Genset 40 kVA Berapa Watt? Begini Cara Menghitungnya!

Apakah Anda berencana untuk membeli genset 40 kVA? Udah tahu belum berapa watt daya listrik yang dihasilkan genset tersebut? Nah, mimin telah menjelaskannya di sini, yuk di simak.

Gimana kabarnya? Semoga kita semua selalu sehat, di artikel kali ini mimin akan membantu Anda untuk menghitung besaran watt yang dihasilkan oleh genset berkapasitas 40 kVA.

Seperti yang kita tahu, kebanyakan kapasitas genset spesifikasinya ditulis dalam satuan kilo Volt Ampere (kVA), namun sebagian orang kurang familiar dengan satuan ini.

Mereka tahunya bahwa daya listrik itu dinyatakan dengan watt, akibatnya sering terjadi salah kaprah dalam membaca kapasitas sebuah genset.

Misalnya, genset 40 kVA, banyak yang mengira bahwa genset ini memiliki daya listrik sebesar 40 kilo Watt (kW) atau 40.000 watt, padahal membaca output daya genset tidak sesederhana ini.

Memang sih, dalam teori kelistrikan 1 VA itu setara dengan 1 Watt, kalau memakai teori ini, maka benar bahwa genset 40 kVA itu sama dengan genset 40 kW.

Tetapi, menentukan output daya listrik real sebuah genset tidak cukup hanya dengan menggunakan teori tersebut karena ada faktor lain yang berpengaruh pada penentuan keluaran listriknya.

Lantas, bagaimana Min cara menentukannya? Gampang, ada rumusnya kok, dengan rumus inilah kita akan menghitung daya listrik sebenarnya dari genset 40 kVA.

Baiklah, langsung saja simak ulasan berikut ini...

Rumus Menghitung Output Daya Genset

Untuk menghitung keluaran daya listrik sebenarnya dari sebuah genset, bisa dilakukan dengan menggunakan rumus:

Daya Genset = Daya spesifikasi x 0,8

Keterangan:

  • Daya genset = daya listrik yang dihasilkan genset (watt)
  • Daya spesifikasi = daya yang tertulis pada body genset (kVA)

Mungkin, di antara Anda ada yang bingung; darimana nilai 0,8 itu? Jadi, 0,8 adalah nilai faktor daya (power factor), yaitu perbandingan antara daya aktif dan daya nyata, rentang nilainya berkisar antara 0 dan 1.

Sengaja ditentukan sebesar 0,8 karena nilai inilah yang selama ini dianggap sebagai faktor aman untuk menghitung kebutuhan daya sebuah instalasi.

Genset 40 kVA Berapa Watt?

Berdasarkan perhitungan dengan rumus ouput daya genset, bisa ditentukan bahwa daya listrik yang dihasilkan oleh genset 40 kVA adalah 32 kW (32.000 watt).

Berikut ini bentuk perhitungannya:

  • Daya genset = daya spesifikasi x 0,8
  • = 40 kVA x 0,8
  • = 32 kVA atau 32 kW (32.000 watt)

Sehingga, jika Anda membeli genset 40 kVA, maka besar daya listrik yang bisa dipakai dari genset tersebut adalah maksimal 32 kW atau 32.000 watt.

Genset 40 kVA bisa untuk Apa Saja?

Meskipun, dari perhitungan diketahui bahwa daya listrik maksimal genset 40 kVA adalah 32 kW, tetapi para ahli menyarankan bahwa sebaiknya genset dibebani hanya sampai 70% dari kapasitas maksimalnya.

Artinya, jika keluaran daya listrik genset 40 kVA sebesar 32.000 watt, maka sesuai saran tersebut, sebaiknya dipakai sampai 22.400 watt saja.

Pembatasan tersebut bertujuan untuk menjaga kestabilan tegangan listrik genset yang memang rawan naik turun ketika dibebani secara berlebihan.

Mimin rasa, daya 22.400 watt itu sudah lumayan cukup digunakan di perkantoran untuk memenuhi kebutuhan listrik berbagai macam peralatan penting kantor, seperti; komputer, printer, AC, dan lampu penerangan.

Kesimpulan

Jadi, berdasarkan perhitungan dengan rumus output daya genset, besar daya listrik yang dihasilkan oleh genset 40 kVA adalah 32 kW (32.000 watt).

Baca Juga:

Demikianlah informasi tentang perhitungan daya listrik yang dihasilkan oleh genset 40 kVA, bagikan jika dirasa bermanfaat, terima kasih.

Posting Komentar untuk "Genset 40 kVA Berapa Watt? Begini Cara Menghitungnya!"