Ukuran Kabel untuk Stop Kontak Rumah Tangga

Apakah Anda sedang mencari kabel untuk pemasangan stop kontak di rumah? Udah tahu belum berapa ukuran kabel yang digunakan? Nah, Mimin telah membahasnya di sini, yuk disimak.

Gimana kabarnya? Semoga kita semua selalu sehat, di artikel kali ini Mimin akan berbagi informasi seputar ukuran kabel listrik yang digunakan pada saat memasang stop kontak.

Penting diketahui, pemilihan kabel untuk stop kontak tidak boleh sembarang, wajib mengikuti standar agar pemasangannya bisa dikategorikan aman dan layak dipakai.

Apalagi, kita tahu bahwa stop kontak termasuk komponen listrik utama di dalam rumah, dari sinilah peralatan mendapatkan arus dan tegangan untuk beroperasi.

Jika pemilihan kabelnya tidak tepat, maka rawan timbul masalah, seperti stop kontak kehilangan arus, korsleting, atau kadang juga terjadi kebocoran listrik di area stop kontak.

Sekarang ini, tidak sulit lagi untuk mencari kabel standar dengan ukuran yang tepat, karena telah tersedia bermacam-macam merk kabel di pasaran.

Konsumen hanya perlu menyesuaikan dengan kebutuhannya, misalnya untuk keperluan pemasangan stop kontak, maka belilah ukuran kabel yang sesuai.

Lantas, berapa ukuran kabel yang cocok untuk pemasangan stop kontak?

Baiklah, langsung saja simak uraian berikut ini...

Ukuran Kabel untuk Stop Kontak

Penting diketahui, ukuran kabel untuk stop kontak harus mengacu pada Persyaratan Umum Instalasi Listrik (PUIL) yang telah mengatur ukuran kabel sesuai dengan peruntukannya.

Di dalam PUIL, stop kontak disebut juga dengan "kotak kontak", di mana jenis dan ukuran kabel yang disarankan adalah kabel 3 inti berselubung PVC dengan ukuran 2,5 mm2.

Kabel 3 inti dibutuhkan untuk keperluan penyambungan aliran fasa, netral, dan ground, di mana model ini merupakan konfigurasi listrik 1 fasa yang umum berlaku pada instalasi rumah tangga.

Stop kontak dengan ukuran kabel 2,5 mm2akan kuat dibebani peralatan listrik dengan arus pengenal hingga 26 A atau sekitar 5.500 watt.

Mimin rasa, kemampuan tersebut sudah lebih dari cukup untuk stop kontak rumah tangga, mengingat kebanyakan peralatan listrik rumah tangga daya listriknya jauh di bawah itu.

Jenis Kabel yang Cocok untuk Stop Kontak

Oleh karena dibutuhkan kabel 3 inti pada pemasangan stop kontak, maka jenis kabel yang cocok untuk keperluan ini adalah kabel NYM.

Kabel NYM merupakan kabel multi konduktor dengan lapisan pelindung ekstra di setiap selongsongnya, sehingga aman dipakai untuk instalasi rumah tangga.

Kabel NYM tersedia mulai dari 2 s.d. 5 inti, artinya untuk pemasangan stop kontak, maka kita pilih kabel NYM 3 inti.

Kesimpulan

Jadi, jenis dan ukuran kabel yang cocok untuk pemasangan stop kontak rumah tangga adalah kabel NYM 3 inti berukuran 2,5 mm2.

Baca Juga:

Demikianlah informasi tentang ukuran kabel untuk stop kontak, bagikan jika dirasa bermanfaat, terima kasih.

Posting Komentar untuk "Ukuran Kabel untuk Stop Kontak Rumah Tangga"