UPS 600VA Tahan Berapa Lama? Segini Waktunya!

Apakah Anda sedang mencari UPS kapasitas 600VA? Udah tahu belum sampai berapa lama daya UPS ini bertahan saat terjadi mati lampu? Nah, Mimin telah menjelaskannya di sini, yuk disimak.

Gimana kabarnya? Semoga kita semua selalu sehat, di artikel kali ini mimin akan mengulas lama backup daya listrik dari UPS (Uninterruptible Power Supply) dengan kapasitas 600VA.

Seperti yang kita tahu, kapasitas UPS yang beredar di pasaran bisa berbeda-beda, ada UPS dengan kapasitas kecil seperti 300VA, sedang 500 - 600VA, hingga yang besar seperti 1000VA atau 2000VA.

Daya tahan dari masing-masing UPS tersebut dalam menyuplai listrik ke perangkat yang terhubung tentu akan berbeda-beda pula, semakin besar kapasitasnya maka semakin lama UPS dapat menyalurkan listrik.

Selain itu, lama suplai listrik UPS ditentukan pula oleh besar daya dari perangkat yang terhubung, semakin besar dayanya maka semakin cepat pula daya cadangan UPS akan habis.

Olehnya itu, saat memilih UPS, kita perlu memperhatikan kapasitas sesuai dengan kebutuhan listrik dari perangkat yang akan terhubung ke UPS.

Jika perangkat memiliki daya yang tinggi, maka kita perlu memilih UPS dengan kapasitas yang lebih besar untuk dapat menjamin kelangsungan suplai listrik yang cukup lama.

Lantas, kalau kapasitas UPS-nya sebesar 600VA, sampai berapa lama daya cadangannya bertahan?

Baiklah, langsung saja simak uraian berikut ini...

Lama Backup UPS 600VA

Untuk diketahui, lama backup yang bisa diberikan oleh UPS dengan kapasitas 600VA tergantung pada besarnya beban listrik yang harus ditanggung.

Sebagai contoh, jika UPS digunakan untuk menyuplai daya listrik perangkat PC (150 watt), maka lama backup yang bisa dicapai adalah sekitar 10 - 15 menit.

Namun, perlu diingat bahwa lama backup ini akan bervariasi karena bergantung pula pada faktor-faktor lain, seperti merk UPS dan kualitas baterainya.

Umumnya, merk-merk UPS sekarang telah menggunakan baterai dengan kualitas yang cukup baik, sehingga lama backup yang diharapkan telah sesuai dengan perhitungan beban.

Jika Anda membutuhkan waktu backup yang lebih lama, maka Mimin bisa sarankan untuk melakukan ekspansi baterai (battery expansion) pada UPS.

Hal ini akan memperpanjang waktu operasi UPS, tergantung pada kapasitas baterai tambahan yang Anda tambahkan.

Sebagai catatan, sebaiknya selalu memastikan bahwa UPS Anda memiliki daya yang cukup untuk menangani beban listrik yang terhubung agar terhindar dari kerusakan perangkat.

Kesimpulan

Jadi, lama backup dari UPS dengan kapasitas 600VA tergantung pada besarnya beban listrik yang harus ditanggung.

Sebagai contoh, jika UPS digunakan untuk menyuplai daya listrik perangkat PC (150 watt), maka waktu backup yang bisa dicapai adalah sekitar 7 - 10 menit.

Baca Juga:

Demikianlah informasi tentang lama backup listrik dari UPS 600 VA, bagikan jika dirasa bermanfaat, terima kasih.

Posting Komentar untuk "UPS 600VA Tahan Berapa Lama? Segini Waktunya!"