Fungsi Grounding pada Stop Kontak

Stop kontak adalah peralatan listrik yang pasti ada di setiap rumah, ternyata memiliki fitur penting yang berperan besar dalam menjaga keselamatan kita saat menggunakan listrik.

Salah satu fitur tersebut adalah grounding. Grounding, atau pentanahan, adalah sistem yang terhubung ke tanah dan berfungsi sebagai jalur aman untuk mengalirkan arus listrik yang tidak diinginkan.

Memahami fungsi grounding pada stop kontak sangat penting bagi kita agar kita tahu mengapa grounding tersebut harus ada pada stop kontak.

Lantas, apa fungsinya dan bagaimana cara kerjanya?

Baiklah, untuk mengetahuinya, langsung saja simak uraian berikut ini...

Fungsi Grounding pada Stop Kontak

Fungsi Grounding pada Stop Kontak

Berikut ini adalah beberapa fungsi grounding pada stop kontak:

1. Melindungi dari sengatan listrik

Jika ada masalah pada peralatan atau kabel yang membuat aliran listrik keluar dari jalur seharusnya, grounding akan mengarahkannya langsung ke tanah.

Ini mencegah listrik nyasar tersebut mengalir melalui tubuh kita saat menyentuh peralatan, sehingga kita terhindar dari sengatan listrik yang bisa sangat berbahaya.

2. Pelindung peralatan elektronik

Lonjakan listrik, seperti saat terjadi petir, bisa merusak peralatan elektronik yang sensitif.

Grounding berperan sebagai "penangkal petir mini", menyediakan jalur aman bagi kelebihan listrik untuk dibuang ke tanah, sehingga melindungi perangkat kita dari kerusakan.

3. Mencegah kebakaran

Listrik yang bocor bisa menimbulkan panas berlebihan pada kabel atau komponen listrik lainnya. Panas ini bisa memicu kebakaran jika dibiarkan.

Grounding membantu mencegah penumpukan panas tersebut dengan mengalirkan listrik bocor ke tanah, mengurangi risiko terjadinya kebakaran.

Cara Kerja Grounding pada Stop Kontak

Stop kontak yang dilengkapi grounding memiliki tiga lubang atau colokan: dua lubang untuk fase dan netral (aliran listrik utama), dan satu lubang tambahan yang lebih panjang untuk grounding.

Lubang grounding ini terhubung ke kabel grounding yang berwarna hijau-kuning. Kabel ini terhubung ke batang grounding yang ditanam dalam di tanah.

Saat kita mencolokkan steker peralatan ke stop kontak, ketiga colokan akan masuk ke lubang masing-masing. Secara otomatis, kabel grounding akan terhubung ke batang grounding di tanah.

Grounding akan menjadi jalur aman bagi listrik bocor untuk mengalir langsung ke tanah, bukan melalui tubuh kita atau peralatan lainnya.

Penutup

Setelah mengetahui fungsi grounding pada stop kontak, pastikan rumah memiliki instalasi listrik yang dilengkapi grounding dengan baik.

Selalu gunakan stop kontak yang memiliki lubang grounding untuk peralatan elektronik.

Demikianlah penjelasan tentang Fungsi Grounding pada Stop Kontak, bagikan jika dirasa bermanfaat, terima kasih.

Posting Komentar untuk "Fungsi Grounding pada Stop Kontak"