Kode Menghemat Pulsa Listrik 900 Watt, Begini Faktanya!

Anda yang membaca artikel ini pasti sedang mencari informasi mengenai kode menghemat pulsa listrik 900 watt. Apakah kode tersebut benar-benar ada? Mari kita bongkar faktanya di sini.

Gimana kabarnya? Semoga kita semua selalu sehat, di artikel kali ini mimin akan berbagi informasi yang cukup viral mengenai kode menghemat token/pulsa listrik 900 watt.

Mimin tertarik untuk mengulas ini karena beberapa hari yang lalu seorang pembaca via inbox menanyakan tentang ini: "Min, apa sih kode yang harus dimasukkan ke meteran agar tidak boros listrik?".

Mimin tidak langsung jawab, tetapi nanya balik: "Meterannya berapa watt? Kok bisa boros?". Ia menjawab: "900 watt, gak tahu nih min, terasa boros pakainya".

Si pembaca pun melanjutkan bahwa ia pernah membaca informasi terkait adanya kode-kode tertentu yang diketikkan ke meteran listrik token agar pemakaiannya bisa lebih hemat.

Ternyata ini alasan dari pertanyaannya, mimin bisa pahami karena informasi tersebut memang sudah beredar sejak lama, kebanyakan di media sosial seperti facebook dan twitter.

Bahkan, tidak jarang juga disertai dengan cerita-cerita keberhasilan menghemat pemakaian listrik token setelah memasukkan kode tersebut.

Pertanyaannya, apakah memang benar kode penghemat pulsa listrik itu ada? Kalau memang ada, bagaimana cara mendapatkannya?

Baiklah, supaya lebih jelas, langsung saja simak uraian berikut ini...

Kode Menghemat Pulsa Listrik 900 Watt

Faktanya, tidak benar bahwa terdapat kode penghemat pulsa atau token listrik 900 watt, sehingga informasi yang beredar mengenai kode tersebut adalah hoax atau palsu belaka, PLN juga sudah pernah menegaskannya ke publik.

Sebagaimana yang pernah di lansir oleh media, M. Ikhsan Asaad selaku General Manager PLN UID Jakarta Raya menjelaskan bahwa kode yang beredar itu bukan untuk menghemat pulsa listrik pelanggan.

Namun, kode untuk mengetahui tegangan listrik hingga jumlah kWh yang sudah digunakan pelanggan.

Jadi, tidak usah lagi mencari keberadaan kode tersebut, apalagi cara menggunakannya, karena pada kenyataannya kode penghemat listrik itu memang tidak ada.

Lantas, bagaimana Min dengan pengakuan orang-orang yang katanya berhasil menggunakan kode itu? Mimin tegaskan itu hanya pengakuan palsu saja.

Kalau pun benar pemakaian listriknya turun, tetapi itu tidak disebabkan oleh kode tersebut, melainkan karena ada perubahan pada pola pemakaian, mungkin ia mengurangi peralatan listriknya.

Bisa saja, kebetulan setelah orang itu memasukkan kode ke meteran, di saat bersamaan terjadi perubahan pemakaian listrik, persediaan kWh-nya bertahan lama dan dikiranya karena kode tersebut.

Perubahan pola pakai listrik berupa pengurangan peralatan sudah pasti akan menurunkan jumlah pemakaian kWh, tidak perlu kode untuk melakukan ini.

Bukan Kode, Ini Cara Menghemat Pulsa Listrik yang Benar

Sebagaimana yang diuraikan sebelumnya, menghemat pulsa atau token listrik 900 watt itu bukan dengan kode, tetapi dengan cara mengatur peralatan dan pola pemakaian listrik di dalam rumah.

Berikut ini beberapa hal yang bisa Anda coba:

1. Memilih Peralatan Hemat Listrik

Begini cara pemilihannya:

  • Lampu, pilih yang berteknologi LED, rendah watt tetapi kecerahannya lumayan setara dengan lampu watt tinggi non LED.
  • Televisi, gunakan TV LED, meskipun harganya lebih mahal tetapi rendah watt.
  • Kulkas dan Mesin Cuci, gunakan yang berteknologi inverter sehingga konsumsi listriknya lebih efisien.
  • Setrika, dispenser, dan rice cooker, pilih merk dengan watt paling kecil agar tidak terlalu boros listrik.

2. Selalu Mematikan Alat yang Tidak Terpakai

Peralatan rumah tangga yang seringkali tidak disadari membuat penggunaan listrik kita boros adalah lampu, televisi, dan kipas angin.

Alat-alat ini kadang aktif atau menyala tetapi sebenarnya tidak sedang dibutuhkan sehingga berakibat pada listrik yang hanya terbuang percuma.

Misalnya saja lampu ruang tamu atau dapur tidak dimatikan sampai pagi, televisi terus menyala meskipun tidak ada yang menonton, dan kipas angin berputar padahal tidak ada orang di ruangan.

Kondisi di atas biasanya berlangsung berjam-jam, coba bayangkan berapa watt listrik yang terbuang percuma?

Apalagi jika terjadi setiap hari, maka wajar saja tagihan listrik jadi membengkak.

Olehnya itu, selalu disiplin memperhatikan penggunaan alat-alat ini, matikan jika tidak terpakai agar listrik tidak terbuang sia-sia.

3. Memaksimalkan Penggunaan Mesin Cuci

Mesin cuci terkenal sebagai peralatan dengan kebutuhan daya yang cukup tinggi, kebanyakan berada pada kisaran ratusan watt.

Oleh karena itu, Anda harus pintar-pintar memaksimalkan fungsinya agar kinerjanya sebanding dengan biaya listrik yang mesti dikeluarkan.

Caranya dengan mencuci hanya di saat kapasitas maksimalnya terpenuhi agar tidak terlalu keseringan menggunakan mesin cuci.

Baca Juga:

Sebab, sering terjadi pakaian hanya beberapa lembar saja tetapi dimasukkan ke dalam mesin untuk dicuci berakibat pada penggunaan listrik yang tidak efisien.

Cara paling tepat adalah tunggu sampai pakaian kotor bertumpuk setara dengan kapasitas maksimal mesin cuci.

Misalnya, jika kapasitas mesin cuci Anda 7 kilogram, maka tunggu sampai pakaian kotor benar-benar cukup 7 kilogram baru kemudian dicuci.

4. Gunakan Desain Ventilasi Udara yang Baik

Desain ventilasi udara rumah yang baik akan membuat rumah selalu adem dan sejuk sepanjang hari hanya dengan menggunakan pendingin alami, yaitu angin.

Kontribusinya terhadap penghematan listrik lumayan efektif karena rumah tidak perlu lagi menggunakan AC tetapi cukup dengan kipas angin saja.

Kipas anginnya pun biasanya akan jarang digunakan kalau ventilasinya baik, hanya akan berputar ketika cuaca benar-benar sangat panas.

5. Manfaatkan Penerangan Alami

Terkadang, ada rumah yang meskipun siang hari lampunya tetap menyala, biasanya pada ruangan dapur dan kamar mandi.

Hal ini tentu saja sangat boros listrik, padahal harusnya siang hari itu tidak perlu menyalakan lampu, manfaatkan penerangan alami cahaya matahari saja.

Untuk melakukannya, Anda bisa menggunakan atap tembus cahaya, tidak usah banyak-banyak, cukup selembar saja agar cahaya matahari bisa masuk, aplikasikan di area dapur.

Lumayan, bisa menghemat pemakaian listrik sekian watt.

Setelah melakukan kelima hal di atas, mimin jamin pemakaian pulsa atau token listrik Anda langsung berkurang, jumlah persediaan kWh di meteran pasti akan bertahan lebih lama.

Kalau masih boros juga, berarti ada masalah dengan kelistrikan Anda dan bisa jadi ini penyebabnya: Penyebab Listrik Boros.

Kesimpulan

Jadi, tidak benar bahwa terdapat kode penghemat pulsa atau token listrik 900 watt, sehingga informasi yang beredar mengenai kode tersebut adalah hoax atau palsu belaka.

Akhir kata, semoga tidak ada lagi yang menganggap benar kode tersebut, bagikan artikel ini jika dirasa bermanfaat, terima kasih.

Posting Komentar untuk "Kode Menghemat Pulsa Listrik 900 Watt, Begini Faktanya!"