MCB C6 Berapa Watt? Ini Penjelasannya

Ada rencana untuk membeli MCB C6? Tahukah Anda untuk daya listrik berapa watt MCB tersebut? Tenang saja, mimin telah membahasnya secara lengkap di sini, yuk disimak.

Gimana kabarnya? Semoga kita semua selalu sehat, di artikel kali ini mimin akan menginformasikan seputar MCB listrik di mana tipe MCB yang akan dibahas adalah MCB C6.

Seperti yang kita tahu, ada bermacam-macam ukuran MCB dan masing-masing memiliki peruntukan tersendiri yang didasarkan pada besaran daya listrik yang akan mengaliri instalasi.

Ukuran suatu MCB bisa diketahui dengan melihat kode yang tertulis pada bodynya di mana kode tersebut terdiri dari gabungan huruf dan angka, contohnya C6.

Kode C6 berisi informasi bahwa MCB ini digunakan untuk membatasi arus sekian Ampere atau daya sekian watt.

Lantas, berapa nilai arus dan daya yang dibatasi oleh MCB C6? Baiklah, berikut ini penjelasan lengkapnya...

Spesifikasi MCB C6

Untuk diketahui, MCB C6 adalah MCB 6 Ampere dengan kemampuan batasan daya sebesar 1300 watt (VA).

Kode C pada MCB ini menginformasikan tentang kurva trip (tripping curve) dari MCB yang berada pada rentang 5 hingga 10 kali dari nilai arus yang ditetapkan.

Penting diperhatikan bahwa ketika Anda membeli MCB C6, jangan pernah berpikir untuk memasangnya di bawah meteran listrik karena spesifikasinya berbeda dengan MCB 6 Ampere milik PLN.

MCB C6 hanya boleh dipasang di dalam rumah sebagai MCB pembantu atau pembagi daya dari MCB PLN.

MCB PLN itu sendiri adalah MCB utama yang terpasang di bawah meteran listrik (kWh meter), tidak menggunakan kode C, melainkan kode CL.

Lagipula, tindakan mengganti MCB sendiri (MCB di bawah meteran) tidak diperbolehkan oleh PLN, ada sanksinya, mimin pernah membahasnya di sini: Ingat, Tidak Boleh Mengganti MCB Sendiri, Ini Akibatnya!

Sementara itu, mengenai perbedaan antara kode CL dan C, mimin juga pernah membahasnya di sini: Perbedaan MCB CL dan C.

Kesimpulan

Jadi, MCB C6 adalah MCB 6 Ampere dengan kemampuan batasan daya sebesar 1300 watt (VA).

Demikianlah informasi tentang batasan arus dan daya pada MCB C6, bagikan jika dirasa bermanfaat, terima kasih.

Posting Komentar untuk "MCB C6 Berapa Watt? Ini Penjelasannya"