Mau Pakai Genset 2000 Watt? Segini Konsumsi BBM-nya

Ada rencana untuk memakai genset 2000 watt? Udah tahu belum berapa konsumsi BBM-nya? Yuk, simak pengalaman mimin di sini sebagai pengguna genset 2000 watt.

Gimana kabarnya? Semoga kita semua selalu sehat, di artikel kali ini mimin akan berbagi pengalaman selama menggunakan genset 2000 watt sebagai tenaga listrik cadangan di rumah.

Ketika listrik PLN sedang padam, maka mimin akan menyalakan genset tersebut agar peralatan di rumah tetap mendapatkan pasokan daya.

Anda mungkin termasuk orang yang bertanya-tanya mengenai berapa liter BBM yang dikonsumsi oleh genset kapasitas 2000 watt setiap jamnya.

Genset 2000 watt sendiri merupakan genset yang mengonsumsi BBM jenis bensin, seperti premium, pertalite, dan pertamax.

Memang, jumlah konsumsi BBM sering menjadi bahan pertimbangan banyak orang sebelum memutuskan besar kapasitas genset yang akan dipakai.

Tentu saja, semakin besar kapasitasnya, semakin besar pula BBM yang dipakai di mana jumlah penggunaannya sering dinyatakan dalam satuan liter per jam.

Lantas, berapa liter per jam konsumsi BBM genset 2000 watt? Baiklah, langsung saja simak penjelasan berikut ini...

Konsumsi BBM Genset 2000 Watt

Untuk diketahui, kebanyakan genset 2000 watt akan mengonsumsi BBM (bensin) sebanyak 1 s.d. 1,3 liter per jam, sehingga dengan kapasitas tangki sebesar 12 liter, genset sanggup bertahan selama 9 - 10 jam.

Dalam pemakaiannya, konsumsi BBM genset juga dipengaruhi oleh beban listrik yang dipakai, semakin besar beban, maka semakin banyak pula BBM yang dikonsumsi.

Berikut ini penjelasannya:

Frekuensi listrik yang dibutuhkan untuk menyalakan berbagai peralatan listrik adalah 50 - 60 Hz, nilai ini kira-kira setara dengan frekuensi yang dimiliki oleh listrik PLN.

Untuk mencapai frekuensi segitu, dibutuhkan putaran mesin sebesar 1500 - 1800 RPM, kecepatan ini merupakan RPM ideal untuk menghasilkan tenaga listrik yang stabil.

Ketika genset mulai dibebani peralatan listrik, putaran mesinnya akan menurun, sehingga harus dikembalikan lagi ke putaran stabil yaitu 1500 rpm dengan cara memperbesar bukaan gas.

Semakin besar beban listrik yang ditanggung genset, maka semakin jauh juga penurunan RPM-nya, sehingga untuk mengimbanginya, maka bukaan gas harus diperlebar lagi.

Melebarnya bukaan gas tersebut selanjutnya akan memperbesar volume aliran BBM ke dalam piston yang memang dibutuhkan mesin untuk mengembalikan RPM idealnya.

Inilah sebabnya mengapa sehingga semakin banyak beban listrik yang dipakai, semakin besar pula konsumsi BBM genset karena gas harus terbuka lebih lebar.

Penutup

Jadi, rata-rata konsumsi BBM (solar/bensin) genset 2000 watt adalah 1 s.d. 1,30 liter per jam, sehingga dengan kapasitas tangki sebesar 12 liter, genset sanggup beroperasi selama 9-10 jam.

Baca Juga:

Demikianlah penjelasan tentang konsumsi BBM genset 2000 Watt, bagikan jika dirasa bermanfaat, terima kasih.

Posting Komentar untuk "Mau Pakai Genset 2000 Watt? Segini Konsumsi BBM-nya"