Inilah Genset untuk Rumah 2200 Watt, Pasti Kuat!

Semakin banyak orang yang tertarik menggunakan genset di rumahnya, kira-kira untuk rumah berdaya listrik 2200 watt, berapakah kapasitas genset yang cocok? Yuk, simak ulasannya di sini.

Gimana kabarnya? Semoga kita semua selalu sehat, di artikel kali ini mimin akan membantu Anda dalam menentukan kapasitas genset untuk penggunaan rumah tangga, khususnya pada rumah dengan daya listrik PLN 2200 watt.

Jika dulunya, kita sering melihat genset hanya dipakai di kawasan bisnis atau perkantoran, maka sekarang pemakaian genset mulai digandrungi oleh para pengguna rumahan.

Semuanya tidak terlepas dari meningkatnya rasa kebergantungan orang-orang terhadap berbagai jenis peralatan listrik dalam menyelesaikan pekerjaan rumah.

Kita sebut saja beberapa di antaranya; mencuci pakaian, mengisi bak mandi, membersihkan kotoran/debu, bahkan sampai memasak nasi pun harus menggunakan listrik.

Akibatnya, ketika listrik PLN padam, semua aktivitas tersebut langsung berhenti, apalagi jika padam listriknya terjadi selama berjam-jam, maka akan membuat pusing seisi rumah.

Olehnya itu, dibutuhkan pasokan listrik cadangan agar semua aktivitas tersebut bisa berjalan kembali dan penggunaan genset memang merupakan pilihan yang paling tepat.

Rasanya, belum ada yang sebaik genset dalam hal penyediaan listrik cadangan, memakai genset sama artinya dengan memiliki pembangkit listrik sendiri di rumah.

Hanya saja harus dicari kapasitas genset yang sesuai agar mampu mengcover seluruh kebutuhan listrik di dalam rumah.

Lantas, untuk rumah dengan daya listrik PLN 2200 watt, berapa kapasitas genset yang mesti disiapkan?

Nah, untuk mengetahuinya, langsung saja simak ulasan berikut ini...

Genset untuk Rumah 2200 Watt

Idealnya, rumah dengan daya listrik 2200 watt, kapasitas genset yang sebaiknya digunakan adalah 1,5 - 2 kali lebih besar dari ukuran daya listrik rumah tersebut, sehingga cocoknya memakai genset 4000 watt.

Dengan genset 4000 Watt, maka dijamin semua kebutuhan listrik di dalam rumah 2200 Watt akan tercover dengan baik ketika terjadi pemadaman listrik PLN.

Kebanyakan genset 4000 watt memiliki konsumsi BBM sekitar 1,2 s.d. 1,5 liter setiap jamnya, dengan kapasitas tangki sebesar 10 liter, maka berarti genset sanggup menyediakan listrik selama 6 - 7 jam.

Mimin rasa rentang waktu tersebut sudah lumayan cukup karena rata-rata pemadaman listrik PLN terjadi selama 3 - 4 jam, jadi tidak sampai menghabiskan isi tangki, listrik PLN telah menyala kembali.

Bagaimana dengan genset 3000 watt? Sebenarnya, genset 3000 watt boleh saja digunakan pada rumah 2200 watt, hanya saja beban listrik rumah terlalu mepet dengan kapasitas maksimal genset (70%).

Penting diketahui, semakin dekat nilai beban ke kapasitas maksimal genset, semakin rawan terjadi ketidakstabilan output tegangan, hal ini berbahaya bagi seluruh peralatan listrik yang terhubung ke genset.

Menurut study dari para ahli, beban pengoperasian ideal sebuah genset berada pada rentang 50 - 60% dari kapasitas maksimalnya, lebih dari ini maka tegangan rawan drop.

Baca: Konsumsi BBM Genset 2000 Watt

Tampaknya, pemilihan genset kita sudah sesuai dengan study tersebut karena beban 2200 watt berarti 55% dari kapasitas genset 4000 watt.

Tetapi, kalau memang budget Anda terbatas pada genset 3000 watt, tidak apa-apa untuk membeli ini saja, tetapi Anda harus batasi beban listrik yang akan disambungkan ke genset.

Jenis Genset yang Cocok

Untuk penggunaan di rumah, mimin menyarankan untuk membeli genset silent karena tingkat kebisingannya jauh lebih rendah daripada genset open.

Sebagai informasi, intensitas suara genset jenis open berada pada kisaran 70 s.d. 75 dB, sedangkan suara genset silent berada pada intensitas 60 s.d. 65 dB.

Faktor suara ini penting untuk diperhatikan, apalagi kalau rumahnya terletak di lingkungan padat, maka tingkat kebisingan harus ditekan sekecil mungkin agar tidak mengganggu tetangga sekitar.

Ada banyak merk genset di pasaran yang menyediakan produk genset 4000 watt jenis silent, kalau Anda tidak mau pusing soal kualitas, langsung saja beli genset silent 4000 watt dari merk-merk ternama.

Hanya saja, kualitas itu akan selalu berbanding lurus dengan harga, sehingga produk genset dari merk ternama biasanya dijual dengan harga lebih tinggi dari produk lainnya.

Menurut mimin sih, tidak ada salahnya mengeluarkan uang lebih untuk mendapatkan kualitas terbaik, toh genset tersebut akan digunakan sendiri di rumah.

Kesimpulan

Jadi, pilihan ideal genset untuk rumah tangga berdaya listrik 2200 watt adalah genset dengan kapasitas daya 2 kali lebih besar dari daya rumah tersebut, sehingga cocoknya memakai genset 4000 watt.

Demikianlah informasi tentang genset untuk rumah 2200 watt, bagikan jika dirasa bermanfaat, terima kasih.

Posting Komentar untuk "Inilah Genset untuk Rumah 2200 Watt, Pasti Kuat!"