Warna Kabel Ground Menurut PUIL 2011, Jangan Salah!

Udah tahu belum apa warna dari kabel ground atau arde itu? Jangan salah warna yah, ada aturannya, yuk simak penjelasan lengkapnya di sini.

Gimana kabarnya? Semoga kita semua selalu sehat, di artikel kali ini mimin akan berbagi pengetahuan tentang warna yang dipakai pada kabel grounding (arde) atau pentanahan.

Seperti yang kita tahu, grounding merupakan bagian dari sistem pengamanan instalasi kelistrikan di mana dalam pengaplikasiannya menggunakan elektroda tembaga yang dibenamkan ke dalam tanah.

Dari elektroda ini selanjutnya akan disambungkan sebuah kabel yang akan menjadi sumber dari keseluruhan titik grounding untuk peralatan listrik di dalam rumah.

Terdapat ketentuan di dalam PUIL 2011 mengenai pilihan warna yang digunakan pada kabel grounding, sama dengan ketentuan yang mengatur warna-warna kabel lainnya, seperti fasa dan netral.

Lantas, warna apa yang digunakan sebagai penanda kabel grounding? Baiklah, berikut ini mimin berikan penjelasannya...

Warna Kabel Ground Menurut PUIL 2011

Untuk diketahui, di dalam PUIL 2011 dijelaskan bahwa grounding atau konduktor pembumian harus diberi warna hijau-kuning sesuai dengan ketentuan 5210.2.

Apa itu 5210.2? Jadi, 5210.2 adalah sub bagian di dalam PUIL 2011 (tepatnya di halaman 125) yang berisi ketentuan Penggunaan warna loreng hijau-kuning.

Dijelaskan di dalam sub bagian itu bahwa warna loreng hijau-kuning hanya boleh digunakan untuk menandai konduktor pembumian, konduktor proteksi, dan konduktor yang menghubungkan ikatan ekuipotensial ke bumi.

Sesuai SNI 6629.1:2011 maka pembagian warna untuk inti berwarna hijau-kuning harus memenuhi kondisi berikut (sesuai dengan IEC 60173):

untuk setiap 15 mm panjang inti, salah satu warna tersebut harus mencakup sekurang-kurangya 30% dan tidak lebih dari 70% permukaan inti, warna lain mencakup sisanya.

Kesimpulan

Jadi, warna kabel ground (arde) menurut PUIL 2011 adalah warna hijau-kuning.

Baca Juga:

Demikianlah informasi tentang warna kabel ground menurut PUIL 2011, bagikan jika dirasa bermanfaat, terima kasih.

Posting Komentar untuk "Warna Kabel Ground Menurut PUIL 2011, Jangan Salah!"