MCB C16 Berapa Watt? Ini Penjelasannya

Ada rencana untuk membeli MCB listrik C16? Udah tahu belum berapa watt daya yang dibatasi oleh MCB ini? Nah, Mimin telah menguraikan spesifikasi lengkapnya di sini, yuk disimak.

Gimana kabarnya? Semoga kita semua selalu sehat, di artikel kali ini Mimin akan berbagi informasi seputar besaran daya listrik yang dibatasi oleh MCB C16.

Seperti yang kita tahu, MCB adalah komponen listrik yang berfungsi untuk membatasi besar arus atau daya yang mengalir pada suatu instalasi kelistrikan.

Karena fungsinya itu, terdapat berbagai jenis ukuran MCB listrik di pasaran untuk menyesuaikan dengan batas arus atau daya yang dikehendaki.

Contohnya saja, MCB C16 di mana MCB ini memiliki spesifikasi tertentu dalam hal kapasitas arus dan daya yang dapat diproteksi.

Sebenarnya, kita bisa mengetahui spesifikasi tersebut dengan melihat kode huruf dan angka pada bodynya, yaitu huruf "C" dan angka "16".

Baiklah, untuk lebih jelasnya, langsung saja simak uraian berikut ini...

Spesifikasi MCB C16

Untuk diketahui, MCB C16 adalah MCB 16 Ampere dengan kemampuan batasan daya sebesar 3500 watt (VA).

Kode C pada MCB ini menginformasikan tentang kurva trip (tripping curve) dari MCB yang berada pada rentang 5 hingga 10 kali dari nilai kemampuan arusnya.

Penting diketahui bahwa MCB C16 bukanlah standar MCB milik PLN, karena pada umumnya MCB milik PLN itu menggunakan kode CL, bukan kode C.

Baca di sini: Perbedaan MCB PLN dan Toko.

Jadi, jangan pernah memasangnya untuk menggantikan MCB resmi milik PLN, MCB ini hanya boleh dipasang sebagai MCB pembantu atau MCB pembagi grup daya.

Lagipula, tindakan mengganti MCB PLN diketegorikan sebagai pelanggaran yang bisa berakibat pada jatuhnya sanksi atau denda. Baca di sini: Denda Mengganti MCB PLN.

Kesimpulan

Jadi, MCB C16 adalah MCB 16 Ampere dengan kemampuan batasan daya sebesar 3500 watt (VA).

Demikianlah informasi tentang spesifikasi MCB C16, bagikan jika dirasa bermanfaat, terima kasih.

Baca Juga:

Posting Komentar untuk "MCB C16 Berapa Watt? Ini Penjelasannya"