Genset 30 kVA Berapa Watt? Begini Cara Menghitungnya!

Ada rencana untuk menggunakan genset 30 kVA? Udah tahu belum berapa watt output daya yang dihasilkan? Nah, di sini mimin telah menjelaskannya untuk Anda, yuk disimak.

Gimana kabarnya? Semoga kita semua selalu sehat, di artikel kali ini mimin akan membahas seputar daya listrik yang dihasilkan oleh genset dengan spesifikasi daya 30 kVA.

Mungkin selama ini Anda termasuk orang yang mengira bahwa genset 30 kVA itu adalah genset yang menghasilkan output daya sebesar 30.000 watt.

Wajar, karena dalam teori kelistrikan memang diketahui bahwa 1 VA = 1 watt, jadi 30 kVA pasti sama dengan 30 kW (30.000 watt), banyak yang menjadikan konversi ini sebagai patokan.

Namun, perhitungan kapasitas listrik genset tidak sesederhana itu, ada angka lain yang perlu dimasukkan dalam perhitungan untuk mendapatkan nilai keluaran daya genset yang sebenarnya.

Dengan kata lain, memang ada rumus khusus untuk menghitung output tenaga listrik genset di mana dengan rumus tersebut kita bisa mengetahui daya (dalam satuan watt) dari genset 30 kVA.

Lantas, genset 30 kVA itu sama dengan berapa watt? Baiklah, berikut ini penjelasan lengkapnya...

Rumus Menghitung Output Daya Genset

Untuk menghitung keluaran daya listrik sebenarnya dari sebuah genset, bisa dilakukan dengan menggunakan rumus:

Daya Genset = Daya spesifikasi x 0,8

Keterangan:

  • Daya genset = daya listrik yang dihasilkan genset (watt)
  • Daya spesifikasi = daya yang tertulis pada body genset (kVA)

Mungkin, di antara Anda ada yang bertanya; darimana nilai 0,8 itu? Jadi, 0,8 adalah nilai faktor daya yang memang selalu ada dalam setiap jaringan kelistrikan.

Genset 30 kVA Berapa Watt?

Berdasarkan perhitungan dengan rumus ouput daya genset, bisa ditentukan bahwa daya listrik yang dihasilkan oleh genset 30 kVA adalah 24 kW (24000 watt).

Berikut ini bentuk perhitungannya:

  • Daya genset = daya spesifikasi x 0,8
  • = 30 kVA x 0,8
  • = 24 kVA atau 24 kW (24.000 watt)

Sehingga, jika Anda membeli genset 30 kVA, maka besar daya listrik yang mampu disupply oleh genset tersebut adalah maksimal 24 kW atau 24000 watt.

Genset 30 kVA bisa untuk Apa Saja?

Meskipun, dari perhitungan diketahui bahwa daya maksimal genset 30 kVA adalah 24 kW, tetapi para ahli menyarankan bahwa sebaiknya genset dibebani hanya sampai 70% dari kapasitas maksimalnya.

Artinya, jika keluaran daya genset 30 kVA sebesar 24.000 watt, maka sesuai saran tersebut, sebaiknya dipakai sampai 16.800 watt saja.

Tujuannya adalah untuk menjaga kestabilan tegangan listrik genset yang memang rawan naik turun ketika dibebani secara berlebihan.

Mimin rasa, daya 16.800 watt itu sudah bisa digunakan di perkantoran untuk memenuhi kebutuhan listrik banyak peralatan, seperti; komputer, printer, AC, dan lampu penerangan.

Kesimpulan

Jadi, berdasarkan perhitungan dengan rumus output daya genset, besar daya listrik yang dihasilkan oleh genset 30 kVA adalah 24 kW (24.000 watt).

Baca Juga:

Demikianlah informasi tentang perhitungan daya listrik yang dihasilkan oleh genset 30 kVA, bagikan jika dirasa bermanfaat, terima kasih.

Posting Komentar untuk "Genset 30 kVA Berapa Watt? Begini Cara Menghitungnya!"