Inilah Genset untuk Rumah 1300 Watt, Pasti Ngangkat!

"Min, di rumah saya daya listriknya 1300 watt, berapa kira-kira kapasitas genset yang cocok?" Beginilah pertanyaan seorang pembaca via inbox, yuk simak penjelasan mimin di sini.

Gimana kabarnya? Semoga kita semua selalu sehat, di artikel kali ini mimin akan berbagi informasi seputar genset sebagai penyedia listrik cadangan di rumah.

Memilih kapasitas genset yang cocok memang kadang gampang-gampang susah, kalau kekecilan maka keluaran listriknya pasti tidak cukup untuk menangani seluruh kebutuhan beban.

Sementara itu, jika kapasitasnya terlalu besar, maka penggunaannya cenderung tidak efisien, akan terjadi pemborosan karena ada sejumlah daya yang akhirnya tidak terpakai.

Padahal, kita tahu bahwa output daya genset berasal dari hasil konversi BBM oleh mesin, sehingga penggunaan genset dengan kapasitas berlebih sama saja dengan pemborosan BBM.

Olehnya itu, penting untuk mencari kapasitas genset yang benar-benar pas, tidak kekecilan atau kebesaran, agar penggunaannya bisa mengcover seluruh kebutuhan, di samping itu tetap efisien.

Dikaitkan dengan pertanyaan pembaca tadi, daya listrik PLN yang terpasang di rumahnya adalah 1300 watt, jika diasumsikan seluruhnya terpakai, maka berarti beban listriknya sebesar 1300 watt.

Nah, karena si pembaca tadi berencana memakai genset, maka ia harus memilih genset dengan kapasitas yang mampu membawa seluruh beban listrik tersebut.

Kalau begitu, genset kapasitas berapakah yang cocok dipakai oleh rumah dengan beban listrik 1300 watt?

Untuk mengetahuinya, langsung saja simak ulasan berikut ini...

Genset untuk Rumah 1300 Watt

Idealnya, rumah dengan beban listrik 1300 watt, kapasitas genset yang sebaiknya digunakan adalah 2 kali lebih besar dari beban tersebut, sehingga paling cocok memakai genset 2600 watt.

Oleh karena genset 2600 watt tidak ada dipasaran, maka bisa turun sedikit ke genset 2500 watt, jangan naik ke genset 3000 watt karena hitungannya jadi tidak efisien.

Dengan genset 2500 Watt, bisa dijamin semua kebutuhan listrik di dalam rumah 1300 Watt akan tercover dengan baik ketika terjadi pemadaman listrik PLN.

Kebanyakan genset 2500 watt memiliki konsumsi BBM sekitar 1,1 s.d. 1,4 liter setiap jamnya, dengan kapasitas tangki sebesar 12 liter, maka berarti genset sanggup menyediakan listrik selama 7 - 8 jam.

Mimin rasa rentang waktu tersebut sudah lumayan cukup karena rata-rata pemadaman listrik PLN terjadi selama 3 - 4 jam, jadi tidak sampai menghabiskan isi tangki, listrik PLN telah menyala kembali.

Bagaimana dengan genset 2000 watt? Sebenarnya, secara hitungan genset 2000 watt sudah cukup kuat mengangkat beban rumah 1300 Watt.

Namun, karena konsumsi BBM antara genset 2000 Watt dan genset 2500 watt tidak berbeda jauh (100 - 200 ml), maka sebaiknya memakai genset 2500 Watt saja.

Baca: Konsumsi BBM Genset 2000 Watt

Di samping itu ada manfaat lainnya juga, yaitu terkait dengan kestabilan tegangan listrik yang dikeluarkan genset.

Penting diketahui, semakin dekat nilai beban ke kapasitas maksimal genset, semakin rawan terjadi ketidakstabilan output tegangan, hal ini berbahaya bagi seluruh peralatan listrik yang terhubung ke genset.

Menurut study dari para ahli, beban pengoperasian ideal sebuah genset berada pada rentang 50 - 60% dari kapasitas maksimalnya, lebih dari ini maka tegangan rawan drop.

Tampaknya, pemilihan genset kita sudah sesuai dengan study tersebut karena beban 1300 watt berarti 52% dari kapasitas genset 2500 watt.

Jenis Genset yang Cocok

Untuk penggunaan di rumah, mimin selalu menyarankan untuk memilih genset silent karena tingkat kebisingannya jauh lebih rendah daripada genset open.

Sebagai informasi, intensitas suara genset jenis open berada pada kisaran 70 s.d. 75 dB, sedangkan suara genset silent berada pada intensitas 60 s.d. 65 dB.

Faktor suara ini penting untuk diperhatikan, terlebih lagi jika rumahnya terletak di lingkungan padat, maka tingkat kebisingan harus ditekan seminimal mungkin agar tidak mengganggu tetangga sekitar.

Ada banyak merk genset di pasaran yang menyediakan produk genset 2500 watt jenis silent, kalau Anda tidak mau pusing soal kualitas, langsung saja beli genset silent 2500 watt dari merk-merk ternama.

Hanya saja, kualitas itu akan selalu berbanding lurus dengan harga, sehingga produk genset dari merk ternama biasanya dijual dengan harga lebih tinggi dari produk lainnya.

Menurut mimin sih, tidak ada salahnya mengeluarkan uang lebih untuk mendapatkan kualitas terbaik, toh genset tersebut akan digunakan sendiri di rumah.

Kesimpulan

Jadi, pilihan ideal genset untuk rumah tangga berdaya listrik 1300 watt adalah genset dengan kapasitas daya 2 kali lebih besar dari daya rumah tersebut, sehingga cocoknya memakai genset 2500 watt.

Demikianlah informasi tentang genset untuk rumah 1300 watt, bagikan jika dirasa bermanfaat, terima kasih.

Posting Komentar untuk "Inilah Genset untuk Rumah 1300 Watt, Pasti Ngangkat!"