5+ Cara Membedakan Blender Philips Asli dan Palsu

Ada rencana untuk membeli blender Philips? Hati-hati, pastikan blender Philips yang Anda beli itu asli, bukan yang palsu. Yuk, pelajari cara membedakannya di sini.

Gimana kabarnya? Semoga kita semua selalu sehat, di artikel kali ini Mimin akan berbagi informasi seputar cara membedakan blender Philips asli dan palsu.

Memangnya ada blender Philips palsu? Eits, mungkin Anda sedikit tidak percaya, tetapi faktanya sudah banyak yang menjadi korban akibat peredaran blender Philips tiruan atau kw.

Baru-baru ini, Mimin membaca curhatan seorang emak-emak di Facebook yang telah tertipu oleh seorang penjual keliling yang sedang menjajakan blender Philips yang ternyata palsu.

Ia tidak menaruh curiga sedikit pun, di tambah lagi selama ini ia memang belum pernah mendengar informasi adanya blender Philips palsu.

Menurutnya, si penjual mengaku bahwa blender yang ia jajakan itu berasal dari toko dan ia bertugas untuk menjualnya ke masyarakat.

Dari segi tampilan, baik dari kemasan maupun unit blender, semuanya tampak meyakinkan dengan tulisan Philips yang menandakan bahwa blender tersebut memang merk Philips.

Bahkan, si penjual ini sempat melakukan pengetesan atau demo penggunaan di depan si emak dan semuanya berfungsi normal.

Karena tergoda dengan nama besar Philips, si emak pun langsung saja mengiyakan tawaran si penjual dan membeli unit blender yang dibawanya.

Akhirnya, kepalsuan ini terbongkar setelah seminggu pemakaian. Kecurigaan si emak bermula ketika mendapati tulisan Philips pada body blender mengelupas.

Namun, saat itu ia masih berpikiran positif dan menganggap bahwa hal itu mungkin suatu kebetulan saja, toh blender tetap berfungsi baik.

Akan tetapi, beberapa hari setelahnya, blender mengeluarkan bau aneh ketika dipakai, seperti bau sesuatu yang terbakar.

Body blender juga terasa sangat panas, padahal hanya dipakai beberapa menit saja, hingga pada akhirnya blender tersebut benar-benar mati total.

Di sinilah ia mulai yakin bahwa blender Philips yang dibelinya itu palsu, masa iya baru dipakai seminggu tulisannya sudah mengelupas dan mati total.

Nah, bagaimana caranya agar kita terhindar dari kejadian yang dialami si emak tersebut? Solusinya tentu saja kita harus tahu membedakan mana blender Philips asli dan mana yang palsu.

Baiklah, berikut ini Mimin uraikan cara membedakannya...

Cara Membedakan Blender Philips Asli dan Palsu

Harus diakui, kebanyakan ibu-ibu memang rawan menjadi korban penipuan blender Philips palsu akibat minimnya pengetahuan tentang cara membedakannya dengan blender Philips asli.

Hal ini terjadi karena si penipu sering kali menggunakan teknik pemasaran yang dapat mengelabui pembeli, seperti mempercantik tampilan kemasan, body unit blender, dan menyertakan dokumen palsu sebagai bukti keaslian produk.

Selain itu, para penipu juga sering menggunakan harga yang terlihat lebih murah dibandingkan harga blender Philips asli untuk menambah ketertarikan calon pembeli.

Meskipun begitu, tetap ada celah bagi kita untuk mengetahui apakah blender Philips yang dijual itu asli atau palsu, antara lain:

1. Periksa Tulisan pada Body

Setiap blender Philips pasti memiliki tulisan "PHILIPS" pada body sisi depan blender sebagai identitas merk dari unit blender.

Nah, tulisan "PHILIPS" tersebut bisa menjadi salah satu cara untuk membedakan blender Philips asli dengan blender Philips palsu.

Tulisannya memang gampang dipalsukan, tetapi tidak dengan kualitas cetakannya di mana tulisan pada blender Philips asli tidak mudah terkelupas atau luntur.

Jadi, ketika Anda membeli blender Philips, coba gosok-gosok tulisan "PHILIPS" itu dengan jari tangan atau kuku, jika bertahan/tidak mengelupas, maka bisa diyakini blender tersebut asli.

Namun, jika tulisan "PHILIPS"-nya mengelupas, maka besar kemungkinan blender tersebut palsu.

2. Dengar Suara Mesinnya

Selain pemeriksaan tulisan pada body, blender Philips asli juga bisa dibedakan dengan yang palsu melalui suara mesinnya.

Blender Philips asli dicirikan oleh suara mesinnya yang halus, tidak bising, dan minim getaran ketika dihidupkan.

Sedangkan, pada blender Philips palsu, suaranya mesinnya terdengar kasar dan bising, serta menimbulkan getaran yang lebih terasa.

Kualitas mesin ini pasti tidak bisa ditiru oleh pemalsu produk sehingga sangat ampuh menjadi faktor pembeda antara blender Philips asli dan palsu.

3. Periksa Tombol-tombolnya

Produk elektronik berkualitas itu gampang dikenali hanya dengan menekan tombol-tombolnya, misalnya pada blender Philips asli, tombol pengaturannya sangat kokoh dan responsif.

Sedangkan, pada kebanyakan produk palsu, pencetan tombolnya terkesan ringkih dan terkadang harus ditekan berulang kali untuk berfungsi (tidak responsif).

Kualitas tombol pengaturan ini tidak akan bisa ditiru oleh pemalsu produk sehingga bisa dijadikan sebagai faktor pembeda antara blender Philips asli dan palsu.

4. Periksa Kualitas Material Body

Blender Philips itu dikenal awet atau tahan lama meski telah dipakai bertahun-tahun karena didukung oleh penggunaan material body yang memang berkualitas.

Itulah sebabnya mengapa sehingga kebanyakan blender Philips memiliki bobot yang sedikit lebih berat dibandingkan merk-merk lainnya.

Hal ini menandakan bahwa blender Philips tersusun dari material-material padat atau solid untuk menjaganya agar tidak mudah rusak/pecah.

Jadi, ketika Anda sedang membeli blender Philips dan mendapati bodynya jauh dari kesan kokoh atau terasa ringkih dipegang, maka kemungkinan besar blender tersebut Philips palsu.

5. Bandingkan Harganya

Meskipun lemah, tetapi harga juga bisa menjadi faktor pembantu dalam menilai produk blender yang akan Anda beli itu, Philips asli atau palsu.

Jika Anda akan membelinya secara offline (toko atau penjual keliling), maka coba bandingkan harganya dengan yang dijual di official resmi, di marketplace online biasanya ada.

Kalau harga yang ditawarkan penjual offline lebih mahal, maka bisa diyakini bahwa blender Philips tersebut asli.

Namun, jika harganya terlalu murah, apalagi sampai selisih ratusan ribu rupiah, maka lebih baik untuk tidak membelinya karena patut diragukan keasliannya.

Kesimpulan

Jadi, ada 5 (lima) cara untuk membedakan suatu produk blender itu, Philips asli atau palsu, antara lain:

  1. Periksa tulisan pada body.
  2. Dengar suara mesinnya.
  3. Periksa tombol-tombolnya.
  4. Periksa kualitas material penyusun body, dan
  5. Bandingkan harganya.

Dengan kelima cara di atas, semoga Anda terhindar dari penipuan produk blender Philips palsu. Demikianlah informasi kali ini, bagikan jika dirasa bermanfaat, terima kasih.

Posting Komentar untuk "5+ Cara Membedakan Blender Philips Asli dan Palsu"