Kabel NYY: Fungsi, Jenis, Ukuran, dan Harganya

Kabel NYY merupakan salah satu kabel yang sering dipakai dalam instalasi kelistrikan. Nah, di sini Mimin akan mengajak Anda untuk mengetahui fungsi, jenis, ukuran, dan harga kabel NYY, yuk disimak.

Gimana kabarnya? Semoga kita semua selalu sehat, di artikel kali ini Mimin akan berbagi pengetahuan seputar kabel NYY yang banyak dipakai sebagai penghantar listrik.

Seperti yang kita tahu, kabel listrik itu ada banyak macamnya, masing-masing memiliki fungsi atau kegunaan tersendiri pada sebuah instalasi.

Pada umumnya, kabel dilengkapi dengan kode-kode tertentu sebagai pembeda antara satu dengan yang lainnya.

Misalnya, kabel listrik yang sedang kita bahas sekarang, yakni kabel dengan kode NYY di mana kabel ini sering dipakai oleh para teknisi listrik pada pemasangan instalasi.

Kode NYY pada kabel ini memiliki makna tertentu, sama dengan yang berlaku pada kabel NYM, sebagaimana yang telah dibahas sebelumnya.

Kabel NYY sendiri disebutkan di dalam buku PUIL, sebagai salah satu kabel standar dengan tujuan penggunaan tertentu.

Nah, untuk mengetahui lebih lanjut seperti apa itu kabel NYY, langsung saja simak uraian berikut ini...

Apa itu Kabel NYY?

Untuk diketahui, kabel NYY adalah kabel tembaga berselubung termoplastik (PVC) untuk aplikasi tegangan rendah sekitar 0,6 - 1 kV, dan dikhususkan untuk penggunaan outdoor.

Tembaga yang digunakan pada kabel ini dibuat dengan metode elektrolisis sehingga dihasilkan tembaga murni dengan koduktivitas listrik yang tinggi.

Kabel NYY dikenal sebagai kabel hitam multi konduktor yang terdiri dari 1 s.d. puluhan inti konduktor di setiap selongsongnya, contohnya kabel NYY merk Kabelindo ini.

Untuk memisahkan setiap intinya, maka masing-masing inti konduktor diisolasi menggunakan bahan dielektrik bernama polivinil klorida (PVC).

Bahan ini juga diterapkan pada selubung tengah dan luar kabel, sehingga total terdapat 3 lapisan pelindung di setiap kabel NYY.

Dengan pelindung yang berlapis-lapis ini, kabel NYY merupakan kabel dengan tingkat ketahanan dan keamanan yang tinggi, membuatnya cocok diterapkan di berbagai kondisi.

Jika kebanyakan kabel listrik hanya bisa pada lingkungan kering saja, maka tidak dengan kabel NYY, di mana kabel ini bisa juga dipasang pada lingkungan lembab dan basah.

Bahkan, kabel NYY disebut juga dengan kabel tanah karena dibolehkan untuk ditanam ke dalam tanah dengan sedikit pelindung tambahan, seperti pipa PVC atau besi.

Arti Kode NYY pada Kabel

Untuk diketahui, sama seperti kode kabel lainnya, kode NYY juga memiliki makna tersendiri, yaitu:

  • N = kabel dengan konduktor tembaga (cooper).
  • Y = isolasi kabel berbahan polivinil klorida (PVC)
  • Y= selubung atau pembungkus kabel berbahan polivinil klorida (PVC)

Bagian-Bagian Kabel NYY

Kabel NYY terdiri dari 4 bagian utama, yaitu konduktor, isolasi, selubung tengah, dan selubung luar.

Untuk lebih jelasnya, perhatikan gambar berikut ini:

Penjelasan:

1. Konduktor Tembaga

Kabel NYY menggunakan tembaga sebagai inti konduktornya dengan konfigurasi mulai dari 1 inti s.d. puluhan inti.

2. Isolasi PVC

Pada masing-masing konduktor, diberi isolasi PVC berwarna dengan variasi warna yang akan menyesuaikan dengan regulasi negara pemakainya.

Di Indonesia sendiri, warna-warna isolasi inti konduktor kabel NYY terdiri dari: biru, cokelat, hitam, abu-abu, dan kuning strip hijau.

3. Selubung Dalam PVC

Tepat di atas isolasi konduktor, terdapat 1 lagi lapisan PVC yang berfungsi sebagai selubung dalam pada kabel NYY.

Selubung ini bertujuan untuk meningkatkan segi ketahanan dan keamanan kabel sehingga dapat dipastikan tidak ada arus yang bocor keluar.

4. Selubung Luar PVC

Tidak cukup sampai di situ, kabel NYY diberi tambahan selubung PVC yang menjadi lapisan terluar kabel dan bersentuhan langsung dengan lingkungan sekitarnya.

Lapisan terluar inilah yang menjadi salah satu kunci ketahanan kabel NYY sehingga memungkinkan dipasang pada kondisi-kondisi ekstrem.

Saking kuatnya, selubung luar ini bisa tahan terhadap gigitan hewan pengerat atau perusak, seperti tikus dan rayap.

Fungsi Kabel NYY

Untuk diketahui, kabel NYY dirancang khusus sebagai kabel tenaga untuk penggunaan outdoor, di lingkungan kering, lembab, dan basah, atau di dalam beton, tanah, dan air, misalnya untuk lampu jalan, taman, atau kabel untuk pompa submersible.

Namun, penting diperhatikan, saat akan diterapkan ke dalam tanah, kabel ini harus tetap diberi tambahan pelindung mekanis, sepeti pipa PVC agar ketahanannya di dalam tanah lebih terjamin.

Selain itu, kalau memang tidak keberatan dengan harganya, kabel NYY juga bagus digunakan untuk menggantikan kabel NYM pada instalasi listrik indoor rumah atau gedung.

Hasilnya, instalasi listrik menjadi lebih aman, terutama dari gigitan hewan pengerat, seperti tikus yang memang sering bersarang di dalam rumah atau gedung.

Jenis-Jenis Kabel NYY

Kabel NYY dapat dibedakan berdasarkan warna dan tipe konduktornya.

Dari segi warna, terdapat 2 (dua) jenis kabel NYY, yaitu kabel NYY-J dan NYY-O, perbedaan keduanya terletak pada ada atau tidaknya kabel warna kuning strip hijau atau kabel ground.

Kabel NYY-J adalah jenis kabel NYY yang di dalamnya terdapat kabel berwarna kuning strip hijau.

Sedangkan, kabel NYY-O merupakan jenis kabel NYY yang tidak memiliki kabel berwarna kuning strip hijau tersebut.

Sementara itu, dari segi tipe konduktornya, kabel NYY terbagi menjadi 3 jenis, yaitu kabel NYY tipe RM, RE, dan NYY tipe SM.

Kabel NYY tipe RM merupakan kabel NYY yang menggunakan tipe konduktor solid round conductors atau konduktor tunggal/single wire.

Sementara itu, kabel NYY tipe RE adalah kabel NYY dengan tipe konduktor round stranded conductors, atau kumpulan kawat tunggal yang dipilin satu sama lain menggunakan mesin stranding.

Sedangkan, kabel NYY tipe SM merupakan kabel NYY dengan tipe konduktor sector stranded conductors,

Ukuran Kabel NYY

Di pasaran, kabel NYY tersedia dalam berbagai ukuran, mulai dari yang paling kecil 1,5 mm2, sampai ke yang paling besar berukuran 630 mm2.

Berikut ini adalah contoh tabel ukuran kabel NYY yang diproduksi oleh Kabelindo:

Kabel NYY 1 Inti
Jumlah x ukuran Inti (mm2) Berat (kg/km) KHA di Udara (A) KHA di Tanah (A)
1 x 1,5 re 50 21 27
1 x 1,5 rm 52 21 27
1 x 2,5 re 63 28 35
1 x 2,5 rm 67 28 35
1 x 4 re 87 38 45
1 x 4 rm 92 38 45
1 x 6 re 110 48 57
1 x 6 rm 117 48 57
1 x 10 re 157 65 76
1 x 10 rm 163 65 76
1 x 16 rm 227 87 97
1 x 25 rm 336 117 125
1 x 35 rm 437 144 150
1 x 50 rm 562 177 178
1 x 70 rm 768 225 218
1 x 95 rm 1049 278 260
1 x 120 rm 1280 325 296
1 x 150 rm 1275 373 331
1 x 185 rm 1959 433 374
1 x 240 rm 2538 518 432
1 x 300 rm 3157 598 486
1 x 400 rm 3995 695 549
1 x 500 rm 5075 806 618
1 x 630 rm 6449 930 692

Catatan: untuk Jumlah inti x Ukuran kabel lainnya, bisa dilihat di sini: Kabel NYY Kabelindo.

Kelebihan dan Kekurangan Kabel NYY

Setiap kabel listrik tentu saja memiliki kelebihan dan kekurangan tertentu. Nah, berikut ini adalah pembahasan mengenai kelebihan dan kekurangan kabel listrik NYY.

Kelebihan Kabel NYY

Sebagai penghantar listrik, kabel NYY memiliki beberapa kelebihan dibandingkan jenis kabel lainnya, yaitu:

1. Memiliki Tingkat Keamanan yang Lebih Baik

Semua pasti tahu bahwa listrik itu memiliki potensi bahaya yang tinggi. Oleh karena itu, penting untuk memastikan bahwa kabel yang digunakan memenuhi standar keamanan yang baik.

Kalau kita perhatikan bagian-bagian kabel NYY, maka kita bisa melihat bahwa kabel ini memberikan jaminan keamanan yang sangat baik ketika digunakan sebagai penghantar listrik.

Kabel NYY memiliki isolasi yang kuat, tebal, serta memiliki lapisan pelindung ekstra untuk mencegah terjadinya short circuit dan kebocoran arus listrik.

Hal ini membuat kabel NYY sangat aman digunakan untuk berbagai keperluan instalasi dan memastikan keselamatan pemakainya.

2. Memiliki Durabilitas yang Tinggi

Soal ketahanan atau durabilitas, maka kabel NYY tidak perlu diragukan lagi karena kabel berstandar IEC ini bisa tahan puluhan tahun lamanya, baik di atas maupun di bawah tanah.

Menurut Badan Standarisasi Nasional (BSN), kajian yang dilakukan oleh IEC terkait kabel listrik yang telah memenuhi standar memiliki umur ekonomi mencapai 25-30 tahun.

Hal ini berkat pemakaian konduktor tembaga yang diproses dengan teknologi tinggi sehingga dihasilkan tembaga yang kuat dan tidak mudah patah.

Selain itu, kabel NYY didukung pula oleh penggunaan isolasi/selubung pelindung yang tebal dan berlapis-lapis, membuat kabel ini tidak mudah rusak, baik karena faktor cuaca maupun faktor hewan pengerat.

Sebagai tambahan informasi, kabel ini dilengkapi dengan lapisan khusus yang tidak disukai tikus dan hewan perusak lainnya.

3. Dapat Digunakan pada Lingkungan Sulit dan Ekstrem

Oleh karena daya tahannya tersebut, maka kabel NYY bisa diterapkan pada berbagai kondisi, termasuk pada lingkungan yang selama ini dianggap ekstrem bagi kabel, seperti tempat berair dan di bawah tanah.

Pemakai tidak perlu ragu untuk menggunakan kabel ini pada lingkungan berair karena kabel NYY memang dirancang khusus untuk lingkungan ekstrem.

Kabel ini memiliki lapisan pelindung tambahan untuk melindungi dari air dan kelembaban, sehingga memastikan kontinuitas dan stabilitas arus listrik.

Bahkan ketika digunakan di bawah tanah, kabel NYY tetap mempertahankan kualitas dan daya tahannya, membuatnya sangat cocok untuk aplikasi listrik yang mengharuskan kabelnya di tanam ke tanah.

Dengan demikian, pemakai bisa tenang dan yakin bahwa kabel NYY akan memberikan jaminan keselamatan dan kinerja yang baik pada kondisi apapun.

Kekurangan Kabel NYY

Selain kelebihannya, kabel NYY juga diketahui memiliki sedikit kekurangan, antara lain:

1. Harganya Lebih Mahal

Sebagai konsekuensi dari konstruksi dan bahannya yang kuat, kabel NYY memiliki harga lebih mahal dibandingkan kabel listrik lain dengan konstruksi serupa, seperti kabel NYM.

Sebagai gambaran, kabel NYY ukuran 2 x 1,5 mm2 1 rol (50 meter) umumnya dihargai sekitar Rp. 500.000 - Rp. 600.000, sedangkan kabel NYM di ukuran yang sama harganya Rp. 300.000 - Rp. 400.000.

Sedangkan, untuk ukuran yang lebih besar, harga kabel NYY bisa mencapai jutaan rupiah.

2. Kurang Fleksibel Dibandingkan Kabel Listrik Sejenis

Oleh karena pemakaian bahan isolasi dan selubung yang lebih tebal, kabel NYY memiliki tingkat kekakuan yang lebih tinggi dibandingkan kabel listrik lain sejenis.

Akibatnya, butuh usaha ekstra untuk membentuk kabel ini mengikuti desain instalasi listrik yang telah dibuat, misalnya pada desain dengan banyak lekukan.

Beda halnya dengan kabel listrik sejenis, seperti NYM di mana kabel ini relatif lebih mudah ditekuk sehingga mudah menyesuaikan dengan berbagai model desain instalasi listrik.

Merk Kabel NYY dan Harganya

Terdapat bermacam-macam merk kabel NYY yang beredar di pasaran saat ini. Di Indonesia, merk-merk kabel terkenal telah menyediakan berbagai ukuran kabel NYY yang bisa dibeli konsumen.

Berdasarkan pantauan di situs belanja online, berikut ini adalah beberapa merk kabel NYY lengkap dengan harganya:

  • Kabel NYY Merk Eterna, 2 x 1,5 mm2 50 meter = Rp. 597.700
  • Kabel NYY Merk Supreme, 2 x 1,5 mm2 50 meter = Rp. 650.000
  • Kabel NYY Merk Kabelindo, 2 x 1,5 mm2 50 meter = Rp. 550.000
  • Kabel NYY Merk Kitani, 2 x 1,5 mm2 50 meter = Rp. 540.000
  • Kabel NYY Merk Voksel Electric, 2 x 1,5 mm2 50 meter = Rp. 570.000
  • Kabel NYY Merk Focus, 2 x 1,5 mm2 50 meter = Rp. 545.000
  • Kabel NYY Merk Extrana, 2 x 1,5 mm2 50 meter = Rp. 522.000
  • Kabel NYY Merk Extrana, 2 x 1,5 mm2 50 meter = Rp. 535.000

Catatan: harga di atas berdasarkan penetapan masing-masing penjual online, bisa saja terdapat selisih harga dengan penjual lainnya.

Penutup

Berdasarkan seluruh uraian di atas, kabel NYY adalah solusi bagi Anda yang sedang mencari kabel listrik untuk penggunaan outdoor, di atas maupun di bawah permukaan tanah.

Anda tidak perlu ragu soal ketahanannya, karena kabel ini memang dirancang khusus untuk keperluan luar ruangan, seperti kabel lampu jalan atau lampu taman.

Bahkan, jika Anda memang tidak bermasalah dengan harganya, maka kabel NYY sangat baik digunakan di dalam ruangan untuk menggantikan fungsi kabel NYM.

Demikianlah penjelasan tentang fungsi, jenis, ukuran, dan harga kabel NYY, bagikan jika dirasa bermanfaat, terima kasih.

Posting Komentar untuk "Kabel NYY: Fungsi, Jenis, Ukuran, dan Harganya"