Tinggi Stop Kontak dari Lantai Menurut PUIL 2011

Ternyata, tinggi atau jarak stop kontak dari lantai ada aturannya lho, sehingga kita tidak boleh asal pasang. Nah, di sini Mimin telah menjelaskannya untuk Anda, yuk disimak.

Gimana kabarnya? Semoga kita semua selalu sehat, di artikel kali ini Mimin akan berbagi pengetahuan seputar tinggi stop kontak dari lantai menurut standar PUIL 2011.

Setiap rumah atau bangunan yang dialiri listrik pasti memiliki stop kontak sebagai terminal yang berfungsi untuk menghubungkan peralatan elektronik dengan sumber listrik.

Jamak diketahui bahwa stop kontak selalu dipasang pada dinding atau tembok dengan ketinggian tertentu terhadap lantai.

Hal ini memang telah menjadi standar pemasangan yang umum kita lihat di rumah atau gedung yang dipasangi stop kontak oleh teknisi.

Namun, tahukah Anda bahwa ternyata para teknisi listrik tidak asal menetapkan begitu saja tinggi suatu stop kontak dari lantai, melainkan mengikuti aturan tertentu.

Aturan itu sendiri termuat di dalam dokumen Persyaratan Umum Instalasi Listrik 2011, atau disingkat PUIL 2011, yaitu sebuah dokumen yang menjadi standar acuan instalasi tenaga listrik rendah.

Lantas, berapa tinggi atau jarak stop kontak dari lantai menurut PUIL 2011?

Baiklah, untuk mengetahuinya, langsung saja simak uraian berikut ini...

Tinggi Stop Kontak dari Lantai Menurut PUIL 2011

Untuk diketahui, aturan mengenai tinggi pemasangan stop kontak dari lantai disebutkan di dalam dokumen PUIL 2011 halaman 216 (510.4.4 Penempatan kotak kotak).

Menurut dokumen tersebut, kotak kontak (stop kontak) pasangan dinding di instalasi listrik rumah tangga harus dipasang dengan ketinggian sekurang-kurangnya 1,25 m atau 125 cm dari lantai.

Jika hendak dipasang lebih rendah dari itu, maka stop kontak yang digunakan harus dari jenis putar atau jenis tutup, yang dapat dibuka ketika akan digunakan.

Pemasangan stop kontak dengan ketinggian yang tepat sangat penting untuk memastikan keselamatan dan keamanan di sekitar dari bahaya arus listrik, khususnya bagi anak-anak.

Ketinggian 1,25 meter dari lantai telah cukup aman dari jangkauan anak-anak yang memang belum terlalu memahami bahaya arus listrik.

Kesimpulan

Jadi, tinggi atau jarak stop kontak dari lantai menurut PUIL 2011 adalah minimal 1,25 meter (125 cm) dari lantai, tetapi bisa dipasang lebih rendah dari itu dengan syarat memakai stop kontak jenis putar atau tutup.

Baca Juga:

Demikianlah penjelasan tentang tinggi stop kontak dari lantai menurut PUIL 2011, bagikan jika dirasa bermanfaat, terima kasih.

Posting Komentar untuk "Tinggi Stop Kontak dari Lantai Menurut PUIL 2011"