar lagi.

Besar kecilnya bukaan gas, erat kaitannya dengan konsumsi BBM, inilah sebabnya mengapa sehingga semakin banyak beban listrik yang dipakai, semakin besar pula konsumsi BBM-nya karena gas harus terbuka lebih lebar.

Penutup

Jadi, rata-rata konsumsi BBM genset 1000 watt adalah 0,80 s.d. 0,95 liter per jam, sehingga dengan kapasitas tangki sebesar 5 liter, genset sanggup beroperasi selama 5-6 jam.

Baca Juga:

Demikianlah penjelasan tentang konsumsi BBM genset 1000 Watt, bagikan jika dirasa bermanfaat, terima kasih.

Posting Komentar untuk "Mau Pakai Genset 1000 Watt? Segini Konsumsi BBM-nya"