Inilah Tespen Listrik yang Bagus untuk Rumahan

Sebenarnya, bukan hanya teknisi yang perlu tespen listrik, tetapi Anda sebagai pemakai listrik rumahan juga mesti memilikinya. Yuk, cari tahu di sini jenis tespen listrik yang bagus.

Gimana kabarnya? Semoga kita semua selalu sehat, di artikel kali ini Mimin akan berbagi informasi seputar jenis tespen listrik yang bagus untuk pengguna rumahan.

Seperti yang kita tahu, tespen listrik adalah sebuah alat yang berfungsi untuk mengecek ada atau tidaknya arus dan tegangan listrik pada suatu komponen atau instalasi kelistrikan.

Setiap teknisi listrik pasti memilikinya sebagai alat bantu dalam melakukan aktivitas kelistrikan, entah itu pemasangan atau sekedar pemeliharaan/perbaikan.

Namun, Mimin berpendapat bahwa tidak hanya teknisi saja yang harus memiliki tespen listrik, sebaiknya pemakai listrik rumahan mesti memiliki alat ini di rumah.

Alat ini bisa membantu Anda memeriksa kondisi instalasi listrik, misalnya untuk memeriksa kondisi kabel atau stop kontak di rumah, apakah ada arusnya atau tidak.

Hanya saja, penting untuk mencari jenis tespen listrik yang bagus dan cocok, karena bagaimanapun juga kebanyakan pemakai listrik rumahan masih awam dengan kelistrikan.

Di pasaran sendiri tersedia bermacam-macam jenis tespen listrik, mulai dari yang paling sederhana dengan hanya lampu indikator, sampai yang paling canggih dengan pembacaan digital.

Lantas, tespen listrik seperti apa yang bagus untuk pengguna listrik rumahan?

Baiklah, berikut ini Mimin akan uraikan kriterianya...

Kriteria Tespen Listrik yang Bagus untuk Rumahan

Oleh karena pengguna listrik rumahan kebanyakan awam dengan kelistrikan, maka ada 3 (tiga) kriteria dasar yang wajib dimiliki tespen listrik, yaitu:

1. Fitur Pengaman Lebih

Tespen listrik yang bagus untuk pengguna awam rumahan harus memiliki fitur .pengaman lebih dibandingkan tespen listrik pada umumnya.

Pengaman lebih akan mengurangi resiko sengatan arus listrik di saat melakukan pemeriksaan instalasi.

Hal ini akan memastikan keamanan pengguna saat menggunakan tespen listrik tersebut untuk memeriksa kondisi listrik rumah mereka.

2. Mudah Dioperasikan

Oleh karena pengetahuan tentang alat masih kurang, maka tespen listrik yang bagus untuk pengguna rumahan haruslah mudah dioperasikan.

Dengan kriteria ini, akan memastikan bahwa pengguna dapat menggunakan tespen listrik dengan cepat dan efisien serta dapat melakukan pemeriksaan kondisi listrik dengan mudah.

3. Tidak Mudah Retak/Pecah

Tespen listrik yang bagus untuk pengguna rumahan haruslah kuat atau tidak mudah pecah/retak karena tipe pengguna rumahan diasumsikan sebagai pemakai baru yang belum paham alat listrik.

Jadi, meskipun dipakai secara sembrono, alat ini tetap mampu bertahan dari keretakan, misalnya ketika dipakai membuka baut atau tidak sengaja dijatuhkan.

Seorang teknisi listrik ahli mungkin tidak akan pernah membuka baut menggunakan tespen, tetapi tidak dengan pengguna awam rumahan.

Kebanyakan tespen listrik juga mudah retak atau pecah body-nya ketika jatuh membentur lantai.

Contoh Tespen Listrik yang Bagus

Ada beragam merk tespen listrik yang beredar di pasaran, tetapi tidak banyak yang memenuhi kriteria di atas.

Dari penelusuran yang Mimin lakukan, ada 2 merk tespen listrik yang cukup menarik perhatian, keduanya Mimin rasanya memenuhi kriteria pengguna rumahan.

Berikut ini tespen listriknya:

1. Tespen Listrik Merk IWT

Tespen listrik merk IWT adalah tespen made ini Germany (Jerman) yang telah banyak dibuktikan kehandalannya oleh para pemakai tespen.

Mimin rekomendasikan tespen ini kepada pengguna listrik rumahan karena memenuhi kriteria yang telah diuraikan sebelumnya.

Tespen listrik IWT memiliki dua fitur keamanan penting, yaitu solid protection yang membuatnya kuat terhadap benturan dan liquid protection yang membuatnya tidak tembus air.

Tespen ini juga termasuk mudah untuk dioperasikan sehingga cocok untuk pengguna rumahan dan yang terpenting tidak mudah pecah atau retak.

Bahkan, dijatuhkan ke lantai dari ketinggian 2-3 meter pun, tespen ini tetap mampu bertahan tanpa ada retak sedikit pun.

2. Tespen Listrik Non Contact INGCO

Jika kebanyakan tespen harus menyentuh terlebih dahulu titik yang akan diperiksa, maka tespen listrik dari INGCO ini tidak perlu melakukannya.

Tespen listrik dari INGCO ini bekerja dengan metode non contact atau tanpa sentuh sehingga bisa memeriksa titik arus tanpa harus menyentuhnya.

Hal ini jelas sangat aman digunakan karena pengguna bisa jauh dari resiko sengatan arus listrik ketika melakukan pemeriksaan.

Tidak hanya itu, tespen ini juga dilengkapi dengan indikator suara dan lampu saat mendapati titik yang diperiksa memiliki arus.

Oleh karena kemampuannya itu, tespen listrik INGCO bisa digunakan untuk mencari kabel yang putus tanpa harus mengupasnya, caranya cukup dekatkan tespen ini disepanjang kulit kabel yang diperiksa.

Kecanggihan lainnya adalah tespen ini telah dilengkapi dengan pembacaan digital yang akan menampilkan nilai voltase listrik.

Build quality-nya juga bagus, covernya terbuat dari plastik solid sehingga tidak mudah retak/pecah ketika tidak sengaja dijatuhkan.

Kesimpulan

Jadi, jenis tespen listrik yang bagus untuk pengguna awam rumahan adalah tespen listrik dengan fitur pengaman lebih, mudah dioperasikan, dan tidak mudah retak/pecah.

Ada 2 merk yang bisa dipertimbangkan, yaitu tespen listrik merk IWT (contact) dan merk INGCO (non contact).

Demikianlah informasi tentang tespen listrik yang bagus untuk pengguna rumahan, bagikan jika dirasa bermanfaat, terima kasih.

Posting Komentar untuk "Inilah Tespen Listrik yang Bagus untuk Rumahan"