MCB Listrik Sering Turun? Segera Lakukan Ini!

Apakah MCB listrik rumah Anda sering turun? Udah tahu belum apa penyebabnya? Gak usah bingung, Mimin telah menjelaskannya di sini lengkap dengan cara mengatasinya, yuk di simak.

Gimana kabarnya? Semoga kita semua selalu sehat, di artikel kali ini Mimin akan berbagi pengalaman dalam mengatasi MCB listrik rumah yang sering turun.

Beberapa hari yang lalu Mimin diminta tolongin oleh tetangga untuk mengecek kondisi kelistrikan di rumahnya yang sering padam karena MCB listrik turun terus.

Si tetangga mengatakan bahwa kejadian tersebut selalu terulang meski tuas MCB telah dinaikkan kembali, tetapi tidak lama kemudian MCB pasti akan turun lagi.

Seperti yang kita tahu, kejadian turunnya tuas MCB listrik disebut dengan trip atau jeglek, dan memang mekanisme ini merupakan bagian dari fungsi MCB sebagai pengaman instalasi listrik.

Ketika listrik rumah mengalami gangguan, seperti beban berlebih atau korsleting (hubung singkat), maka gangguan tersebut akan direspon oleh MCB dengan mematikan seluruh listrik rumah (trip/jeglek).

Jadi, sebenarnya turunnya MCB merupakan bagian dari mekanisme pengamanan instalasi listrik yang diaktifkan oleh MCB untuk menghindari kerusakan lebih lanjut pada instalasi.

Olehnya itu, penyebab turunnya MCB bisa dicari dengan memeriksa keseluruhan jaringan listrik rumah, jangan-jangan memang terjadi masalah pada instalasi listrik.

Baiklah, berikut ini Mimin jelaskan lebih lanjut...

Penyebab MCB Listrik sering Turun

Untuk diketahui, MCB listrik yang sering turun (trip/jeglek), umumnya disebabkan oleh pemakaian beban listrik yang terlalu tinggi atau melebihi batas daya yang dapat ditanggung MCB.

Selain itu, MCB juga bisa turun karena terjadi gangguan instalasi listrik, seperti korsleting (hubung singkat) pada kabel atau pada komponen internal peralatan listrik.

Namun, apabila semua dirasa normal-normal saja, tetapi MCB tetap turun juga, maka berarti memang MCB listrik telah rusak dan harus segera diganti.

Baiklah, mari kita bahas satu per satu penyebab-penyebab tersebut:

1. Beban Listrik Melebihi Batas

Penyebab paling umum dari turunnya MCB listrik adalah pemakaian beban listrik yang terlalu tinggi atau melebihi batasan daya yang mampu ditanggung oleh MCB.

Hal ini dapat terjadi jika terdapat peralatan atau mesin yang menggunakan daya listrik besar di rumah, seperti AC atau kompor listrik, yang menyebabkan beban listrik meningkat secara tiba-tiba.

Perlu diingat bahwa MCB listrik itu berfungsi sebagai pembatas daya, dengan alat inilah PLN mengatur besaran daya yang masuk ke rumah-rumah pelanggan.

Jika batasan dayanya terlampaui, maka tuas MCB akan langsung turun atau jeglek dan kejadian ini akan berlangsung terus selama beban listrik belum dikurangi.

2. Terjadinya Korsleting pada Kabel

Selain pemakaian daya berlebih, turunnya MCB listrik sering juga disebabkan oleh terjadinya korsleting atau hubung singkat pada kabel instalasi listrik.

Korsleting terjadi ketika kabel fasa dan netral saling bersentuhan akibat terbukanya selubung pelindung (isolator) masing-masing kabel.

Pemicunya kebanyakan karena panas yang membuat selubung tersebut meleleh atau terbakar.

Korsleting rawan terjadi pada kabel-kabel kualitas rendah atau kabel yang ukurannya tidak sesuai dengan spesifikasi yang disarankan.

3. Korsleting pada Komponen Internal Peralatan Listrik

Selain kabel, korsleting atau arus pendek juga rawan terjadi pada komponen internal peralatan listrik yang mengakibatkan turunnya MCB listrik.

Jenis peralatan listrik yang rawan mengalami korsleting adalah peralatan yang di dalamnya terdapat komponen motor atau dinamo, seperti kulkas, mesin cuci, pompa air, dan kipas angin.

Dinamo yang korslet akan menyebabkan timbulnya arus pendek, efeknya tidak hanya pada peralatan listrik, tetapi dapat mempengaruhi keseluruhan jaringan listrik rumah.

Mimin pernah punya pengalaman menangani MCB listrik yang turun, setelahnya diperiksa ternyata penyebabnya adalah korslet pada kulkas, baca di sini: Listrik Mati saat Menyalakan Kulkas.

4. MCB Rusak

Selain ketiga penyebab di atas, MCB yang sering turun bisa juga disebabkan karena kondisi MCB listrik yang memang telah rusak.

Seiring dengan lamanya pemakaian, komponen-komponen MCB rawan mengalami keausan sehingga tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

Di dalam sebuah MCB, terdapat komponen yang bernama thermal tripping yang berfungsi sebagai pemutus hubungan arus listrik berdasarkan peningkatan suhu.

Komponen tersebut terhubung dengan tuas ON-OFF MCB melalui sebuah pegas, kebanyakan masalah MCB yang sering turun disebabkan oleh keausan pada komponen ini.

Cara Mengatasi MCB yang Sering Turun

Untuk mengatasi masalah tuas MCB yang sering turun, maka kita perlu melakukan pemeriksaan menyeluruh untuk mencari titik penyebabnya.

Namun, terdapat beberapa tanda atau ciri yang dapat diperhatikan untuk membantu proses identifikasi, antara lain:

  • Jika turunnya MCB berlangsung dalam waktu yang sangat singkat (dinaikkan-turun lagi), maka kemungkinan penyebabnya adalah korsleting atau hubung singkat.
  • Jika turunnya MCB memiliki jeda waktu sekian menit, maka kemungkinan penyebabnya adalah beban berlebih.
  • Jika turunnya MCB terjadi dalam waktu sekian jam, maka kemungkinan penyebabnya adalah kondisi MCB yang telah aus atau rusak.

Nah, sekarang coba perhatikan, mana di antara ketiga ciri tersebut yang cocok dengan kondisi MCB listrik Anda.

Jika penyebab turunnya MCB dicurigai karena korsleting, maka Anda harus mencari titik korsletingnya, bisa pada kabel dan bisa juga pada salah satu peralatan listrik.

Untuk mengetahuinya, lakukan langkah-langkah berikut ini:

  • Lepas semua peralatan listrik di dalam rumah, cabut colokannya dari stop kontak dan jangan lupa OFF-kan saklar lampu.
  • Kemudian, naikkan tuas MCB listrik, kalau langsung turun lagi maka berarti yang korslet adalah kabel.
  • Jika tidak turun lagi, maka berarti korsletingnya terjadi pada salah satu peralatan listrik.
  • Nyalakan satu per satu peralatan listrik di dalam rumah, cari peralatan yang ketika dinyalakan membuat MCB listrik turun lagi.
  • Setelah ketemu, lepaskan alat tersebut dari sumber arus listrik, kemudian naikkan kembali tuas MCB listrik, pasti tidak akan turun lagi.

Jika penyebab turunnya MCB listrik dicurigai karena beban listrik berlebih, maka berarti Anda harus mengurangi pemakaian listrik di dalam rumah.

Solusi lainnya, bisa dengan tambah daya, misalnya daya listrik Anda sekarang 450 VA, naikkan satu tingkat ke 900 VA, segini biayanya: Biaya Tambah Daya Listrik 450 ke 900 VA.

Setelah tambah daya, maka dijamin listrik tidak akan trip lagi.

Namun, penanganan masalah ini akan berbeda jika ternyata turunnya MCB listrik disebabkan oleh kondisi MCB yang telah rusak atau tidak berfungsi dengan baik.

Dalam kondisi ini, tidak ada yang bisa dilakukan selain melaporkannya kepada pihak PLN, karena semua hal yang berkaitan dengan meteran dan MCB listrik merupakan kewenangan dari PLN.

Jangan memperbaikinya sendiri apalagi sampai melakukan penggantian MCB, karena tindakan ini dikategorikan sebagai pelanggaran yang dapat berakibat sanksi atau denda.

Baca di sini: Denda Mengganti MCB Sendiri.

Memangnya PLN tahu kalau kita telah mengganti MCB listrik sendiri? Pasti tahu, karena terdapat perbedaan antara MCB PLN dan MCB toko.

Baca di sini: Perbedaan MCB PLN dan Toko

Jadi, sebaiknya segera laporkan saja ke PLN, caranya sangat mudah kok, berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Hubungi petugas PLN di nomor (kode area) 123, misalnya jika Anda berada di Jakarta tekan nomor (021) 123.
  2. Setelah terhubung, ceritakan masalah MCB listrik Anda yang sering turun.
  3. Petugas akan segera mencatat keluhan Anda.
  4. Biasanya PLN akan meminta nomor ID meteran/pelanggan Anda dan nomor telepon yang dapat dihubungi.
  5. Kemudian, tunggu sampai ada petugas PLN yang menelpon di nomor yang diberikan tadi.
  6. Terakhir, PLN akan mengirim petugas ke rumah Anda untuk mengecek kondisi MCB.

Berdasarkan pengalaman, untuk kasus kerusakan MCB maka petugas PLN akan langsung melakukan penggantian dengan MCB baru.

Tenang saja, proses penggantian MCB tersebut tidak dipungut biaya alias gratis.

Kesimpulan

Jadi, MCB listrik yang sering turun umumnya disebabkan oleh pemakaian beban listrik berlebih, kerusakan instalasi atau peralatan listrik (korslet/hubung singkat), dan bisa juga karena kondisi MCB yang telah aus atau rusak.

Demikianlah informasi tentang penyebab dan cara mengatasi MCB listrik yang sering turun, bagikan jika dirasa bermanfaat, terima kasih.

Posting Komentar untuk "MCB Listrik Sering Turun? Segera Lakukan Ini!"