Biaya Tambah Daya Listrik 1300 ke 2200 VA 2024 (Terbaru)

Apakah Anda berencana untuk menambah daya listrik dari 1300 ke 2200 VA? Udah tahu belum berapa biayanya di tahun 2024 ini? Nah, mimin telah mengulasnya di sini, lengkap dengan prosedurnya.

Gimana kabarnya? Semoga kita semua selalu sehat, di artikel kali ini mimin akan memberi informasi terbaru seputar biaya tambah daya listrik dari 1300 VA ke 2200 VA.

Memang sih, kalau dipikir-pikir, para pemakai listrik 1300 VA lebih baik naik daya saja ke 2200 VA, toh tarif listriknya sama saja, yakni Rp. 1444,70 per kWh.

Biayanya pun tidak mahal-mahal amat kok, biasanya kalau hanya naik satu tingkat gitu, tidak sampai sejuta biaya penyambungannya, paling dikisaran ratusan ribu saja.

Dengan daya 2200 VA, Anda bisa leluasa untuk menambah peralatan listrik baru, misalnya saja ingin memasang AC, maka bisa 1 unit di ukuran 1 PK atau 2 unit AC ukuran setengah PK.

Kalau daya rumahnya hanya 1300 VA, memasang AC 1 PK pasti akan keseringan jeglek listriknya, dayanya kurang kuat untuk dipakai bersamaan dengan peralatan listrik lainnya.

Apalagi, sekarang ini hampir semua pekerjaan rumah sudah memakai listrik; mencuci pakaian, memasak nasi, mengisi toren, bahkan membersihkan debu di lantai pun ada yang menggunakan listrik.

Nah, untuk mengetahui apakah Anda perlu naik daya atau belum, silahkan perhatikan kondisi kelistrikan di rumah Anda, kalau keseringan ngetrip maka berarti Anda sudah harus naik daya.

Jika daya listrik rumah sekarang 1300 VA, maka bisa dinaikkan ke 2200 VA, dijamin tidak akan ngetrip lagi.

Pihak PLN sendiri dengan senang hati melayani pelanggan yang ingin naik daya, bahkan di waktu-waktu tertentu PLN sengaja mengadakan promo khusus tambah daya dengan biaya lebih murah.

Lantas, berapa biaya yang mesti dibayarkan untuk menaikkan daya dari 1300 VA ke 2200 VA di tahun 2024 ini? Seperti apa prosedurnya?

Baiklah, informasi selengkapnya langsung saja simak uraian berikut ini...

Biaya Tambah Daya Listrik 1300 ke 2200 VA 2024

Untuk diketahui, berdasarkan tarif yang berlaku di tahun 2024 ini, biaya tambah (upgrade) daya listrik PLN dari 1300 ke 2200 VA adalah Rp. 843.300.

Biaya ini merupakan biaya penyambungan daya baru 2200 VA, tetapi masih ada tambahan biaya lainnya, seperti: Pajak Penerangan Jalan (PJJ) yang besarannya tergantung daerah, Uang Jaminan Langganan (UJL) untuk pelanggan pascabayar, dan biaya Sertifikat Laik Operasi (SLO).

Mimin sarankan, jika daya lama masih menggunakan meteran pascabayar, sebaiknya langsung beralih ke meteran prabayar di daya yang baru agar bebas dari biaya Uang Jaminan Langganan (UJL).

Sebagai contoh, jika Anda pengguna listrik prabayar (token), bertempat tinggal di Jakarta dan ingin melakukan tambah daya listrik dari 1300 ke 2200 VA, maka rincian dan total biayanya adalah:

  • Biaya penyambungan: Rp. 843.300
  • Pajak Penerangan Jalan (2,4 % x rupiah token dikonversi kWh): Rp. 2.344.
  • Rupiah Token Dikonversi ke kWh: Rp. 97.656.
  • Biaya SLO: Rp. 110.000
  • Total Estimasi: Rp. 1.053.300

    Sementara itu, jika Anda pengguna listrik pascabayar, maka rincian dan total biayanya adalah sebagai berikut:

    • Biaya Penyambungan: Rp. 843.300
    • Uang Jaminan Langganan (UJL): Rp. 135.801
    • Biaya SLO: Rp. 110.000
    • Total Estimasi: Rp. 1.089.101

    Catatan:

    • Perhitungan di atas menggunakan aplikasi resmi milik PLN bernama PLN Mobile.
    • Rupiah token dikonversi ke kWh adalah token listrik perdana yang akan diisikan ke daya listrik baru, pilihannya bebas, pada perhitungan di atas mimin pilih token 100 ribu.
    • Biaya SLO sifatnya tidak wajib, bisa ada atau tidak, tergantung pilihan pelanggan.

    Namun, jika kebutuhan Anda belum terlalu mendesak untuk naik daya, mimin sarankan untuk menunggu program promo tambah daya listrik dari PLN.

    Untuk memperingati hari-hari tertentu, PLN sering membagikan voucher promo tambah daya listrik bagi pelanggan yang ingin menaikkan daya.

    Lumayan, bisa menghemat uang ratusan ribu rupiah, contohnya promo "Nyalakan Kemerdekaan" di bulan Agustus lalu, tambah daya pelanggan hanya dikenakan biaya penyambungan sebesar Rp. 170.845.

    Bahkan, tidak jarang juga, promo tambah daya dari PLN ini tidak dipungut biaya sepeser pun alias gratis.

    Syarat Tambah Daya Listrik 1300 ke 2200 VA

    Untuk melakukan migrasi daya listrik dari 1300 ke 2200 VA, ada beberapa persyaratan yang wajib dipenuhi agar permohonannya bisa disetujui oleh PLN.

    Syaratnya sendiri tidak sulit kok, hanya dibutuhkan beberapa dokumen, antara lain:

    • Fotokopi lembaran rekening listrik terakhir
    • Fotokopi KTP pemohon.
    • Lembar denah lokasi rumah atau bangunan.

    Selain itu tentu saja siapkan biaya tambah daya listrik dengan besaran yang telah disebutkan di atas.

    Setelah semua dokumen persyaratan siap, maka Anda sudah langsung bisa mengajukan permohonan penambahan daya listrik dari 1300 ke 2200 VA kepada PLN.

    Prosedur Tambah Daya Listrik 1300 ke 2200 VA

    Langkah atau prosedur penambahan daya listrik dari 1300 ke 2200 VA bisa dilakukan dengan 2 cara, yaitu secara offline dan online.

    Baiklah, mimin akan jelaskan kedua cara ini:

    1. Tambah Daya Listrik secara Offline

    Langkah-langkah melakukan penambahan daya listrik secara offline, antara lain sebagai berikut:

    • Datanglah ke kantor PLN di kota Anda, langsung saja ke bagian pelayanan pelanggan.
    • Jangan lupa bawa dokumen yang diperlukan (fotokopi rekening terakhir, fotokopi KTP, dan denah lokasi rumah/bangunan).
    • Sampaikan maksud Anda bahwa ingin menaikkan daya dari 1300 ke 2200 VA.
    • Petugas kemudian menyodorkan formulir permohonan tambah daya yang harus diisi dan ditandatangani.
    • Setelah itu, Anda akan langsung diarahkan ke loket pembayaran untuk melunasi biaya perubahan daya listrik.
    • Urusan di kantor PLN sudah selesai, selanjutnya Anda hanya menunggu petugas PLN datang ke rumah melakukan pemasangan daya baru.

    2. Tambah Daya Listrik secara Online

    Tidak hanya secara offline, prosedur tambah daya listrik bisa juga dilakukan secara online dengan bantuan aplikasi PLN Mobile.

    Berikut ini langkah-langkahnya:

    • Download dan instal aplikasi PLN Mobile di Playstore.
    • Masukkan semua data-data pendaftaran yang diminta.
    • Kemudian, klik menu Ubah Daya dan Migrasi.
    • Selanjutnya, scroll ke bawah dan klik Mulai.
    • Masukkan Id Pelanggan, kemudian klik Cari.
    • Maka akan tampil Id Pelanggan tepat di bagian bawahnya, lalu klik Lanjutkan.
    • Akan tampil menu Pilih Titik Lokasi, cari titik lokasi yang akan tambah daya, kemudian klik Lanjutkan.
    • Akan tampil menu Pilih Layanan, selanjutnya Pilih Daya yang dibutuhkan, misalnya 2200 VA.
    • Kemudian, klik Koneksi Untuk, lalu pilih Rumah Pribadi, lalu klik Lanjutkan.
    • Selanjutnya, Pilih Token yang diinginkan, misalnya Rp. 100.000, kemudian klik Lanjutkan.
    • Akan masuk ke menu Isi Data Pelanggan, isilah semua data yang diminta dengan lengkap.
    • Kemudian klik tulisan "Dengan ini Saya menyatakan bahwa permohonan pengajuan ini telah disetujui oleh pemilik persil/bangunan", lalu klik Lanjutkan.
    • Akan masuk ke menu Ringkasan data-data yang telah dimasukkan, selanjutnya klik Kirim Permohonan.
    • Permohonan sudah masuk ke PLN, kemudian akan tampil menu Syarat dan Ketentuan, klik Setuju.
    • Akan tampil pemberitahuan Permohonan Berhasil, klik Ok.
    • Selanjutnya akan masuk ke menu Verifikasi, masukkan kode verifikasi yang dikirimkan oleh PLN ke email atau no hp, lalu klik Kirim.
    • Akan tampil menu Detail Permohonan, perhatikan bagian No. Registrasi, nomor registrasi inilah yang digunakan untuk pembayaran.
    • Kemudian, scroll ke bawah, klik Lanjutkan Pembayaran.
    • Selesai.

    Setelah semua prosesnya selesai termasuk pembayaran, tunggu petugas PLN menghubungi Anda via telepon untuk mengatur rencana pemasangan daya baru 2200 VA.

    Konsekuensi setelah Tambah Daya Listrik

    Penting untuk pelanggan ketahui, mungkin ada beberapa konsekuensi yang bisa saja terjadi setelah melakukan penambahan daya listrik dari 1300 ke 2200 VA, berikut ini di antaranya:

    1. Meteran Diganti ke Prabayar

    Jika selama ini Anda menggunakan meteran lama jenis pascabayar, maka mungkin saja petugas akan melakukan penggantian meteran pada sambungan daya yang baru ke jenis prabayar (token).

    Hal ini merupakan bagian dari kebijakan PLN yang akan memperbaharui semua kWh meter pelanggan dengan smart meter yang lebih canggih dan akurat pengukurannya.

    Namun, kebijakan ini bergantung juga pada persediaan kWh meter prabayar di kota Anda, karena terkadang meteran baru belum tersedia sehingga tidak dilakukan penggantian.

    Kalau menurut Mimin sih, lebih baik diganti saja dengan meteran baru ke jenis prabayar, toh tidak dipungut biaya apa-apa alias gratis, kemudian Anda juga akan terbebas dari biaya beban listrik.

    2. Biaya Beban Listrik Bertambah

    Jika pada proses penyambungan daya baru masih mempertahankan meteran lama (pascabayar), maka berarti biaya beban listrik di rumah Anda akan bertambah.

    Ketika masih menggunakan daya 1300 VA biaya beban listriknya sebesar Rp. 75.124, biaya ini akan bertambah di sambungan daya yang baru 2200 VA menjadi sebesar Rp. 127.134.

    Biaya ini akan berlaku di saat pemakaian listrik Anda di bawah nilai Rekening Minimum (RM) yang ditetapkan oleh PLN.

    Misalnya, rumah Anda sedang kosong selama sebulan penuh dan tidak ada pemakaian listrik, Anda harus tetap membayar tagihan listrik sebesar biaya beban di atas.

    3. Pembayaran Listrik Meningkat

    Setelah melakukan migrasi daya ke 2200 VA, pembayaran atau pembelian listrik mungkin saja meningkat karena adanya perubahan pola pakai, seperti penambahan alat listrik baru.

    Misalnya, sebelum melakukan migrasi daya Anda hanya memakai 1 unit AC, setelah migrasi Anda membeli unit AC yang baru, maka otomatis pemakaian listrik Anda meningkat.

    Kecuali, pola pemakaian listrik Anda tidak berubah atau tidak ada penambahan alat listrik baru, maka pembayaran listriknya akan sama saja karena antara 1300 VA dan 2200 VA tarifnya sama.

    Kesimpulan

    Jadi, berdasarkan tarif yang berlaku di tahun 2024 ini, biaya tambah daya (upgrade) listrik PLN dari 1300 ke 2200 VA adalah sebesar Rp. 843.300.

    Biaya ini merupakan biaya penyambungan dan belum termasuk biaya-biaya lainnya, seperti: Pajak Penerangan Jalan (PPJ), UJL (bagi pelanggan pascabayar), dan biaya Sertifikat Laik Operasi (SLO).

    Baca Juga:

    Demikianlah uraian tentang biaya tambah daya listrik PLN dari 1300 ke 2200 VA tahun 2024, bagikan jika dirasa bermanfaat, terima kasih.

    Posting Komentar untuk "Biaya Tambah Daya Listrik 1300 ke 2200 VA 2024 (Terbaru)"