Perbedaan Kabel NYY dan NYM, Wajib Tahu!.

Anda pasti sudah tahu jenis kabel NYY dan NYM, tetapi tahukah Anda apa perbedaan dari kedua kabel tersebut? Nah, di sini Mimin telah menjelaskannya secara lengkap, yuk disimak.

Gimana kabarnya? Semoga kita semua selalu sehat, di artikel kali ini Mimin akan berbagi pengetahuan seputar kabel, yaitu perbedaan antara kabel NYY dan NYM dalam kelistrikan.

Kedua jenis kabel ini sendiri sudah pernah Mimin bahas di artikel sebelumnya, untuk kabel NYY bisa Anda baca di sini, sedangkan kabel NYM bisa Anda baca di sini.

Sebenarnya, dari segi tampilan warna, sudah nampak perbedaan antara kabel NYY dan NYM, di mana kabel NYY berwarna hitam, sedangkan kabel NYM berwarna putih.

Namun, pengetahuan kita mengenai perbedaan dari keduanya tidak cukup hanya tentang tampilan warna saja, melainkan yang terpenting adalah mengetahui perbedaan spesifikasi dan fungsi.

Sebab, kedua jenis kabel ini memang memiliki perbedaan spesifikasi yang cukup mencolok, membuat fungsinya dalam suatu instalasi listrik juga akan berbeda.

Hal ini menjadi penting diketahui karena sering ditemukan kesalahan penerapan di lapangan, misalnya suatu instalasi harusnya menggunakan kabel NYY, tetapi yang dipakai malah kabel NYM.

Kesalahan tersebut termasuk fatal karena akan mengurangi kualitas instalasi listrik, sehingga tidak aman untuk penggunaan jangka panjang.

Lantas, apa perbedaan antara kabel NYY dan kabel NYM?

Baiklah, langsung saja simak uraian berikut ini...

Perbedaan Kabel NYY dan NYM

Untuk diketahui, perbedaan utama antara kabel NYY dan NYM terletak dalam hal spesifikasi tegangan dan fungsi penggunaan dalam suatu instalasi listrik.

Kabel NYY memiliki spesifikasi tegangan sebesar 600 s.d. 1000 Volt ( IEC 60502-1) dan lebih ditujukan untuk penggunaan outdoor, sedangkan kabel NYM sebesar 300 s.d. 500 Volt (IEC 60227-4 : 1997) dan dikhususkan untuk indoor.

Selain itu, kabel NYY bisa dijadikan sebagai kabel tanah, sedangkan kabel NYM tidak bisa.

Kabel NYY dan NYM juga berbeda dalam hal jumlah inti minimal yang dimiliki masing-masing kabel, di mana kabel NYY tersedia dalam 1 inti, sedangkan kabel NYM paling sedikit 2 inti.

Jika kedua kabel dengan jumlah inti yang sama saling di dekatkan, misalnya kabel 2 x 1,5 mm2, maka akan terlihat jelas perbedaan diameter dari keduanya.

Kabel NYY 2 x 1,5 mm2 memiliki diameter yang lebih panjang daripada kabel NYM 2 x 1,5 mm2, hal ini disebabkan oleh perbedaan ketebalan selubung pelindung PVC dari masing-masing kabel.

Meskipun sama-sama PVC, tetapi selubung pelindung kabel NYY lebih tebal daripada kabel NYM, menjadikan kabel NYY lebih kuat dan aman dipakai di berbagai kondisi.

Penutup

Jadi, memang terdapat perbedaan yang mencolok antara kabel NYY dan kabel NYM, membuat kedua jenis kabel ini memiliki fungsi penggunaan yang berbeda.

Demikianlah informasi tentang perbedaan kabel NYY dan NYM, bagikan jika dirasa bermanfaat, terima kasih.

Posting Komentar untuk "Perbedaan Kabel NYY dan NYM, Wajib Tahu!."