Apakah Mesin Cuci Boros Listrik? Mari Kita Ukur

Banyak yang tertarik menggunakan mesin cuci, tetapi mereka masih ragu mengenai konsumsi listriknya. Yuk mari kita hitung pemakaian listrik mesin cuci untuk mengetahui boros atau tidaknya alat ini.

Gimana kabarnya? Semoga kita semua selalu sehat, di artikel kali ini Mimin akan mengulas seputar boros atau tidaknya pemakaian listrik sebuah mesin cuci.

Tidak bisa dipungkiri, mesin cuci merupakan salah satu peralatan listrik rumah tangga yang lumayan membantu pekerjaan rumah.

Bagaimana tidak, dengan alat ini kita tidak perlu lagi melakukan aktivitas mencuci pakaian secara manual yang sangat melelahkan itu.

Mimin sendiri telah menjadikan mesin cuci sebagai peralatan yang wajib ada di dalam rumah, mesin cuci yang Mimin pakai sekarang ini adalah mesin cuci ketiga selama berumah tangga.

Jadi, soal pemakaian listrik mesin cuci, Mimin bisa berbicara banyak karena telah menjadi pemakai mesin cuci bertahun-tahun lamanya.

Secara umum, dalam menilai pemakaian listrik suatu produk, apakah ia boros listrik atau tidak, tentu harus ada yang dijadikan patokan.

Dalam hal ini, Mimin rasa total konsumsi watt listrik ketika beroperasi dan impact yang diberikan, bisa menjadi patokan yang ideal.

Pertanyaannya kemudian, berapa kisaran pemakaian watt listrik yang dikategorikan hemat dan berapa watt yang dikategorikan boros?

Jawabannya tentu saja akan berbeda-beda karena setiap orang punya penilaian tersendiri.

Namun, Mimin lebih suka menerapkan pengukuran langsung agar didapatkan penilaian objektif mengenai boros atau tidaknya sebuah mesin cuci.

Untuk lebih jelasnya, langsung saja simak uraian berikut ini...

Mengukur Pemakaian Listrik Mesin Cuci

Faktanya, konsumsi listrik mesin cuci cenderung berubah-ubah saat bekerja memproses cucian, di mana setiap pola/mode dan siklus pencucian memperlihatkan nilai penggunaan daya yang berbeda.

Hal ini didasarkan pada hasil pengukuran langsung menggunakan alat power watt meter yang dapat mengukur konsumsi listrik mesin cuci secara real time.

Berikut ini adalah gambar dari alat power watt meter:

Pada percobaan pengukuran kali ini, Mimin menggunakan mesin cuci di rumah, yaitu mesin cuci otomatis merk LG tipe front loading kapasitas 8,5 kg yang telah dilengkapi dengan mode pencucian air panas.

Sebelum memulai pengukuran, Mimin melakukan konfigurasi alat terlebih dahulu dengan susunan: stop kontak utama >> watt meter >> colokan mesin cuci.

Mesin cuci dibebani pakaian sekitar 8 kg menggunakan mode pencucian Mixed Fabric (non water heat), berikut ini hasil pengukurannya:

  • Mesin cuci mengisi air = 70 - 80 watt
  • Mode wash = 108 watt
  • Mode spin 1200 RPM = 300 - 400 watt

Total listrik yang dikonsumsi selama 82 menit pencucian adalah 0,4 kWh atau setara dengan Rp. 576, jika dihitung menggunakan tarif listrik 1300 VA (Rp. 1444,70/kWh).

Kalau menggunakan air panas, berapa Min listriknya? Mimin sempat mencobanya, tetapi listrik jeglek.

Dari sini, ketahuan pula bahwa ternyata daya listrik rumah 1300 VA tidak cukup untuk menjalankan mode pencucian air panas, sepertinya butuh daya 2200 VA ke atas.

Apakah Mesin Cuci Boros Listrik?

Sekarang, mari kita gunakan hasil pengukuran di atas untuk menjawab pertanyaan utama kita dalam artikel ini tentang boros atau tidaknya konsumsi listrik mesin cuci.

Dari hasil pengukuran yang didapatkan, Mimin berani berpendapat bahwa konsumsi listrik mesin cuci tidaklah boros, bahkan sangat hemat.

Coba bayangkan, dengan beban sekitar 8 kg dan proses pencucian selama 82 menit, mesin cuci hanya mengonsumsi listrik sebesar 0,4 kWh.

Jika dikonversi ke dalam rupiah, maka biaya konsumsi listriknya adalah Rp. 576 (dihitung berdasarkan tarif 1300 VA).

Bandingkan saat pakaian tersebut dibawa ke laundry, pakaian 8 kg itu akan dikenakan biaya sekitar Rp. 40.000 (tarif laundry Rp. 5.000/kg).

Penutup

Jadi, tidak usah ragu menggunakan mesin cuci sebab konsumsi listriknya tidaklah boros seperti yang ditakutkan. Justru sebaliknya, sangat hemat yaitu hanya 0,4 kWh untuk sekali pencucian.

Demikianlah penjelasan tentang boros atau tidaknya penggunaan listrik mesin cuci, bagikan jika dirasa bermanfaat, terima kasih.

Baca Juga:

Posting Komentar untuk "Apakah Mesin Cuci Boros Listrik? Mari Kita Ukur"