Listrik 1300 VA Berapa Watt? Begini Cara Menghitungnya!

Tahukah Anda listrik 1300 VA itu sama dengan berapa watt? Ada kok cara menghitungnya, Mimin telah menjelaskannya secara lengkap di sini, yuk disimak.

Gimana kabarnya? Semoga kita semua selalu sehat, di artikel kali ini Mimin akan berbagi pengetahuan seputar cara mengubah Volt Ampere (VA) menjadi watt.

Seperti yang kita tahu, daya listrik PLN yang masuk ke rumah seringkali dinyatakan dalam satuan VA, sementara kebanyakan masyarakat lebih familiar dengan satuan watt.

Dalam teori kelistrikan, keduanya memiliki nilai yang setara di mana 1 VA itu sama dengan 1 watt, artinya 1300 VA itu sama dengan 1300 watt.

Meskipun teorinya demikian, tetapi dalam hal perhitungan daya listrik rumah, cara konversinya tidak bisa langsung seperti itu.

Nilai 1300 VA itu harus diperhitungkan dulu dengan sebuah besaran lain, di mana hasil perhitungan inilah yang akan diubah ke dalam satuan watt.

Hal ini penting diketahui agar kita dapat mengukur dan mengontrol pemakaian listrik seluruh peralatan rumah berdasarkan daya yang tersedia.

Jadi, sebenarnya daya listrik PLN 1300 VA itu sama dengan berapa watt?

Baiklah, untuk mengetahuinya, langsung saja simak penjelasan berikut ini...

Rumus Mengubah VA ke Watt

Untuk mengubah VA ke watt, maka kita harus mengalikan nilai daya dalam VA dengan faktor daya atau power factor (PF), sehingga berlaku rumus umum:

Daya Watt = Daya VA x PF

Nilai PF sendiri cenderung berubah-ubah karena dipengaruhi oleh jenis beban peralatan (induktif/resistif), tetapi nilainya akan selalu berada di dalam rentang 0 s.d. 1.

Oleh karena berubah-ubah setiap waktu, maka ditetapkan nilai PF rata-rata sebesar 0,8.

Cara Mengubah 1300 VA ke Watt

Sekarang, kita gunakan rumus di atas untuk mengubah 1300 VA ke dalam watt, berikut ini bentuk perhitungannya:

  • Daya Watt = 1300 VA x 0,8
  • = 1040 watt

Jadi, daya listrik 1300 VA itu sama dengan 1040 watt ketika dihitung menggunakan nilai faktor daya (PF) sebesar 0,8.

Artinya, jika daya listrik rumah Anda sebesar 1300 VA, maka sebenarnya maksimal daya yang bisa dipakai peralatan adalah 1040 watt, disebut juga daya aktif.

Peralatan listrik di rumah Anda harus menyesuaikan dengan besar daya aktif tersebut, penggunaan daya keseluruhannya jangan sampai melebihi daya aktif.

Kebanyakan kasus trip/jeglek pada meteran disebabkan oleh pemakaian daya yang melebihi daya aktif.

Para ahli menyarankan bahwa sebaiknya beban listrik peralatan jangan melebih 90% daya aktif rumah untuk menghindari kejadian drop tegangan.

Baca ini untuk mengetahui tegangan listrik rumah: Cara Mengecek Tegangan Listrik Rumah.

Jika dirasa memang daya aktif rumah 1300 VA tidak mencukupi kebutuhan listrik seluruh peralatan, maka berarti Anda harus segera naik daya, misalnya ke 2200 VA.

Segini biayanya: Biaya Tambah Daya Listrik 1300 ke 2200 VA

Kesimpulan

Jadi, daya listrik 1300 VA itu sama dengan 1040 watt ketika dihitung menggunakan nilai faktor daya (PF) sebesar 0,8.

Demikianlah penjelasan tentang cara mengubah daya 1300 VA ke dalam watt, bagikan jika dirasa bermanfaat, terima kasih.

Posting Komentar untuk "Listrik 1300 VA Berapa Watt? Begini Cara Menghitungnya!"