MCB Bunyi saat AC Nyala? Bahaya, Segera Atasi

Apakah MCB meteran listrik Anda berbunyi saat AC dinyalakan? Ini termasuk bahaya lho, tetapi Anda tidak perlu panik, di sini Mimin telah menjelaskan cara mengatasinya, yuk disimak.

Gimana kabarnya? Semoga kita semua selalu sehat, di artikel kali ini Mimin akan berbagi pengalaman dalam mengatasi MCB meteran listrik yang berbunyi saat AC dinyalakan.

Jadi, seminggu yang lalu Mimin diminta tolongin oleh teman untuk mengecek kondisi MCB meteran listrik di rumahnya.

Katanya, setiap kali AC dinyalakan, MCB meteran listriknya selalu berbunyi. Tetapi, setelah AC dimatikan, bunyi tersebut langsung hilang.

Setelah mendengar ceritanya, Mimin pun langsung mengecek MCB yang dimaksud dan memang, kondisinya sesuai dengan yang diceritakan.

Selain itu, ternyata MCB ini juga terasa sangat panas ketika disentuh. Mimin kemudian mencoba mematikan AC, dan panas MCB berangsung-angsur berkurang.

Sampai di sini, Mimin sedikit mendapatkan gambaran tentang masalah yang terjadi pada MCB ini.

Kalau begitu, apa penyebab MCB berbunyi saat AC dinyalakan? Bagaimana cara mengatasinya?

Baiklah, untuk lebih jelasnya, langsung saja simak uraian berikut ini...

Penyebab MCB Bunyi saat AC Nyala

Untuk diketahui, MCB yang berbunyi saat AC dinyalakan seringkali disebabkan oleh terjadinya beban tinggi pada MCB dan bisa juga karena kerusakan komponen internal MCB.

Baiklah, mari kita bahas satu per satu penyebab tersebut:

1. Beban Tinggi pada MCB

Beban tinggi merupakan salah satu hal yang patut dicurigai ketika MCB berbunyi saat AC dinyalakan, mengingat AC adalah peralatan listrik yang memiliki beban yang cukup tinggi.

Apalagi, saat AC dinyalakan bersamaan dengan peralatan listrik lainnya, maka beban listrik yang ditanggung oleh MCB menjadi semakin besar.

Penting diketahui, MCB memiliki batas daya yang dapat ditanggung sesuai dengan ukurannya, jika daya yang melewatinya sangat tinggi, misalnya mendekati batas maksimalnya, maka akan berpengaruh pada kondisi MCB.

2. Kerusakan Komponen Internal MCB

Bunyi pada MCB bisa juga disebabkan karena terjadinya kerusakan pada komponen internal MCB, seperti ada kabel atau plat yang kendor.

Di dalam sebuah MCB, terdapat platina kontak yang rawan kotor atau longgar mengakibatkan koneksi arus terganggu.

Hal inilah yang seringkali memicu terjadinya percikan api di dalam MCB, yang disertai bunyi "kretek-kretek" dan panas berlebih.

Kerusakan inilah yang Mimin curigai sebagai penyebab bunyi MCB milik teman Mimin di atas, apalagi body MCB terasa sangat panas ketika disentuh.

Bahaya MCB yang Berbunyi

Kebanyakan MCB yang berbunyi disertai dengan panas berlebih yang bisa dideteksi dengan menyentuh body MCB.

Jika panasnya terus berlanjut, maka body MCB rawan meleleh atau bahkan terbakar yang ditakutkan memicu kebakaran yang lebih besar.

Telah banyak kejadian di mana kebakaran rumah terjadi berawal dari MCB yang bermasalah.

Olehnya itu, sangat penting untuk segera memperbaiki MCB yang berbunyi atau mengalami panas berlebih untuk menghindari kejadian tersebut.

Cara Mengatasi MCB yang Berbunyi

Jika MCB yang bunyi adalah MCB di bawah meteran listrik, maka untuk mengatasinya harus dengan melaporkannya ke pihak PLN.

Karena, MCB yang ada di meteran listrik itu adalah MCB PLN sehingga hanya pihak PLN yang berwenang untuk memperbaikinya.

Jangan coba-coba untuk memperbaikinya sendiri karena tindakan tersebut dikategorikan sebagai pelanggaran dan ada sanksinya.

Cara melapornya sangat mudah kok, tidak perlu datang ke kantor PLN, tetapi bisa dilakukan via telpon dengan menghubungi nomor layanan PLN.

Berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Hubungi petugas PLN di nomor (kode area) 123, misalnya jika Anda berada di Jakarta tekan nomor (021) 123.
  2. Setelah terhubung, segera ceritakan permasalahan bunyi pada MCB Anda.
  3. Petugas akan segera mencatat keluhan Anda.
  4. Biasanya PLN akan meminta nomor ID meteran/pelanggan Anda dan nomor telepon yang dapat dihubungi.
  5. Kemudian, tunggu sampai ada petugas PLN yang menelpon di nomor yang diberikan tadi.
  6. Terakhir, PLN akan mengirim petugas ke rumah Anda untuk mengecek kondisi MCB.

Gimana, sangat mudah bukan? Berdasarkan pengalaman, untuk kasus bunyi pada MCB, biasanya petugas PLN langsung menggantinya dengan MCB baru.

Jadi, jangan perbaiki sendiri yah tetapi lapor PLN, jika Anda nekat memperbaikinya sendiri, maka ada sanksinya: Sanksi Mengganti MCB Sendiri.

Kesimpulan

Jadi, MCB yang berbunyi saat AC dinyalakan seringkali disebabkan oleh terjadinya beban tinggi pada MCB dan bisa juga karena kerusakan komponen internal MCB. Untuk mengatasinya, harus dengan melaporkannya ke pihak PLN karena hanya PLN yang berwenang.

Demikianlah informasi tentang penyebab dan cara mengatasi MCB yang berbunyi saat AC dinyalakan, bagikan jika dirasa bermanfaat, terima kasih.

Posting Komentar untuk "MCB Bunyi saat AC Nyala? Bahaya, Segera Atasi"