Kedalaman Grounding Listrik Menurut Ahli

Grounding listrik dibuat dengan menancapkan batang elektrode masuk ke tanah. Pertanyaannya, berapa kedalaman yang dibutuhkan untuk mendapatkan grounding yang ideal? Simak penjelasannya di sini.

Gimana kabarnya? Semoga kita semua selalu sehat, di artikel kali ini Mimin akan berbagi pengetahuan seputar kedalaman elektrode grounding listrik di dalam tanah.

Seperti yang kita tahu, grounding atau arde merupakan sistem pengaman instalasi listrik, berfungsi untuk meminimalkan potensi bahaya dari kebocoran arus listrik.

Dalam penerapannya, grounding listrik dibuat dengan menancapkan batang elektrode ke dalam tanah, karena itulah grounding disebut juga dengan pentanahan atau pembumian.

Arus listrik yang tidak diinginkan akan dibuang ke tanah melalui batang elektrode yang bersentuhan langsung dengannya.

Efektifitas pembuangan listrik tersebut salah satunya dipengaruhi oleh kedalaman elektrode yang masuk ke tanah.

Itulah sebabnya sering menjadi pertanyaan harus seberapa dalam batang elektrode dimasukkan ke tanah untuk mendapatkan sistem grounding yang ideal.

Untungnya saja, PUIL (Persyaratan Umum Instalasi Listrik) telah menyediakan standar nilai resistivitas grounding yang bisa dijadikan acuan dalam pembuatan grounding.

Lantas, berapa kedalaman grounding listrik yang dibutuhkan agar grounding berfungsi secara efektif?

Baiklah, untuk mengetahuinya, langsung saja simak penjelasan berikut ini...

Kedalaman Grounding Listrik

Para ahli kelistrikan menjelaskan bahwa kedalaman batang elektrode grounding listrik yang masuk ke tanah, menentukan nilai resistivitas sistem grounding.

PUIL sendiri menetapkan bahwa sistem grounding telah dianggap baik jika resistivitas atau tahanan jenisnya tidak lebih dari 5 Ω⋅m, yang diukur menggunakan alat Earth Tester.

Hasil penelitian Nita Nurdiana, dkk (2019) menunjukkan bahwa: semakin dalam elektrode ditanamkan maka akan semakin kecil nilai resistivitas grounding listrik yang dicapai.

Penting diingat bahwa nilai kedalaman grounding listrik ini akan berbeda-beda bergantung pada jenis tanahnya, sehingga untuk mengetahui berapa kedalaman yang dibutuhkan, maka perhatikan juga jenis tanahnya.

Misalnya, untuk mencapai nilai resistivitas yang dipersyaratkan oleh PUIL (≤ 5 Ω⋅m), maka dibutuhkan kedalaman grounding minimal 2 meter pada tanah pasir.

Kesimpulan

Jadi, kedalaman grounding listrik akan berbeda-beda bergantung pada jenis tanahnya, misalnya pada tanah pasir dibutuhkan kedalaman minimal 2 meter untuk mendapatkan sistem grounding terbaik (resistivitas ≤ 5 Ω⋅m).

Demikianlah penjelasan tentang kedalaman grounding listrik menurut ahli, bagikan jika dirasa bermanfaat, terima kasih.

Baca Juga:

Posting Komentar untuk "Kedalaman Grounding Listrik Menurut Ahli"