Kode Menghemat Token Listrik 1300 VA, Begini Faktanya

Apakah Anda sedang mencari kode penghemat token listrik 1300 VA? Yakin bahwa kode tersebut benar-benar ada? Mimin telah mengulas fakta sebenarnya di sini, yuk disimak.

Gimana kabarnya? Semoga kita semua selalu sehat, di artikel kali ini Mimin akan mengupas sebuah informasi yang cukup viral di masyarakat tentang kode penghemat token listrik 1300 VA.

Anda yang lagi membaca artikel ini mungkin saja sedang mencari sebuah kode yang diharapkan bisa menghemat pemakaian token listrik 1300 VA di rumah.

Wajar, karena memang informasi mengenai adanya kode tersebut sudah cukup lama beredar di masyarakat dan kebanyakan orang memperolehnya di media sosial, seperti facebook dan twitter.

Tidak sedikit yang percaya bahwa kode penghemat token benar-benar ada, apalagi setelah membaca cerita orang-orang yang mengaku berhasil menghemat pemakaian listriknya dengan kode tersebut.

Akibatnya, banyak orang yang ikut-ikutan mencari kode tersebut dan berharap bisa menemukannya untuk menghemat pemakaian token listrik 1300 VA di rumah.

Pertanyaannya, apakah kode penghemat token listrik itu benar-benar ada? Kalau memang ada, seperti apa bentuk kodenya dan bagaimana cara memasukkannya?

Nah, untuk mengetahuinya, langsung saja simak uraian berikut ini...

Kode Menghemat Token Listrik 1300 VA

Untuk diketahui, kode penghemat token listrik 1300 VA itu tidak ada, sehingga segala informasi yang beredar mengenai kode tersebut adalah hoax atau palsu belaka.

PLN juga sudah pernah menegaskannya ke publik bahwa kode yang beredar itu bukan untuk menghemat pulsa listrik, tetapi kode untuk mengetahui tegangan listrik hingga jumlah kWh yang sudah digunakan pelanggan.

Di wawancarai oleh Media, M. Ikhsan Asaad selaku General Manager PLN UID Jakarta Raya mengatakan tidak ada cara lain untuk menghemat token listrik selain menghemat pemakaian.

Jadi, Mimin sarankan Anda segera berhenti mencari keberadaaan kode tersebut, karena memang tidak pernah ada, jangan terpengaruh oleh hoax yang beredar di media sosial.

Lantas, bagaimana Min dengan orang yang mengaku berhasil menggunakan kode tersebut? Mungkin orang tersebut memang sengaja menyebarkan informasi salah atau menyesatkan.

Hal ini sering terjadi di media sosial, di mana orang-orang seringkali menyebarkan informasi yang tidak benar dengan tujuan untuk menarik perhatian atau memperoleh keuntungan.

Maka dari itu, selalu penting untuk memverifikasi kebenaran informasi yang didapat, jangan langsung mempercayainya, apalagi membagikannya kepada orang lain.

Ketika Anda mendapatkan informasi serupa, sebaiknya langsung saja menghubungi PLN, bisa melalui call center atau media sosial untuk memastikan kebenaran informasi tersebut.

Lagian, menghemat token listrik 1300 VA itu bukan dengan kode, tetapi mengatur pola pemakaian listrik di rumah, di bawah ini mimin akan jelaskan lebih lanjut...

Cara Menghemat Pemakaian Token Listrik 1300 VA

Sebagaimana yang telah diuraikan, tidak ada kode penghemat listrik 1300 VA, tetapi cara terbaik untuk menghemat pemakaian token listrik adalah dengan mengatur pola pemakaian listrik.

Berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda lakukan di rumah untuk menghemat pemakaian token listrik 1300 VA:

1. Matikan Lampu dan Peralatan Elektronik yang Tidak Digunakan

Mematikan lampu dan peralatan elektronik yang tidak digunakan akan berpengaruh nyata terhadap penghematan token listrik berupa pengurangan jumlah pemakaian kWh.

Jika tidak dimatikan maka lampu dan peralatan elektronik tersebut akan terus mengonsumsi listrik, sejumlah kWh hanya terpakai sia-sia karena sebenarnya alat-alat tersebut sedang tidak digunakan.

Hal ini merupakan pemborosan yang dapat menyebabkan token listrik Anda lebih cepat habis dan membuat Anda harus mengisi token lebih sering.

Selain itu, kebiasaan tidak mematikan lampu dan peralatan elektronik yang tidak digunakan juga dapat mempercepat penurunan kualitas peralatan karena terus bekerja tanpa istirahat.

Akibatnya, lampu dan peralatan elektronik tersebut akan mengalami kerusakan lebih cepat dan perlu lebih sering diganti, artinya harus mengeluarkan biaya tambahan lagi.

Jadi, mematikan lampu dan peralatan elektronik yang tidak digunakan bukan hanya penting untuk menghemat token listrik, tetapi juga memperpanjang masa pakai peralatan tersebut.

2. Gunakan Lampu dan Peralatan Hemat Listrik

Anda juga bisa menghemat pemakaian token listrik 1300 VA dengan menggunakan lampu dan peralatan yang hemat listrik, misalnya lampu LED dan peralatan rendah watt.

Lampu LED adalah salah satu cara efektif untuk menghemat token listrik di rumah karena lampu ini memiliki efisiensi yang lebih tinggi dibandingkan dengan biasa.

Diketahui, lampu LED dapat menghemat pemakaian listrik hingga 75% dibandingkan lampu biasa, selain itu lampu ini juga memiliki umur yang panjang, sehingga Anda tidak perlu sering mengganti lampu di rumah.

Sementara itu, menggunakan peralatan elektronik rendah watt juga terbukti dapat menekan jumlah pemakaian token listrik.

Seperti yang kita tahu, peralatan seperti televisi, komputer, dan peralatan elektronik lainnya dapat memakan banyak listrik, terutama jika digunakan secara terus-menerus.

Dengan menggunakan peralatan elektronik rendah watt, Anda dapat menghemat pemakaian listrik hingga 50% setiap bulannya.

Jadi, tunggu apa lagi, segera gunakan lampu LED dan peralatan elektronik rendah watt di rumah Anda.

3. Memaksimalkan Penggunaan Mesin Cuci

Mesin cuci terkenal sebagai peralatan dengan kebutuhan daya yang cukup tinggi, kebanyakan berada pada kisaran ratusan watt.

Oleh karena itu, Anda harus pintar-pintar memaksimalkan fungsinya agar kinerjanya sebanding dengan biaya listrik yang mesti dikeluarkan.

Caranya dengan mencuci hanya di saat kapasitas maksimalnya terpenuhi agar tidak terlalu keseringan menggunakan mesin cuci.

Baca Juga:

Sebab, sering terjadi pakaian hanya beberapa lembar saja tetapi dimasukkan ke dalam mesin untuk dicuci berakibat pada penggunaan listrik yang tidak efisien.

Cara paling tepat adalah tunggu sampai pakaian kotor bertumpuk setara dengan kapasitas maksimal mesin cuci.

Misalnya, jika kapasitas mesin cuci Anda 8 kilogram, maka tunggu sampai pakaian kotor benar-benar cukup 8 kilogram baru kemudian dicuci.

4. Gunakan Desain Ventilasi Udara yang Baik

Desain ventilasi udara rumah yang baik akan membuat rumah selalu adem dan sejuk sepanjang hari hanya dengan menggunakan pendingin alami, yaitu angin.

Kontribusinya terhadap penghematan listrik lumayan efektif karena rumah tidak perlu lagi menggunakan AC tetapi cukup dengan kipas angin saja.

Kipas anginnya pun biasanya akan jarang digunakan kalau ventilasinya baik, hanya akan berputar ketika cuaca benar-benar sangat panas.

Dengan cara ini maka Anda akan menghemat token listrik 1300 VA di rumah Anda.

5. Manfaatkan Penerangan Alami

Terkadang, ada rumah yang meskipun siang hari lampunya tetap menyala, biasanya pada ruangan dapur dan kamar mandi.

Hal ini tentu saja sangat boros listrik, padahal harusnya siang hari itu tidak perlu menyalakan lampu, manfaatkan penerangan alami cahaya matahari saja.

Untuk melakukannya, Anda bisa menggunakan atap tembus cahaya, tidak usah banyak-banyak, cukup selembar saja agar cahaya matahari bisa masuk, aplikasikan di area dapur.

Lumayan, bisa menghemat pemakaian listrik sekian watt.

Setelah melakukan kelima hal di atas, mimin jamin pemakaian pulsa atau token listrik Anda langsung berkurang, jumlah persediaan kWh di meteran pasti akan bertahan lebih lama.

Kalau masih boros juga, berarti ada masalah dengan kelistrikan Anda dan bisa jadi ini penyebabnya: Penyebab Listrik Boros.

Kesimpulan

Jadi, tidak benar bahwa terdapat kode penghemat pulsa atau token listrik 1300 watt, sehingga informasi yang beredar mengenai kode tersebut adalah hoax atau palsu belaka.

Akhir kata, semoga tidak ada lagi yang menganggap benar kode tersebut, bagikan artikel ini jika dirasa bermanfaat, terima kasih.

Posting Komentar untuk "Kode Menghemat Token Listrik 1300 VA, Begini Faktanya"