Kabel NYM: Fungsi, Jenis, Keunggulan, dan Harganya

Kabel NYM merupakan jenis kabel yang sering dipakai dalam instalasi kelistrikan. Di sini, Mimin akan mengajak pembaca untuk mengetahui fungsi, jenis, keunggulan, dan harga dari kabel NYM, yuk disimak.

Gimana kabarnya? Semoga kita semua selalu sehat, di artikel kali ini Mimin akan berbagi pengetahuan seputar kabel NYM sebagai salah satu jenis kabel dalam instalasi kelistrikan.

Kiranya, kita semua sepakat bahwa kabel merupakan komponen paling utama pada suatu instalasi listrik, fungsinya untuk mengalirkan arus dari sumber ke seluruh peralatan.

Kabel listrik sendiri ada banyak macamnya yang bisa dibedakan berdasarkan kodenya, satu di antara kabel yang paling sering dipakai adalah kabel dengan kode NYM.

Kita bisa dengan mudah menemukan kabel ini di pasaran yang diproduksi oleh merk-merk ternama, seperti Eterna, Supreme, Kabelindo, dan lain-lain.

Pada instalasi kelistrikan, kabel NYM memiliki fungsi tersendiri, dan mengenai cara penggunaannya, telah di atur secara lengkap di dalam PUIL 2011.

Baiklah, mari kita lihat lebih jauh seperti apa kabel NYM itu...

Apa itu Kabel NYM?

Secara umum, kabel NYM adalah kabel listrik multi konduktor tembaga berselubung PVC yang ditujukan untuk pengaplikasian tegangan rendah (300/500 volt).

Kabel ini cocok digunakan pada instalasi listrik rumah tangga dan industri. Kode NYM pada kabel NYM berarti:

  • N = dari kata Jerman "Normenleitung", yang berarti kabel ini adalah kabel standar konduktor tembaga dengan serangkaian hasil lulus uji tes.
  • Y = berarti isolasi dari bahan PVC, yaitu material yang terbuat dari polivinil klorida.
  • M = dari kata Jerman "Mantelleitung", yang berarti kabel multi konduktor dengan selubung pelindung pada masing-masing konduktornya.

Kabel NYM tersedia mulai dari 2 s.d. 5 inti konduktor, bahkan di pasar internasional ada yang sampai 12 inti.

Jumlah inti dari setiap kabel tersebut bisa diketahui dari spesifikasi yang tertulis, misalnya:

  • 2 x 1,5 mm2, artinya 2 inti dengan ukuran penampang masing-masing 1,5 mm2.
  • 3 x 2,5 mm2, artinya 3 inti dengan ukuran penampang masing-masing 2,5 mm2.
  • 4 x 2,5 mm2, artinya 4 inti dengan ukuran penampang masing-masing 2,5 mm2.

Kabel NYM paling kecil berukuran sekitar 0,75 mm2 dan yang paling besar berukuran 35 mm2.

Setiap inti konduktor kabel NYM menggunakan insulasi PVC berwarna hitam, biru, cokelat, kuning, dan kuning-hijau.

Kabel ini terkenal sangat aman sehingga banyak direkomendasikan oleh para ahli kelistrikan sebagai kabel utama dalam pemasangan instalasi.

Berikut ini adalah spesifikasi lengkap dari kabel NYM:

  • Konduktor: Tembaga
  • Insulation: PVC
  • Warna Insulation: Hitam, Biru, Cokelat, Kuning, dan Hijau-Kuning
  • Memenuhi spesifikasi: SPLN 42-2:1992, SNI 04-6629.4 2006, IEC 60227-4 IEC 10
  • Temperature Range: -20°C to +70°C

Bagian-Bagian Kabel NYM

Berikut ini adalah gambar dari sebuah kabel NYM lengkap dengan bagian-bagiannya:

Penjelasan:

1. Konduktor Tembaga

Kabel NYM memiliki konduktor lebih dari 1 dan terbuat dari bahan tembaga murni dengan sifat konduktivitas elektrik yang tinggi.

Selain itu, tembaga juga memiliki stabilitas kimia yang baik, tidak mudah terkorosi, dan memiliki sifat termoelektris yang memungkinkan untuk mempertahankan konduktivitas elektriknya pada suhu tinggi.

2. Isolasi PVC

Bahan isolasi konduktor kabel NYM terbuat dari bahan PVC dengan warna yang berbeda pada masing-masing konduktornya.

Bahan PVC dikenal sebagai bahan dengan kekuatan mekanik yang tinggi, sehingga tahan terhadap tekanan dan gesekan.

Selain itu, bahan PVC juga memiliki sifat tahan panas, tidak mudah terbakar, dan memiliki isolasi elektrik yang baik.

3. Lapisan Pembungkus EPDM

Di luar bahan isolasi konduktor, terdapat 1 lagi lapisan pembungkus yang terbuat dari bahan EPDM (Ethylene Propylene Diene Monomer).

EPDM adalah karet sintesis yang tahan terhadap suhu tinggi, tahan air, serta memiliki tingkat fleksibilitas yang baik.

4. Selubung PVC

Di lapisan paling luar, terdapat selubung yang terbuat dari bahan PVC sehingga bisa dipastikan bahwa kabel ini benar-benar memiliki tingkat keamanan yang tinggi.

Fungsi Kabel NYM

Berdasarkan spesifikasinya, kabel NYM berfungsi sebagai kabel listrik utama pada instalasi rumah tinggal atau gedung, serta dapat diaplikasikan pada pemasangan permanen.

Selain itu, kabel NYM juga cocok digunakan sebagai penghantar arus lampu dan peralatan elektronik lainnya karena didukung oleh jumlah konduktor yang memadai di setiap selongsongnya.

Selubung pelindung yang berlapis-lapis membuat kabel NYM tidak mudah sobek, sehingga dapat diaplikasikan pada lingkungan kering, lembab, atau basah.

Hanya saja menurut PUIL 2011, kabel ini tidak boleh ditanam langsung dalam tanah, dan tidak boleh terkena sinar matahari langsung tanpa perlindungan UV tambahan.

Apakah kabel NYM bisa ditanam ke dalam tembok? Bisa, tetapi perlu diberi pengaman tambahan berupa pipa PVC, setelah itu bisa langsung diplester.

Jenis-Jenis Kabel NYM

Sekarang ini terdapat 2 jenis kabel NYM, yaitu kabel NYM-J dan NYM-O. Perbedaan keduanya hanya terletak pada ada atau tidaknya konduktor berwarna strip hijau-kuning (ground).

Pada kabel NYM-J, terdapat konduktor yang berwarna strip kuning-hijau, sedangkan pada kabel NYM-O strip hijau-kuning ini tidak ada.

Selebihnya, spesifikasi dari kedua jenis kabel NYM ini sama saja.

Keunggulan Kabel NYM

Keunggulan utama dari kabel NYM adalah isolasi atau selubung pelindungnya yang berlapis-lapis membuatnya lebih aman dari resiko korsleting dan kebocoran arus listrik.

Selain selubung konduktor tembaga, terdapat 2 lapisan lagi yang melindung bagian luar kabel, yang kesemuanya terbuat dari bahan PVC.

Pengaplikasian PVC menjadikan kabel NYM lebih tahan terhadap panas, api, dan tahan terhadap kontaminasi bahan-bahan kimia.

Itulah sebabnya mengapa sehingga kabel ini bisa dipasang di berbagai kondisi, seperti kering, lembab, ataupun basah.

Di tambah lagi, konduktornya yang terbuat dari tembaga membuat kabel NYM lebih lentur dan ringan, sehingga memudahkan proses pemasangan instalasi listrik.

Merk Kabel NYM dan Harganya

Berdasarkan penelusuran Mimin, terdapat bermacam-macam merk kabel NYM di pasaran, berikut ini Mimin informasikan beberapa di antaranya, lengkap dengan harganya di ukuran yang sama:

  • Kabel NYM Merk Supreme (2 x 1,5 mm2, 50 meter) = Rp. 475.100.
  • Kabel NYM Merk Eterna (2 x 1,5 mm2, 50 meter) = Rp. 435.000.
  • Kabel NYM Merk Kintani (2 x 1,5 mm2, 50 meter) = Rp. 420.000.
  • Kabel NYM Merk Extrana (2 x 1,5 mm2, 50 meter) = Rp. 415.000.
  • Kabel NYM Merk Sikoku (2 x 1,5 mm2, 50 meter) = Rp. 410.000.
  • Kabel NYM Merk Lotusku (2 x 1,5 mm2, 50 meter) = Rp. 395.000.
  • Kabel NYM Merk Buana (2 x 1,5 mm2, 50 meter) = Rp. 375.000.

Penutup

Mengingat pentingnya peran kabel pada suatu instalasi listrik, maka proses pemilihannya harus tepat dan wajib digunakan sesuai peruntukannya.

Untuk tujuan instalasi listrik rumah tinggal dan gedung, kabel NYM bisa menjadi pilihan utama karena memiliki tingkat keamanan yang lebih baik.

Pilihlah kabel NYM dengan ukuran yang sesuai dengan rencana instalasi listrik Anda atau ikuti saran para ahli kelistrikan untuk mendapatkan pilihan terbaik.

Baca Juga:

Demikianlah informasi tentang kabel listrik NYM pada instalasi kelistrikan, bagikan jika dirasa bermanfaat, terima kasih.

Posting Komentar untuk "Kabel NYM: Fungsi, Jenis, Keunggulan, dan Harganya"