Begini Cara Mengecek Tegangan Listrik Rumah (Mudah)

Penting bagi kita mengetahui nilai tegangan listrik rumah untuk memastikan semua peralatan listrik mendapatkan tegangan yang dibutuhkan. Yuk, pelajari di sini cara mengeceknya.

Gimana kabarnya? Semoga kita semua selalu sehat, di artikel kali ini Mimin akan berbagi pengetahuan seputar cara mengecek nilai tegangan listrik rumah.

Besar tegangan listrik PLN yang masuk ke rumah, normalnya berada pada rentang nilai 220 s.d. 230 volt, dan kebanyakan peralatan listrik memang bekerja pada tegangan tersebut.

Namun, karena sebab tertentu, tegangan listrik rumah kadang berada pada kondisi yang tidak stabil di mana nilainya berada jauh di bawah atau di atas nilai tegangan listrik PLN normal.

Suatu rumah dianggap sedang mengalami low voltage saat tegangan listriknya berada di bawah nilai yang diketahui itu, dan dianggap over voltage saat melebihi.

Hal ini jelas tidak baik bagi seluruh peralatan listrik di dalam rumah, kinerjanya akan terganggu bahkan bisa rusak karena tidak mendapatkan tegangan listrik yang dibutuhkan.

Kondisi tegangan listrik yang tidak stabil itu kebanyakan terjadi tanpa disadari, seringkali semuanya tampak normal-normal saja, padahal telah mengancam keberlangsungan peralatan listrik kita.

Anda mungkin pernah mengalami peralatan listrik yang tiba-tiba rusak padahal pemakaiannya normal-normal saja? Nah, bisa jadi gara-gara listrik tidak stabil penyebabnya.

Olehnya itu, penting untuk melakukan pemeriksaan tegangan listrik rumah secara berkala sehingga bisa cepat terdeteksi ketika terjadi keadaan low atau over voltage.

Lantas, bagaimana cara mengecek tegangan listrik rumah? Tenang saja, Mimin telah menjelaskannya secara lengkap di sini.

Baiklah, langsung saja simak uraian berikut ini...

Cara Mengecek Tegangan Listrik Rumah

Bagi Anda pengguna listrik PLN prabayar (token), pengecekan tegangan listrik sangatlah mudah, bahkan bisa dilakukan tanpa alat karena nilai tegangan listrik dapat dilihat pada panel kWh meter.

Caranya adalah dengan menekan kode-kode tertentu pada keypad meteran listrik + enter, maka nilai tegangan listrik rumah akan langsung muncul pada display.

Hanya saja, kode cek tegangan listrik ini biasanya berbeda-beda di setiap merk kWh meter prabayar, misalnya pada meteran token merk ITRON, kode cek tegangan listriknya adalah 41 + Enter.

Sementara, untuk meteran listrik prabayar (token) merk yang lain, kode cek tegangan listriknya antara lain:

  • kWh meter merk STAR, kode cek tegangan listriknya: 04 + Enter
  • kWh meter merk HEXING, kode cek tegangan listriknya: 807 + Enter
  • kWh meter merk GLOMET, kode cek tegangan listriknya: 41 + Enter

Lantas, bagaimana Min cara cek tegangan listrik rumah dengan meteran listrik pascabayar? Jadi, pada meteran listrik pascabayar, kita harus menggunakan alat ukur untuk mengecek tegangan listriknya.

Alat ukur yang dipakai adalah multimeter, cara pakainya sendiri sangat mudah kok, apalagi yang versi digital di mana hasil pengukuran tegangannya langsung tampil dalam bentuk angka.

Baiklah, berikut ini langkah-langkah pengukuran tegangan listrik rumah pascabayar dengan multimeter digital:

  • Siapkan multimeter digital, lengkap dengan probenya (merah dan hitam).
  • Jangan lupa untuk mengatur multimeter ke pengukuran tegangan listrik AC (V).
  • Pergi ke stop kontak rumah.
  • Masukkan probe merah ke salah satu lubang stop kontak dan probe hitam ke lubang yang kedua.
  • Lihat angka yang tampil pada display multimeter, segitulah nilai tegangan listrik rumah.

Gimana, sangat mudah bukan? Kepada pengguna meteran listrik pascabayar, Mimin sarankan untuk mempunyai multimeter digital di rumah agar bisa melakukan pengecekan tegangan listrik secara berkala.

Bagaimana Jika Tegangan Listrik Rumah Tidak Normal?

Setelah mengecek tegangan listrik rumah, dan ternyata nilainya jauh dari tegangan listrik PLN normal (low/over voltage), berarti harus segera dilakukan tindakan penormalan.

Untuk tujuan ini, kita mesti membuat pengaduan kepada pihak PLN karena tindakan penormalan tersebut adalah kewenangan dari petugas PLN.

Cara pengaduannya sangat mudah, tidak perlu datang langsung ke kantor PLN, tetapi bisa dilakukan via telepon di nomor call center PLN (kode area) 123.

Berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Hubungi petugas PLN di nomor (kode area) 123, misalnya Anda yang berada di Jakarta tekan nomor (021) 123.
  2. Setelah terhubung, ceritakan masalah tegangan listrik rumah Anda yang tidak stabil (sebutkan nilainya).
  3. Petugas akan segera mencatat keluhan Anda.
  4. Biasanya PLN akan meminta nomor ID meteran/pelanggan Anda dan nomor telepon yang dapat dihubungi.
  5. Kemudian, tunggu sampai ada petugas PLN yang menelpon di nomor yang diberikan tadi.
  6. Terakhir, PLN akan mengirimkan petugas ke rumah Anda untuk melakukan perbaikan.

Penutup

Oleh karena nilai tegangan listrik menjadi sesuatu yang penting untuk diperhatikan, sebaiknya lakukan pengecekan secara berkala agar bisa segera terdeteksi ketika terjadi ketidaknormalan.

Anda bisa melakukannya sekali tiap bulan demi menjaga keberlangsungan peralatan listrik Anda di rumah.

Demikianlah informasi tentang cara mengecek tegangan listrik rumah, bagikan jika dirasa bermanfaat, terima kasih.

Baca Juga:

Posting Komentar untuk "Begini Cara Mengecek Tegangan Listrik Rumah (Mudah)"