Tarif Listrik per kWh 450 Watt 2024 (Terbaru)

Apakah Anda pengguna listrik PLN 450 watt? Udah tahu belum berapa harga/tarif per kWh-nya di tahun 2024 ini? Nah, mimin telah mengulasnya secara lengkap di sini, yuk disimak.

Gimana kabarnya? Semoga kita semua selalu sehat, di artikel kali ini mimin akan melakukan update informasi seputar tarif atau harga listrik PLN tiap kWh untuk daya 450 VA di tahun 2024 ini.

Seperti yang kita tahu, daya 450 VA adalah golongan daya listrik terendah milik PLN dan tercatat sebagai kelompok daya penerima subsidi dari pemerintah.

Makanya, jangan heran jika tarif listrik 450 VA per kWh jauh lebih murah dibandingkan golongan daya lainnya karena memang daya ini diperuntukkan bagi masyarakat kurang mampu di seluruh Indonesia.

Sejauh ini, harga listrik 450 VA per kWh cukup stabil, karena setiap ada kenaikan listrik, golongan daya yang satu ini tidak ikut naik, perubahan tarif hanya dialami oleh daya di atasnya.

Mungkin, ini salah satu bentuk komitmen dari pemerintah untuk membantu masyarakat kurang mampu dengan cara tetap mempertahankan tarif dasar listriknya.

Lantas, berapa tarif listrik 450 VA per kWh di tahun 2024 ini? Baiklah, langsung saja simak ulasan berikut ini...

Tarif Listrik per kWh 450 VA Tahun 2024

Untuk diketahui, berdasarkan ketentuan PLN yang masih berlaku di tahun 2024 ini, listrik 450 VA tidak termasuk golongan yang dikenai tarif adjustment, sehingga harga listriknya tetap Rp. 415 per kWh.

Apa itu tarif adjustment? Menurut situs resmi PLN, tarif adjustment adalah:

Mekanisme mengubah dan menetapkan turun naiknya besaran tarif listrik mengikuti perubahan besarnya faktor ekonomi mikro, agar tarif yang dikenakan kepada konsumen mendekati Biaya Pokok Penyediaan Listrik (BPP).

Jadi, inilah alasannya mengapa sehingga tarif listrik 450 VA per kWh selalu tetap setiap tahunnya karena memang golongan daya ini tidak diikutkan dalam mekanisme turun naiknya tarif listrik.

Sejauh yang bisa mimin lacak, harga listrik 450 VA tersebut telah berlaku sejak tahun 2014 yang ditetapkan melalui Permen ESDM dan harganya belum berubah sampai sekarang.

Meskipun harga listriknya murah, namun bukan berarti listrik 450 VA bisa digunakan seenaknya saja, pengguna diharapkan untuk memakainya secara bijak agar subsidi listrik tidak terbuang percuma.

Untuk mengantisipasi terjadi pemborosan, maka ditetapkan batas pemakaian maksimal (limit kWh) untuk listrik 450 VA setiap bulannya.

Mengenai batas tersebut, informasinya bisa dibaca di sini: Batas Maksimal Pemakaian Listrik 450 Watt.

Kesimpulan

Jadi, berdasarkan ketentuan PLN yang masih berlaku di tahun 2024 ini, listrik 450 VA tidak termasuk golongan yang dikenai tarif adjustment, sehingga harga listriknya tetap Rp. 415 per kWh.

Baca Juga:

Demikianlah informasi tentang tarif listrik per kWh 450 Watt 2024, bagikan jika dirasa bermanfaat, terima kasih.

Posting Komentar untuk "Tarif Listrik per kWh 450 Watt 2024 (Terbaru)"