Arti Kode 9898 pada Meteran Listrik

Apakah meteran listrik token Anda sedang bermasalah? Muncul kode 9898 di layar? Udah tahu belum apa arti kode tersebut? Nah, mimin telah menjelaskannya di sini, yuk di simak.

Gimana kabarnya? Semoga kita semua selalu sehat, di artikel kali ini mimin akan membahas arti dari salah satu kode yang muncul di layar meteran listrik prabayar, yaitu kode 9898.

Beberapa hari yang lalu, seorang pembaca mengirim pesan via email: "Min, saya butuh pertolongan, token saya bermasalah tidak dapat mengisi pulsa sebab ada kode 9898".

Ternyata terjadi lagi, kemunculan kode tersebut lumayan sering dilaporkan oleh para pengguna listrik prabayar, setelah memasukkan token ke meteran + menekan enter, malah muncul kode 9898 dan token listrik gagal terisi.

Cukup membingungkan sih, karena kalau memang terjadi gagal input token, maka harusnya yang muncul pada layar meteran adalah tulisan "GAGAL".

Namun, malah keluar kode 9898, wajar saja kalau banyak pengguna prabayar yang bingung sewaktu tokennya tidak berhasil masuk karena tidak ada peringatan "GAGAL" di meteran.

Mungkin, sekarang ini Anda juga mengalami masalah serupa, tetapi Anda tenang saja karena di sini mimin akan memberikan solusinya.

Baiklah, langsung saja simak uraian berikut ini...

Arti Kode 9898 pada Meteran Listrik

Untuk diketahui, munculnya kode 9898 di layar meteran listrik prabayar (token) menandakan bahwa sedang terjadi error pada kWh meter mengakibatkan token listrik gagal terisi.

Error 9898 ini hanya bisa di atasi dengan cara melaporkannya ke PLN, sebab jika sudah berkaitan dengan meteran, maka hanya pihak PLN yang berwenang.

Cara melapornya sangat mudah kok, tidak perlu datang langsung ke kantor, tetapi cukup dengan menghubungi petugas PLN via telepon di nomor layanan: (nomor area) 123.

Misalnya, jika Anda berada di Bandung maka masukkan nomor (022) 123.

Setelah tersambung, laporkan kondisi meteran listrik token Anda, ceritakan bahwa di layar meteran listrik Anda muncul kode 9898 saat mengisi token listrik.

Biasanya, petugas PLN akan meminta atau menanyakan data-data berikut ini:

  • Nomor meteran/ID pelanggan
  • Nomor token (20 angka) sesuai pembelian, tanggal pembelian, nominal pembelian, melalui Bank dan ATM/Aplikasi apa?
  • Kondisi listrik saat ini apakah padam atau tidak
  • Jika tidak padam mohon diinformasikan sisa kWh.
  • Alamat lengkap (Jl,Rt/Rw,Kel,Kec,Kab/Prov) acuan lokasi
  • Nomor telepon yang dapat dihubungi
  • Alamat email

Laporan yang masuk akan secepatnya direspon oleh petugas PLN, kalau solusinya bisa dipandu dari jarak jauh, maka biasanya melalui telepon saja.

Namun, kadang juga PLN mengirimkan petugas ke rumah pelanggan untuk mengecek langsung kondisi meteran listrik yang bermasalah.

Jadi, tugas Anda setelah melapor adalah tunggu arahan selanjutnya dari PLN, jangan utak-atik meteran listrik.

Gimana, sangat mudah bukan mengatasi masalah kode 9898 ini?

Baca Juga:

Demikianlah ulasan kali ini, bagikan jika dirasa bermanfaat, terima kasih.

Posting Komentar untuk "Arti Kode 9898 pada Meteran Listrik"