MCB C10 Berapa Watt? Ini Penjelasannya

Apakah Anda berencana membeli MCB C10? Udah tahu belum untuk berapa watt MCB tersebut? Nah, di sini mimin telah menjelaskannya untuk Anda, yuk disimak.

Gimana kabarnya? Semoga kita semua selalu sehat, di artikel kali ini mimin akan membahas seputar MCB listrik di mana tipe MCB yang akan dibahas adalah MCB C10.

Seperti yang kita tahu, MCB adalah alat pembatas arus listrik, sekaligus menjadi pengaman instalasi kelistrikan dari bahaya lonjakan arus tiba-tiba.

Dalam penerapannya, pemilihan MCB disesuaikan dengan seberapa besar daya listrik yang diharapkan akan mengalir nantinya, inilah alasannya mengapa sehingga ukuran MCB itu berbeda-beda.

Ukuran MCB itu sendiri dinyatakan dengan kode berupa huruf dan angka yang tertulis pada bodynya, contohnya MCB C10 di mana kode C10 inilah yang memuat informasi tentang ukuran MCB-nya.

Lantas, MCB C10 itu untuk arus dan daya berapa watt? Baiklah, berikut ini uraian lengkapnya...

Spesifikasi MCB C10

Untuk diketahui, MCB C10 adalah MCB 10 Ampere dengan kemampuan batasan daya sebesar 2200 watt (VA).

Kode C pada MCB ini menginformasikan tentang kurva trip (tripping curve) dari MCB yang berada pada rentang 5 hingga 10 kali dari nilai arus yang ditetapkan.

Penting diketahui bahwa ketika Anda membeli MCB C10, jangan pernah memasang MCB ini di bawah meteran listrik karena spesifikasinya berbeda dengan MCB 10 Ampere milik PLN.

MCB C10 hanya boleh dipasang di dalam rumah sebagai MCB pembantu atau pembagi daya dari MCB PLN.

MCB PLN itu sendiri adalah MCB utama yang terpasang di bawah kWh meter (meteran listrik), tidak menggunakan kode C, melainkan kode CL.

Lagipula, tindakan mengganti MCB sendiri (MCB di bawah meteran) tidak diperbolehkan oleh PLN, ada sanksinya, mimin pernah membahasnya di sini: Ingat, Tidak Boleh Mengganti MCB Sendiri, Ini Akibatnya!

Sementara itu, mengenai perbedaan antara kode CL dan C, mimin juga pernah membahasnya di sini: Perbedaan MCB CL dan C.

Kesimpulan

Jadi, MCB C10 adalah MCB 10 Ampere dengan kemampuan batasan daya sebesar 2200 watt (VA).

Demikianlah informasi tentang batasan arus dan daya pada MCB C10, bagikan jika dirasa bermanfaat, terima kasih.

Posting Komentar untuk "MCB C10 Berapa Watt? Ini Penjelasannya"